Gadget Of The Month

Gadget of The Month: The Best Valuable Smartphone, Redmi Note 8

Dengan segudang keunggulan Redmi Note 8 tersebut, rasanya produk ini layak untuk menyabet gelar sebagai The Best Valuable Smartphone 2019.

TechDaily.id – Di sepanjang tahun 2019, berbagai vendor smartphone berlomba-lomba menghadirkan produk terbarunya untuk memikat konsumen di Indonesia.

Imbasnya, kompetisi di industri smartphone tanah air semakin kompetitif. Saking ketatnya persaingan tersebut, vendor yang tadinya “santuy” di posisi puncak smartphone terlaris di Indonesia, mulai ketar ketir. Lihat saja, Samsung yang di tahun-tahun sebelumnya jarang menurunkan produknya di lini mid range, kini paling rajin melepas smartphone baru di Indonesia.

Buktinya, merek smartphone asal Negeri Ginseng tersebut mematikan seri Galaxy J, dan menggantinya dengan melahirkan keluarga baru di seri Galaxy M. Pun dengan menambah seri lainnya, di lini Galaxy A.

Meski begitu, jumlah perangkat tidak menjamin keberhasilan sebuah smartphone. Harga smartphone yang terlalu tinggi ketimbang spek tidak seberapa yang dibawanya, menjadikan produk ini kurang menarik di kalangan konsumen Indonesia yang dikenal sensitif dengan masalah harga.

Lantas, smartphone apakah yang “worth to buy” di tahun? Dengan beberapa pertimbangan, redaksi TechDaily.id sebagai The Best Valuable Smartphone 2019. Adapun alasannya, diuraikan di bawah ini.

Perlu diketahui, harga Redmi Note 8 di Indonesia dipatok sebesar Rp 1.999.000 untuk varian 3 GB/ 32 GB, Rp 2.199.000 untuk varian 4 GB/ 64 GB, dan Rp 2.799.000 untuk varian 6 GB/128 GB.

Dengan banderol semurah itu, konsumen bisa mendapatkan spesifikasi yang “wah” dan bakal membuat konsumen tidak merasa rugi ketika membeli perangkat ini.

BACA JUGA
Gadget of The Month: Best Powerful Smartphone, realme X2 Pro

Dibalut warna Moonlight White, sepintas warna casing smartphone ini mengingatkan kita pada ponsel flagship Huawei nan super mahal, P30 Pro. Bagian depan dan belakang smartphone pun sudah diproteksi Corning Gorilla Glass 5, agar pengguna tidak perlu cemas akan goresan dan debu yang bakal merusak estetika tampilan luar smartphone.

Beralih ke sektor display, layar Redmi Note 8 memiliki bentang 6,3 inci beresolusi RHD+ (2340 x 1080 piksel), lengkap dengan notch alias poni bermotif Dot Drop. Bezelnya juga kian tipis, mengingat rasio screen-to-body Redmi Note 8 menembus 90 persen.

Keunggulan Redmi Note 8 lainnya, dilengkapi Widevine L1, yaitu sistem yang memungkinkan untuk menikmati konten DRM beresolusi tinggi. Pada umumnya, Widevine L1 hanya bisa ditemukan di smartphone kelas atas. Jadi, pengguna Redmi Note 8 bisa menikmati Netflix dan layanan Video on Demand (VoD) lainnya dengan resolusi Full HD.

Di balik tampilan luarnya yang menggoda, Redmi Note 8 diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 665 AIE yang membawa CPU Octa-Core (4×2,0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1,8 GHz Kryo 260 Silver) yang disandingkan dengan kartu grafis Adreno 610.

Sebagai informasi, Snapdragon 665 AIE menjadi chipset yang banyak dipakai oleh smartphone kelas menengah. Sebagai contoh, chipset ini juga disematkan pada Realme 5 hingga Oppo A9 2020 yang harganya di atas Redmi Note 8.

Di sisi lain, Redmi Note 8 sepertinya sukses meneruskan tradisi Xiaomi yang mampu menawarkan pengalaman bermain game dalam sebuah perangkat yang bisa dijangkau semua kalangan.

BACA JUGA
Gandeng Google, Indosat Ooredo Luncurkan Asisten Virtual via Telepon

Ketika dipakai untuk bermain PUBG Mobile, Smooth – Extreme dengan bantuan GFX Tool. Sementara saat dipakai untuk bermain game paling populer saat ini, Call of Duty: Mobile, Redmi Note 8 masih nyaman dipakai untuk menjalankan Quality High dan Frame Rate High.

Bicara fotografi, kamera menjadi salah satu fitur andalan yang dibawa Redmi Note 8. Seperti kebanyakan smartphone yang hadir di paruh kedua tahun ini, Redmi Note 8 pun membawa empat kamera belakang.

Kamera utamanya menggunakan sensor Samsung GM1 beresolusi 48 MP yang sanggup menghasilkan detail foto yang tajam. Hasil ini didapat lantaran mengadopsi teknologi Tetra Cell dalam kondisi pencahayaan minimal dan algoritma remosaic pada kondisi pencahayaan yang cukup terang, sehingga dapat menghasilkan gambar yang sangat mendetail dengan warna natural.

Selanjutnya, ada kamera ultra-wide 8 MP dengan besaran piksel 1,12um yang mampu menangkap obyek foto seluas 120 derajat. Menariknya, kamera ultra-wide ini masih bisa menjalankan fitur HDR.

Kamera ketiga merupakan lensa makro beresolusi 2 MP yang sanggup dipakai untuk memotret dengan jarak terdekat 2 cm. Kemampuan ini jelas lebih unggul ketimbang pesaing lainnya di segmen ini karena batas jarak makro mereka hanya 4 cm.

Sedangkan kamera terakhir, beresolusi 2 MP dan berfungsi untuk memberikan efek blur alias bokeh yang cukup rapi. Untuk fiturnya sendiri, kamera belakang Redmi Note 8 punya mode otomatis, 48 MP, potrait, night, panorama, dan pro.

BACA JUGA
Techdaily Gadget of The Month, Best Battery Monster: POCO X3 NFC

Beranjak ke bagian depan, kamera selfie Redmi Note 8 dipersenjatai sensor 13 MP f/2.0 yang cukup bisa diandalkan, baik dalam kondisi minim cahaya, maupun ketika di luar ruangan.

Soal daya tahan, Redmi Note 8 hadir dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 4,000 mAh. Dengan kapasitas tersebut, ponsel sanggup dipakai untuk memutar video selama 13 jam dan bermain game 7 jam.

Sedangkan untuk pengisian baterainya, Redmi Note 8 sudah dijejali teknologi pengisian daya cepat Quick Charge 3.0 berdaya 18 Watt yang bisa mengisi penuh baterai menggunakan colokan Type-C dalam waktu sekitar 2 jam.

Jadi dengan membandingkan murah ya harga perangkat dengan segudang keunggulan Redmi Note 8 tersebut, rasanya produk ini layak untuk menyabet gelar sebagai The Best Valuable Smartphone 2019.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close