Saturday, September 18, 2021
BerandaReviewAplikasiIni Dia 5 Aplikasi Penjualan Excel Paling Praktis untuk UMKM

Ini Dia 5 Aplikasi Penjualan Excel Paling Praktis untuk UMKM

Techdaily.id – Mengelola bisnis bukanlah sebatas menjual produk dan mendapatkan keuntungan dari penjualan. Namun dalam mengelola sebuah bisnis diperlukan manajemen agar bisnis tidak berantakan. Nah untuk pebisnis skala kecil menengah seperti UMKM, dibutuhkan tips tentang aplikasi penjualan yang mudah dioperasikan sehingga pengelolaan bisnis bisa berjalan lancar. Nah inilah 5 aplikasi penjualan excel paling praktis untuk UMKM.

BACA JUGA
Cara Scan Barcode dan QR Code di HP Android, Mudah Banget!

Dengan menggunakan aplikasi penjualan ini, pebisnis dapat memperoleh berbagai manfaat dalam pengembangan skala bisnisnya. Inilah manfaat penggunaan aplikasi penjualan excel praktis untuk UMKM:

1.Menghemat waktu

Salah satu keuntungan yang diperoleh dengan pemanfaatan aplikasi penjualan excel ini adalah efisiensi waktu. Pencatatan fraktur, laporan arus kas, input transaksi dan melacak faktur bisa dilakukan secara otomatis.

2. Memudahkan dalam mengelola keuangan

Untuk seorang pebisnis, mengelola keungan membutuhkan ketelitian dan keteraturan dalam pendataannya. Nah fitur aplikasi penjualan Excel menawarkan pengelolaan keuangan yang lebih tertata sehingga lebih mudah digunakan ketika akan melacak persentase laporan keuangan.

3. Catatan lebih lengkap dan akurat

Manfaat lain yang diperoleh dengan penggunaan aplikasi penjualan Excel adalah catatan keuangan dan bisnis menjadi lebih lengkap dan akurat.

4. Mempermudah menganalisis penjualan

Aplikasi penjualan Excel ini menyediakan data real time dan memberikan laporan keuangan secara menyeluruh sehingga akan memudahkan kamu sebagai pebisnis maupun pelaku UMKM untuk menganalisa performa bisnismu. Selain itu aplikasi penjualan juga mampu membantu mengatur aktivitas dan kinerja karyawan termasuk mengatur stok bahan baku produksi, merekam data pembayaran dan memproyeksikan keuntungan.

5. Membantu monitoring bisnis

Seorang pebisnis harus mengerti seluk beluk bisnis yang bersifat administratif. Hal ini akan membantu memproyeksikan keuntungan yang diperoleh dari bisnis.

BACA JUGA
Cara Menambah Kapasitas RAM di HP vivo Tanpa Root

Aplikasi Penjualan Excel Paling Praktis

  1. Aplikasi Kasir Toko

Aplikasi ini adalah sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk mengelola transaksi pembelian dan penjualan. Di dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur seperti data stok penjualan, operasional toko, laporan penjualan dan pembelian termasuk pembuatan label dan barcode.

2. Aplikasi Penjualan Barang

Aplikasi ini cocok untuk pebisnis yang masih pemula dan mengelola bisnis seperti Indomaret, koperasi sekolah, toko maupun warung karena menu yang terdapat di dalam aplikasi praktis dan mudah digunakan. Fitur di dalamnya terdiri dari laporan data transaksi penjualan, grafik penjualan otomatis, fitur pencarian barang dan bukti transaksi. Aplikasi dengan format Microsoft Excel ini kompatibel untuk semua komputer OS Windows.

3. Kasirku V.1

Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman VBA Excel dengan ukuran yang terbilang ringan dan dilengkapi fitur yang mampu mendukung pengerjaan pendataan penjualan dengan ringkas dan mudah dipahami. Aplikasi ini dilengkapi juga dengan fitur 1 import dan eksport file, laporan harian, mingguan dan bulanan, serta transaksi tunai.

4. Kasir Sederhana

Aplikasi ini dibuat untuk pengelolaan bisnis dan perekaman data penjualan. Di dalamnya terdapat perintah perhitungan yang bisa digunakan dalam perhitungan Excel. Fitur lain yang terdapat di dalamnya seperti penjualan, daftar stok barang, piutang, dan lain-lain, aplikasi Kasir Sederhana ini dilengkapi dengan pengecekan laporan yang bisa dibuat dalam bentukĀ print out.

5. Buku Warung

Aplikasi ini bisa diinstal di laptp maupun di ponsel. Aplikasi Buku Warung ini seperti diary untuk pebisnis UMKM yang digunakan untuk mencatat pembukuan usaha dan melihat keuntungan transaksi penjualan.

Itulah rekomendasi 5 aplikasi penjualan Excel yang parktis untuk UMKM. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi