Friday, December 8, 2023
BerandaEnterpriseNews EnterpriseIni Tantangan APJATEL Tingkatkan Coverage Fiber Optik

Ini Tantangan APJATEL Tingkatkan Coverage Fiber Optik

Techdaily.id – APJATEL mengungkapkan setidaknya terdapat beberapa tantangan dalam percepatan cakupan fiber optik di Indonesia. 

Sekadar informasi, saat ini tercatat baru 30% wilayah Indonesia yang telah tercakup oleh jaringan fiber optik. 

Hal ini yang kemudian menjadi motivasi bagi APJATEL untuk terus melakukan langkah percepatan perluasan jaringan di lebih banyak wilayah di Indonesia, yang diharapkan dapat mengakselerasi  pertumbuhan UMKM di berbagai wilayah, sehingga seluruh UMKM dapat memiliki peluang dan kesempatan yang merata untuk tumbuh dan berkembang. 

Menurut Ketua Umum APJATEL, Ketua Umum APJATEL, Jerry Mangasas Swandy, setidaknya terdapat dua tantangan besar yang tengah dihadapi dalam rangka percepatan pembangunan fiber optik di Indonesia. 

“Setidaknya ada dua tantangan saat ini seperti regulasi dan lainnya. Saat ini, kita sudah support 30% connectivity Indonesia,” ujarnya pada kegiatan Halal Bihalal APJATEL (10/5). 

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi adalah permasalahan regulasi dari pemerintah daerah yang mana sampai dengan saat ini pada sejumlah wilayah masih dibebankan biaya sewa jaringan yang tentunya akan berdampak pada peningkatan belanja modal dan biaya operasional. 

BACA JUGA
Gandeng blibli, Kementan Berupaya Percepat Distribusi Beras Secara Online

“Besaran biayanya mulai dari Rp 5000 per meter hingga Rp 15.000 per meter. Harusnya sektor telekomunikasi sudah tidak dibebankan biaya sewa jaringan,” sambung Jerry. 

Selain itu, Jerry juga meminta agar semua pihak terkait untuk saling bersinergi agar tingkat konektivitas serat optik semakin tinggi lagi penyebarannya. 

“Butuh dukungan dari berbagai pihak; pemerintah, masyarakat dan semua pihak agar pembangunan jaringan bisa terus berlangsung dan bisa mencapai seluruh pelosok negeri,” tukasnya. 

Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi