Tuesday, May 17, 2022
BerandaGadgetRekomendasiKenalan Lebih Dekat Dengan Sony IMX 709, Sensor nya Reno Series Selanjutnya

Kenalan Lebih Dekat Dengan Sony IMX 709, Sensor nya Reno Series Selanjutnya

Techdaily.id – OPPO Reno Series merupakan seri yang mengedepankan fitur kamera khususnya portrait di setiap peluncuran perangkatnya. Bahkan, seri ini juga menjadi seri yang paling rajin melakukan inovasi pada sektor kamera. Terbaru, kabarnya mereka akan menggunakan sensor baru yakni Sony IMX 709. 

BACA JUGA
OPPO Bagikan Anti Gores Gratis Buat Pengguna A95

Pada pembahasan kami sebelumnya, kami sudah menyinggung tentang seri Reno yang akan datang bakal menggunakan sensor terbaru Sony IMX 709. Sensor ini merupakan hasil pengembangan OPPO dan Sony yang sudah dikembangkan sejak 3 tahun lalu. Sebenarnya, sebagus apa sih sensor ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk kenalan lebih dalam dengan Sony IMX 709.

Seperti yang disinggung di atas, Sony IMX 709 merupakan sensor terbaru Sony yang dikembangkan bersama OPPO. Sensor ini juga melibatkan 300 insinyur dan telah menghasilkan 87 paten. Untuk menciptakan sensor ini, OPPO bahkan menghabiskan dana hingga USD 1,5 juta. 

Sony IMX 709

Sensor Sony terbaru ini diklaim memiliki 60% peningkatan sensitivitas cahaya ketimbang sensor yang ada di seri Reno6 Pro. Tidak hanya itu, sensor ini juga mampu mengurangi noise sekitar 35% lebih banyak ketimbang seri Reno6 Pro. Hal ini menegaskan kalau foto yang dihasilkan oleh sensor ini bakal memiliki pencahayaan yang lebih bagus serta minim noise.

BACA JUGA
Mengapa Galaxy Z Fold3 Enak Diajak Gaming? Ini Jawabannya!

Tidak hanya soal pencahayaan dan tingkat noise saja, sensor ini juga didukung oleh algoritma pemrosesan baru yang lebih peka dalam mengenali objek maupun background. Hal ini disampaikan langsung oleh PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto saat acara Reno Portrait Workshop beberapa waktu lalu.

“Sensor ini juga sudah dilengkapi dengan RGBW dan quadra binning algorith, yang artinya setiap satu piksel RGB akan didampingi oleh dua piksel White, dan foto yang dihasilkan menjadi lebih cerah, warna nya lebih keluar dan sensor RGBW mampu mengenali objek dan background secara lebih baik dan akan menangkap setiap detil dalam frame foto,” ujar Aryo.

BACA JUGA
HP OPPO RAM 8GB Terbaik (Update Januari 2022)

Pada kesempatan yang sama, Aryo juga mengungkapkan bahwa sensor ini akan digunakan khusus untuk smartphone OPPO saja, sehingga sangat tidak dimungkinkan jika sensor tersebut mampir di perangkat android dari produsen lain. Aryo juga mengungkapkan kalau sensor ini akan pertama kali digunakan pada seri Reno yang akan datang dalam waktu dekat ini. 

Sebelum sensor tersebut benar-benar diaplikasikan pada smartphone Reno berikutnya, kami mencoba memberikan paparan lengkap terkait kelebihan sensor Sony IMX 709 ini.

Kelebihan Sony IMX 709

Berikut merupakan tiga kelebihan dari sensor ini jika dipasangkan pada perangkat smartphone khususnya pada Reno Series.

Efisiensi Daya

Sony IMX 709 diklaim lebih hemat daya ketimbang sensor Sony sebelumnya yang ada di pasaran.

Sensor pada dasarnya memang akan menguras baterai ketika digunakan, tanpa adanya sebuah sistem kecerdasan buatan yang ditanamkan, maka sensor tidak dapat mengendalikan daya yang dibutuhkan sehingga pada dasarnya akan mengambil daya yang cukup tinggi. 

sony IMX 709

Berbeda dengan Sony IMX 709, dimana diintegrasikan antara sensor dengan kecerdasan buatan sehingga sensor itu sendiri memiliki sebuah perangkat lunak yang dapat mengatur daya yang memang dibutuhkan ponsel

Persingkat Waktu Pemrosesan Gambar

Kelebihan berikutnya dari sensor ini adalah dari segi waktu pemrosesan gambar. Seperti diketahui, smartphone membutuhkan waktu beberapa saat untuk memproses gambar, sebelum gambar tersebut bisa dilihat oleh mata pengguna. 

Pada Sony IMX 709, waktu pemrosesan gambar menjadi lebih cepat sehingga mempersingkat waktu ketika kamu sedang mengambil foto. 

Dengan proses pengambilan gambar yang lebih cepat, akan memudahkan pengguna dalam mengambil berbagai momen foto ala street photography. 

Kompatibilitas Dengan Dua Pabrikan Chip Besar

Satu lagi kelebihan dari sensor ini adalah kompatibilitas. Sensor yang di kembangkan oleh OPPO dan Sony ini mampu kompatibel dengan dua pabrikan chipset besar di industri yakni Qualcomm dan Mediatek. 

Hal ini tentunya akan memudahkan OPPO untuk memilih salah satu dari dua chip tersebut. Apalagi, OPPO memang gemar menggunakan chipset milik Qualcomm ataupun Mediatek. 

Selain itu, dengan kompatibilitasnya terhadap dua chipset ini, bisa disimpulkan kalau seri Reno selanjutnya akan ditopang oleh chipset pabrikan Qualcomm ataupun Mediatek. 

Well, itu tadi merupakan ulasan singkat terkait sensor terbaru OPPO yakni Sony IMX 709. Diharapkan, hadirnya sensor ini bisa semakin meningkatkan kualitas dan memperkaya fitur kamera dari OPPO Reno series selanjutnya. 

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi