Friday, April 26, 2024
BerandaEnterpriseOPPO dan Dunia Sepakbola : Strategi Pemasaran Unik Produsen Smartphone Asal Tiongkok!

OPPO dan Dunia Sepakbola : Strategi Pemasaran Unik Produsen Smartphone Asal Tiongkok!

Techdaily.id – Buat kamu yang belum tahu, OPPO dan dunia sepakbola seakan tak terpisahkan. Bahkan, mereka menjadi produsen smartphone yang bisa dibilang sangat dekat dengan dunia olahraga, khususnya sepak bola. Tidak hanya di satu tim saja, namun OPPO kerjasama dengan tim sepakbola di berbagai penjuru dunia. Hal ini merupakan sebuah strategi pemasaran yang unik dan bisa dibilang cukup efektif.

BACA JUGA
OPPO A77s Punya Fitur Dual Ultra Linear Stereo Speaker & Ultra Volume 200%, Ini Fungsinya!

Seperti diketahui, dunia sepakbola memang selalu menggairahkan, mulai dari bursa transfer pemain hingga aktivitas para pemain di dalam maupun di luar lapangan selalu menjadi sorotan. Dengan banyaknya eksposure ini, sudah sangat wajar banyak produsen dari berbagai industri yang berlomba-lomba memasangkan logo mereka di liga maupun turnamen sepakbola.

BACA JUGA
Dijual Rp 2,3 Jutaan, Intip Spesifikasi OPPO A57

Untuk merefresh ingatan kamu tentang kedekatan OPPO dan dunia sepakbola, berikut kami hadirkan ulasan lengkapnya.

Deretan Kerjasama OPPO di Dunia Sepakbola

Gandeng FC Barcelona
Kedekatan OPPO dan dunia sepakbola dimulai pada tahun 2016 lalu, di mana produsen asal Tiongkok ini menggandeng tim sepakbola kelas dunia yakni FC Barcelona pada tahun 2015 lalu. Tidak hanya di OPPO Global, kerjasama ini pun berlanjut pada OPPO Indonesia. Alasan OPPO menggandeng FC Barcelona pun dikarenakan keduanya sama-sama memiliki nilai aspirasi yang sama.

“OPPO dan FC Barcelona memiliki nilai aspirasi brand yang sama, yaitu kerja keras dalam memberikan yang terbaik. Kami percaya kerjasama ini dapat membawa berbagai macam manfaat bagi kedua brand, di mana untuk OPPO sendiri kami ingin memperkuat komitmen dalam menghadirkan pengalaman yang menyenangkan lewat produk-produk kami,” kata Ivan Lau, CEO OPPO Indonesia kala itu.

OPPO dan Dunia Sepakbola

Sebagai mitra resmi smartphone FC Barcelona, OPPO menghadirkan berbagai macam aktivitas menarik untuk para penggemarnya seperti pertandingan sepak bola, jumpa fans, perangkat smartphone atau aksesoris edisi spesial Barcelona, serta iklan televisi. Logo OPPO juga akan ditampilkan di stadion FC Barcelona, Camp Nou. Kerjasama ini dianggap sukses dan telah diperpanjang hingga 30 Juni 2022.

Dari kolaborasi ini, lahirlah lima smartphone satu di tahun 2015, satu di tahun 2016, dua di tahun 2017, dan satu di tahun 2019, yaitu Oppo Reno 10x Zoom FC Barcelona Edition. Sama seperti namanya, Reno 10x Zoom FC Barcelona Edition punya boks, penampang bodi belakang, dan case warna biru-merah khas Blaugrana. Bukan hanya tampak luar saja, jeroan dari Oppo Reno 10x Zoom edisi spesial ini juga serba Barcelona.

Untuk tema antarmukanya misalnya, yang spesial terinspirasi dari tampilan logo FC Barcelona dengan garis warna merah dan biru. Selain itu, ada ikon spesial dan ringtone juga yang bertema dari klub sepak bola tersebut.

Gandeng FC Utrecht
FC Utrecht menjadi salah satu tim penghasil pemain-pemain besar asal Belanda. Hal ini juga ikut diperhatikan oleh OPPO dan mulai menjalin kerjasama dengan tim yang berlaga Eredivisi tersebut pada tahun 2020 lalu.

Tujuan dari kolaborasi ini adalah untuk membawa produk Oppo menjadi perhatian pendukung FC Utrecht dan penggemar sepak bola dunia pada umumnya. Nama OPPO akan terlihat di stadion Galgenwaard milik FC Utrecht selama pertandingan. Kegiatan lain juga akan dikembangkan untuk menginformasikan tentang kualitas produk-produk OPPO di pasar Belanda.

OPPO dan Dunia Sepakbola

Sekadar informasi, OPPO sendiri telah aktif di pasar Belanda sejak 2018. OPPO membuat gebrakan dengan meluncurkan smartphone 5G pertama di pasar Belanda, yaitu Oppo Find X2 tahun 2020 lalu. Secara global, produsen asal Tiongkok ini merupakan salah satu pemain terbesar di smartphone dan perangkat pintar, termasuk perintis teknologi pengisian cepat.

Kerjasama Dengan AC Milan
Tidak puas hanya dengan dua tim besar eropa, OPPO pun kembali menjalin kerjasama dengan salah satu tim terbaik di eropa yakni AC Milan. Kerjasama dengan tim berjuluk Rosoneri ini berpotensi menjaring para suporter Ac Milan yang terkenal loyal di Italia.

Kemitraan ini merupakan bagian dari strategi OPPO yang lebih luas dan semakin menegaskan dukungan nyata dan komitmen kuat perusahaan dalam industri olahraga. Selain itu, kesepakatan ini tercapai sekaligus menjadi titik pertemuan untuk dua keunggulan yang diakui secara global di bidangnya masing-masing dan selalu diproyeksikan untuk inovasi masa depan.

“Kombinasi sempurna antara orientasi, inovasi, dan peningkatan keunggulan yang menyatukan merek kami akan memungkinkan kami menciptakan proyek yang unik dan menarik. Kolaborasi penting ini adalah kesempatan untuk menampilkan ekosistem kami yang kaya dan memperluas basis penggemar kami ke semua penggemar Rossoneri,” kata Li Ming, General Manager Oppo Italia dikutip situs resmi AC Milan.

Menjadi Sponsor Resmi AFF CUP
Tidak hanya bekerjasama dengan tim-tim sepakbola di eropa, OPPO juga ikut dalam mengembangkan sepakbola di Asia Tenggara melalui sponsporship untuk turnamen Piala AFF 2020. Ini merupakan upaya OPPO untuk memperkuat brand mereka di Asia Tenggara melalui aktivasi penamaan dan pemberian hak penggunaan “OPPO Man Of The Match”. OPPO juga akan menjadi sponsor utama “Decibel Challenge” tahun ini yang sebelumnya diadakan pada tahun 2018 dan memberikan penghargaan kepada kelompok penggemar terbaik antar negara Asia Tenggara selama turnamen.

AFF Suzuki Cup 2020

“Sepak bola adalah olahraga yang menyalakan semangat jutaan penggemar di seluruh Asia Tenggara sekaligus menciptakan sebuah kenangan. Kami percaya bahwa teknologi dibuat untuk umat manusia, yang akan menjadi kebaikan untuk dunia, di OPPO kami berharap dapat menghadirkan teknologi ponsel cerdas kepada setiap penggemar sepak bola di Asia Tenggara dan menjadikan momen-momen penuh gairah dalam olahraga menjadi lebih istimewa,” ujar Jimmy Yi, Presiden OPPO APAC beberapa waktu lalu.

OPPO Kerjasama dengan UEFA
Sekali lagi, OPPO membuktikan bahwa teknologi dan sepakbola bisa berjalan beriringan. Kali ini, OPPO menjalin kerjasama dengan asosiasi sepakbola tertinggi di eropa yakni UEFA. Sebagai catatan, OPPO menjadi produsen pertama asal Tiongkok yang menjalin kemitraan dengan UEFA.

OPPO kerjasama dengan UEFA

Kerjasama ini meliputi berbagai kompetisi UEFA seperti UEFA Champions League, UEFA Super Cup, UEFA Futsal Champions League Finals dan UEFA Youth League Finals untuk dua musim kedepan.

Penempatan UEFA Champions League sebagai “yang terbaik dari yang terbaik” sejalan dengan proposisi merek OPPO “Inspiration Ahead” yang mewujudkan tekad dalam memperjuangkan keunggulan. OPPO akan bekerja sama dengan UEFA untuk menampilkan momen-momen inspirasional dari pertandingan UEFA Champions League kepada para penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Melalui kerjasama ini, diharapkan perangkat OPPO dapat membantu penggemar untuk merekam berbagai momen inspirasional baik di dalam maupun di luar lapangan, dan membantu para penggemarnya untuk dapat menyaksikan, mendengar, dan membagikannya momen tersebut selama pertandingan musim 2022-2023 dan 2023-2024.

BACA JUGA
Bukan Reno Series, OPPO Bakal Luncurkan A Series Pekan Depan

Kerjasama ini menjadikan OPPO mendapatkan visibilitas tinggi, logo pada latar siaran dan stadion, termasuk perimeter iklan yang sangat luas, situs web, dan media sosial UEFA Champions League. Selain itu, OPPO akan menawarkan kesempatan unik kepada para penggemar sepak bola untuk dapat menyaksikan pertandingan sepanjang musim UEFA Champions League dan mengabadikan momen-momen penting dengan menggunakan smartphone OPPO.

Well, itu tadi deretan kerjasama antara OPPO dan dunia sepakbola yang tentunya bisa meningkatkan branding images mereka sekaligus menjaring pengguna baru di industri sepakbola.

Strategi ini bisa dibilang sangat unik di mana tidak ada brand smartphone yang secara konsisten menjalin kemitraan dengan dunia olahraga khususnya sepakbola. Kerjasama ini juga semakin mendekatkan mereka dengan para pengguna karena banyak yang beranggapan kalau sepakbola adalah “olahraga rakyat”.

Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi