Tuesday, June 18, 2024
BerandaGadgetNews GadgetPeneliti China dan AS Kembangkan Semikonduktor Baru, Terbuat dari Graphene

Peneliti China dan AS Kembangkan Semikonduktor Baru, Terbuat dari Graphene

TechDaily.id – Peneliti dari Universitas Tianjin dan Institut Teknologi Georgia telah mengembangkan semikonduktor baru yang terbuat dari graphene, sebuah bahan yang praktis dapat mengubah apa yang mungkin dalam perangkat elektronik.

Graphene, selembar atom karbon, terbukti menjadi perubahan game. Ini lebih kuat, lebih fleksibel, dan jauh lebih efisien daripada silikon, standar saat ini untuk perangkat elektronik. Penelitian yang dibagikan dalam jurnal Nature telah menunjukkan bahwa graphene dapat melampaui kinerja silikon sepuluh kali lipat.

Ini merupakan hal besar karena silikon, meskipun memiliki banyak manfaat, telah mencapai batasnya dalam hal efisiensi energi dan kemampuan untuk menjawab permintaan teknologi yang lebih kecil dan lebih cepat.

Peneliti China dan AS Kembangkan Semikonduktor Baru

Pencapaian ini adalah hasil dari delapan tahun penelitian yang didedikasikan, menandai momen penting dalam pencarian alternatif silikon. Tim yang dipimpin oleh Ma Lei di Universitas Tianjin bekerja sama dengan Walter de Heer di Institut Teknologi Georgia, mengatasi tantangan “celah pita” dalam graphene. Ini adalah rintangan besar, karena celah pita penting bagi semikonduktor untuk berfungsi dengan baik, memungkinkan mereka untuk menyala dan mati sesuai kebutuhan.

BACA JUGA
realme C67 Hadirkan Fitur NFC, Sudah Tahu Fungsinya?

Apa artinya ini bagi kita? Nah, ini bisa merevolusi elektronik kita, membuat perangkat seperti smartphone bertahan lebih lama antara pengisian daya dan komputer berjalan lebih cepat, semua dengan menggunakan energi yang lebih sedikit. Namun, akan memakan waktu sebelum semikonduktor graphene ini masuk ke perangkat kita—sekitar 10 hingga 15 tahun, menurut Ma Lei.

Meskipun tantangan yang ada, terutama dalam meyakinkan industri untuk mengadopsi teknologi baru ini, antusiasme tinggi. Ini bukan hanya kemenangan ilmiah; ini adalah pratinjau masa depan, menawarkan sekilas bagaimana generasi elektronik berikutnya akan ditenagai.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi