Tuesday, September 21, 2021
BerandaGadgetHead2headrealme 5 vs Samsung Galaxy A30, Pilih Mana?

realme 5 vs Samsung Galaxy A30, Pilih Mana?

TechDaily.id – realme baru saja meluncurkan smartphone terbaru mereka yakni realme 5 di pasar Indonesia. Ponsel yang punya harga mulai dari Rp. 1.899.000 juta hingga Rp. 2.699.000 juta ini bahkan bisa disejajarkan dengan ponsel kelas menengah milik Samsung yakni Galaxy A30. Kami memperkirakan, pembahasan realme 5 vs Samsung Galaxy A30 berpotensi jadi topik pembicaraan yang hangat di linimasa selama beberapa pekan kedepan.

Sangat menarik memang, karena tentunya kedua ponsel ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. So, untuk memberikan gambaran yang jelas bagi kamu, tim TechDaily akan menyajikan artikel komparasi antara realme 5 dan Samsung Galaxy A30. 

Desain & Layar

Pertarungan realme 5 vs Samsung Galaxy A30 kita mulai dari segi desain dan layar. Menurut kami keduanya memiliki desain yang cukup anggun dan menarik. Kedua ponsel yang kami pegang saat ini memiliki warna biru, hanya saja realme 5 tampak lebih elegan berkat warna Crystal Blue. Kata-kata kristal disini bukan tanpa arti, karena desain potongan kristal milik realme 5 memang tampak asli dan elegan, apalagi ketika terkena pantulan cahaya matahari. 

Di bagian belakang realme 5 terdapat deretan empat lensa kamera, led flash, sensor sidik jari dan logo realme dibagian bawah. Sedangkan bagian belakang Samsung Galaxy A30 terdapat sepasang lensa kamera, led flash, sensor sidik jari dan logo Samsung. 

Beralih ke sisi kiri dan kanan, realme 5 menempatkan tombol volume dan slot SIM plus microSD dibagian kiri, sementara di kanannya terdapat tombol power. 

Sedangkan Samsung Galaxy A30 meletakan tombol power dan volume dibagian kanan dan meninggalkan tray SIM plus microSD pada bagian kiri ponsel. 

Lanjut ke bagian bawah, realme menempatkan jack audio 3,5 mm, port micro usb, lubang speaker dan mic di sisi yang sama. Sedangkan pada Samsung Galaxy A30 terdapat jack audio 3.5 mm, port USB type C, lubang mic dan speaker. 

Beralih ke bagian atas, hanya Galaxy A30 yang meletakan lubang kecil sementara bagian atas realme 5 cukup bersih tanpa lubang. 

realme 5 punya dimensi 164.4 x 75.6 x 9.3 mm dengan berat 198 gram. Sedangkan Samsung Galaxy A30 punya dimensi 158.5 x 74.7 x 7.7 mm dengan berat 165 gram. Ketika digenggam, Samsung Galaxy A30 memang lebih enteng ketimbang realme 5.

Duel realme 5 vs Samsung Galaxy A30 masuk ke sisi layar. Keduanya sama-sama punya notch sebagai penyangga kamera depan namun memiliki ukuran layar yang berbeda. realme 5 dibekali layar IPS berukuran 6,5 inci. sementara Samsung Galaxy A30 punya layar Super Amoled berukuran 6,4 inci. Keduanya sama-sama dilindungi oleh Corning Gorilla Glass, hanya saja realme 5 tampak lebih unggul karena mendapatkan perlindungan penuh dari Corning Gorilla Glass 3+ sementara A30 hanya Corning Gorilla Glass 3. Keunggulan realme 5 juga makin kentara lewat ketahanan body mereka terhadap cipratan air, sebuah fitur yang tidak dimiliki oleh Samsung Galaxy A30. 

Dari segi desain dan body, kami berpendapat kalau realme 5 punya keunggulan lebih ketimbang Samsung Galaxy A30 lewat ukuran layar, fitur tahan cipratan air dan perlindungan Corning Gorilla Glass 3+. Meski begitu, hadirnya layar Super Amoled pada A30 cukup menarik.

Kamera

BACA JUGA
Harga Redmi Note 10 di e-Commerce, Berapa Ya?
BACA JUGA
Sebelum Ganti HP, Simak Perbedaan iPhone 11 dan iPhone 12! Apa Saja?

Masuk ke menu kamera, persaingan antara realme 5 vs Samsung Galaxy A30 tampak tidak seimbang. Meski punya harga yang jauh lebih murah, namun realme 5 punya empat kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama sebesar 12MP, kamera ultra wide dengan resolusi 8MP, kamera macro sebesar 2MP dan lensa potrait sebesar 2MP. 

Sementara Samsung Galaxy A30 hanya dibekali dua kamera belakang yang masing-masing punya resolusi 16MP sebagai kamera utama dan 5MP untuk lensa ultrawide. 

Dari paparan diatas saja, kita sudah bisa melihat keunggulan dari kamera realme 5 yang punya lensa dan fitur yang lebih lengkap ketimbang milik Samsung Galaxy A30. Berbicara soal interface, realme 5 punya interface dan fitur kamera yang lebih baik serta terkesan lebih profesional ketimbang yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A30 yang punya interface lebih simpel dan tidak adanya fitur ‘pro’ sehingga pengguna hanya bisa pasrah saja dengan mode kamera yang disediakan oleh produsen.

Berbicara mengenai hasil, kami menjajal semua lensa dari realme 5 serta Samsung Galaxy A30 dan berikut adalah hasil fotonya.

Performa

BACA JUGA
Perbedaan realme C21 vs realme C25, Apa Saja?

Duel realme 5 vs Samsung Galaxy A30 berlanjut ke segi performa. Disini kami menjajal kedua ponsel ini dengan aplikasi benchmark milik AnTuTu, Geekbench, 3D mark dan bermain game berat seperti PUBG. 

Sekadar informasi, realme 5 ditopang oleh chipset Qualcomm Snapdragon 665 dengan fabrikasi 11 nm dan prosesor Octa-core. Chipset ini juga ditunjang oleh RAM sebesar 3GB, penyimpanan internal 32GB dan GPU Adreno 610.

Sedangkan Samsung Galaxy A30 diotaki oleh chipset Exynos 7904 dengan fabrikasi 14 nm dan prosesor Octa-core. Chipset ini juga ditunjang oleh RAM 4GB, penyimpanan internal 32GB dan GPU Mali-G71 MP2.

Pada benchmark AnTuTu, realme 5 mampu mendapatkan skor 139463 sedangkan Samsung Galaxy A30 hanya mendapatkan skor 93282. 

Sementara pada benchmark Geekbench, realme 5 punya skor 315 untuk single core dan 1361 untuk multi core. Sedangkan Samsung Galaxy A30 punya skor 271 untuk single core dan 919 untuk multi core. 

Duel realme 5 vs Samsung Galaxy A30 berlanjut pada benchmark 3DMark. Pada aplikasi benchmark ini, realme 5 mendapatkan skor 1095 untuk OpenGL dan 1060 untuk Vulkan. Sementara Samsung Galaxy A30 punya skor 453 untuk OpenGL dan 401 untuk Vulkan. 

Ketika bermain PUBG, realme 5 ternyata hanya mampu menghadirkan settingan grafis Balanced dan frame rate Medium. Namun ketika memainkannya, kami tidak merasakan adanya lag atau semacamnya. Layarnya juga cukup jernih dan responsif yang membuat kami cukup nyaman memainkan game ini. 

Sementara Samsung Galaxy A30 ternyata mampu menyuguhkan settingan grafis HD dan frame rate High. Meski pada beberapa aplikasi benchmark nilai A30 berada dibawah realme 5, namun saat memainkan game PUBG ini harus diakui Samsung Galaxy A30 menyajikan pengalaman sedikit lebih baik. 

Baterai

BACA JUGA
Era 5G, Ini Industri yang Akan Booming di Indonesia!
BACA JUGA
Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Asus Zenfone Live L2

Baterai menjadi salah satu bagian penting pada smartphone. Untuk itu, pada duel realme 5 vs Samsung Galaxy A30 kali ini kami menguji ketahanan baterai keduanya. Kami memainkan game, Video On Demand dan mengujinya menggunakan Geekbench 4. 

Pada pengujian kali ini, realme 5 yang punya baterai 5000 mAh jelas lebih unggul ketimbang Samsung Galaxy A30 yang hanya ditenagai baterai 4000 mAh. 

realme 5 berhasil mendapatkan skor 7586 pada aplikasi Geekbench, sementara Samsung Galaxy A30 hanya mampu mendapatkan skor 6189. 

Harga

Untuk urusan harga, kedua ponsel ini punya selisih yang cukup lumayan. Samsung Galaxy A30 varian RAM 4/64GB yang kami pegang ini dibanderol dengan harga Rp. 3.399.000 sementara realme 5 dengan varian 3/32GB yang kami pegang ini punya harga Rp. 1.899.000. Ini menandakan kedua ponsel punya perbandingan harga kurang lebih sekitar Rp. 2 jutaan, well cukup jauh ya. Namun jelas, untuk harga realme 5 lah pemenangnya karena datang dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Kesimpulan

Persaingan realme 5 vs Samsung Galaxy A30 masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami realme 5 cocok sekali dimiliki oleh pengguna yang menginginkan ponsel menengah keatas dengan baterai besar nan irit kocek. Pasalnya, ponsel ini menawarkan berbagai fitur unggulan khas ponsel di atas Rp 3 jutaan seperti baterai jumbo, kamera berkualitas baik hingga performa yang lumayan dan desain mewah layaknya ponsel mahal. 

Hanya saja realme tidak menyertakan fitur pengisian daya cepat pada ponsel ini mengingat baterai yang mereka miliki punya kapasitas yang sangat besar. Namun hal ini bisa diimbangi dengan baik berkat menejemen baterai realme 5 juga dapat diandalkan, sehingga bisa awet seharian.

Buat kamu yang masih jadi “pengabdi merk”, Samsung Galaxy A30 ini bisa jadi pilihan, tentunya dengan harga yang jauh lebih mahal dan fitur yang tergolong biasa saja. Jika dibandingkan keduanya, menurut kami realme 5 pantas keluar sebagai juaranya. 

BACA JUGA
realme XT, Sebuah Peningkatan Besar dari realme X
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi