Thursday, May 19, 2022
BerandaGadgetHead2headrealme GT 2 Pro vs Xiaomi 12: Mana yang Lebih Menggoda?

realme GT 2 Pro vs Xiaomi 12: Mana yang Lebih Menggoda?

Techdaily.id – Bagi kamu yang tengah mencari smartphone baru dari segmen flagship, rasanya ini waktu yang tepat. Pasalnya Xiaomi dan realme baru saja merilis smartphone flagship terbaru untuk konsumen di Indonesia. Xiaomi hadir dengan membawa amunisi berupa Xiaomi 12, sementara realme percaya diri memperkenalkan realme GT 2 Pro. Tidak sedikit pula para fans yang penasaran dengan komparasi antara realme GT 2 Pro vs Xiaomi 12 lantaran keduanya memiliki spesifikasi yang mirip.

BACA JUGA
realme UI 3.0 Sudah Dirilis, Sudah Download?

Bersaing di kelas dan rentang harga yang sama, mana yang menawarkan spesifikasi lebih baik? Untuk memperoleh jawabannya, berikut kami hadirkan komparasi dari dua smartphone flagship ini.

realme GT 2 Pro vs Xiaomi 12

Desain
Xiaomi 12 hadir dengan desain bodi yang compact. Dimensinya hanya 152,7 x 69,9 x 82 mm dan memiliki bobot 179 gram. Tepiannya juga dibuat melengkung sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna ketika menggenggamnya.

Smartphone flagship Xiaomi ini menggunakan material glass di bagian back cover-nya yang menampilkan kesan premium. Balutan warna yang diterapkan juga terlihat soft, yakni Purple, Blue dan gray.

Berbeda dengan Xiaomi 12 yang memilih tampil compact, realme GT 2 Pro menawarkan desain lebih bongsor dengan dimensi 163.2 x 74,7 x 8,2 mm dan bobot 189 gram. Desain dari realme GT 2 Pro ternyata menyimpan fakta yang menarik.

Dibanding memilih menggunakan material kaca ala smartphone flagship pada umumnya, realme GT 2 Pro justru mengadopsi material polimer berbasis bio. Material yang digunakan realme ini diklaim ramah lingkungan dan menghasilkan emisi karbon hingga 35,5% lebih sedikit.

Pastinya tidak banyak smartphone yang mengadopsi konsep desain unik semacam ini. Apalagi dengan konsep ramah lingkungan yang membuatnya sangat menarik bagi pengguna yang peka terhadap lingkungan dan juga desain.

realme GT 2 Pro juga tampil dengan pilihan warna yang terlihat simple, yakni Steel Black dan Paper White. Untuk membuat desain ini, realme menggandeng desainer ternama asal Jepang, Naoto Fukasawa.

Dari sisi desain, terlihat bahwa realme berani berinovasi dan menghadirkan sesuatu yang terbilang segar, apalagi untuk sekelas smartphone flagship.

Layar
Namanya smartphone flagship, pastinya harus memberikan spesifikasi yang terbaik. Tidak terkecuali dengan bagian display yang harus bisa memanjakan mata penggunanya.

realme GT 2 Pro hadir dengan menawarkan layar E4 AMOLED berteknologi LTPO 2.0 dan memiliki ukuran 6,7 inci beresolusi WQHD+. Refresh ratenya mencapai 120Hz dan touch sampling rate hingga 1.000 Hz.

Sedangkan Xiaomi 12 juga menggunakan panel AMOLED dengan ukuran layar lebih kecil, 6,28 inci dan beresolusi Full HD+. Refresh ratenya 120Hz dan touch sampling rate 480Hz.

Sebagai perlindungan pada layarnya, kedua smartphone ini sudah menggunakan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass Victus terbaru.

Keduanya sama-sama menawarkan kecepatan refresh rate tinggi yang menjanjikan transisi konten smooth, terlebih untuk urusan entertainment. Tetapi bisa Anda lihat bahwa di sini realme GT 2 Pro tampil lebih unggul dibanding apa yang ditawarkan oleh Xiaomi 12.

Performa
Mengintip di balik kap mesinnya, Xiaomi 12 dan realme GT 2 Pro sama-sama dimotori chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Chipset dengan arsitektur 4nm ini sudah pasti siap untuk menjalankan beragam kebutuhan dari yang ringan hingga berat sekalipun.

Sedikit informasi informasi, dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Snapdragon 8 Gen 1 menawarkan kinerja CPU 20% dan GPU 30% lebih tinggi.

Mendukung chipset high-end tersebut, realme dan Xiaomi sudah menggunakan penyimpanan berjenis UFS 3.1 dan RAM LPDDR5. Bedanya, realme GT 2 Pro memberikan kapasitas RAM yang lebih besar dari yang dimiliki Xiaomi 12.

realme GT 2 Pro memiliki RAM 12 GB dan memori internal 256 GB. Sedangkan Xiaomi 12 mengandalkan RAM 8 GB dan memori internal dengan kapasitas 256 GB.

Menjaga performa tinggi yang dihasilkan prosesor Snapdragon 8 Gen 1, Xiaomi menggunakan teknologi pendingin terbaru bernama LiquidCool Vapor Chambers. Teknologi ini bertujuan menjaga suhu tetap stabil meski digunakan untuk performa tinggi.

Sementara realme mengandalkan teknologi yang disebut Stainless Steel Vapor Cooling Max. Teknologi ini disebut menggabungkan vapor chambers dan plat tembaga yang sanggup membuang panas lebih cepat dibanding material baja atau aluminium.

Tentunya dengan keberadaan teknologi pendingin semacam ini, Anda tidak perlu khawatir ponsel akan mengalami overheat ketika dipacu dalam intensitas tinggi.

Kamera
Beralih membahas spesifikasi kameranya. Xiaomi dan realme menggunakan sensor serta lensa yang sama sebagai kamera utamanya.

Xiaomi 12 dan realme GT 2 Pro sama-sama mengandalkan kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX766. Kedua smartphone flagship ini juga menyematkan tiga kamera belakang dan menggunakan kamera depan dengan resolusi 32 MP.

Pada Xiaomi 12 juga didukung dengan kamera ultrawide 13 MP dengan sudut lebar 123 derajat dan kamera telemakro 5 MP. Sementara realme GT 2 Pro memiliki kamera ultrawide 50 MP dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 dengan sudut lebar 150 derajat dan kamera microlens yang sanggup melakukan zoom hingga 40x.

Dapat dilihat, meski memiliki kamera utama dan kamera depan yang sama, namun kamera pendukung yang lebih variatif. realme GT 2 Pro tampil menarik dengan sudut lebar 150 derajat yang pertama di sebuah smartphone. Dengan ini pengguna juga bisa berkreasi mengabadikan momen dengan lebih bebas.

Baterai
Berbekal bodi yang lebih besar dibanding Xiaomi 12, realme GT 2 Pro menawarkan keunggulan dari segi kapasitas baterainya yang lebih besar. realme GT 2 Pro mengandalkan baterai berkapasitas 5.000 mAh, sedangkan Xiaomi 12 hanya memiliki baterai berkapasitas 4.500 mAh.

Dengan kapasitas baterai yang lebih besar, tentu di atas kertas realme GT 2 Pro mampu menawarkan screen on time yang lebih lama jika dibandingkan dengan Xiaomi 12.

Namun untuk urusan teknologi fast charging, Xiaomi 12 sedikit lebih uggul dengan dukungan pengisian daya cepat 67W dan pengisian nirkabel 50W. Sementara realme GT 2 Pro mendukung fast charging SuperDart Charge 65.

Melihat kecepatan daya fast charging-nya yang tidak terlampau jauh berbeda, kemungkinan besar perbedaan durasi pengisiannya juga tidak akan terlalu lama.

Kesimpulan
Pembahasan mengenai komparasi antara realme GT 2 Pro vs Xiaomi 12 masuk ke bagian kesimpulan. Setelah membandingkan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 12 dan realme GT 2 Pro, dapat ditarik kesimpulan bahwa realme GT 2 Pro unggul dari banyak faktor. Mulai dari layar, kapasitas RAM, kamera, hingga kapasitas baterai.

Dengan banderol harga yang sama sekitar Rp 9 jutaan, tentu konsumen akan memperoleh keuntungan yang lebih banyak dengan memilih realme GT 2 Pro. Walaupun Xiaomi 12 tidak kalah telak dibanding realme GT 2 Pro, keduanya tetap sama-sama layak disebut sebagai smartphone flagship yang menarik untuk dimiliki di tahun 2022 ini.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi