Thursday, May 19, 2022
BerandaReviewReview OPPO A76, HP 3 Jutaan Untuk Pengguna Mobile

Review OPPO A76, HP 3 Jutaan Untuk Pengguna Mobile

Techdaily.id – OPPO A76 merupakan smartphone yang baru diluncurkan oleh OPPO pada 18 Februari 2022 lalu. Smartphone ini memiliki sederet fitur unggulan yang mendukung aktivitas pengguna dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Buat kamu yang ingin membeli smartphone baru, ada baiknya untuk melihat ulasan tentang review OPPO A76 yang telah kami persiapkan sebagai bahan rujukan kamu.

BACA JUGA
HP OPPO 5 Jutaan Terbaik Oktober 2021

Alasan kami melakukan review smartphone ini sendiri karena kami cukup dibuat terkesima dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh smartphone ini saat OPPO A76 resmi diluncurkan. Nah, buat kamu yang penasaran, yuk scroll ke bawah.

Review OPPO A76

Desain & Layar
Review OPPO A76 kita mulai dari bagian desain. Smartphone ini membawa teknologi yang biasanya hadir di seri Reno yakni OPPO Glow. Buat kamu yang belum tahu, proses manufaktur OPPO Glow Design adalah evolusi lanjutan yang dibuat berdasarkan teknologi Reno Glow yang dikenal dengan tehnik diamond-cutting. Hasilnya, perangkat smartphone dengan warna yang menarik, halus dipegang, bebas sidik jari dan juga tahan terhadap goresan. A76 tersedia dalam dua pilihan warna Glowing Black dan Glowing Blue.

BACA JUGA
Sertifikasi Teknisi Jadi faktor Penting di OPPO Service Center

Smartphone ini memiliki dimensi 164,4mm x 75,70mm x 8,4mm dengan bobot sekitar 189 gram. Sedangkan untuk layar, perangkat ini mengusung konsep layar punch hole dengan ukuran 6,46 inci yang punya refresh rate mencapai 90Hz dan 180Hz touch sampling.

Layar IPS dengan resolusi HD+ ini memiliki beberapa fitur unggulan seperti All-day AI Eye Comfort, Vivid Mode dan gentle Mode.

OPPO A76 juga memiliki fitur Side Fingerprint Unlock yang cukup responsif saat digunakan untuk membuka kunci layar. Sensor ini terletak pada bagian samping yang dapat didaftarkan hingga lima sidik jari untuk memberikan kenyamanan saat membuka kunci.

Seperti setiap perangkat yang dibuat OPPO, OPPO A76 juga mewakili standar kualitas OPPO yang tinggi. Daya tahan tinggi dan kualitas tinggi dapat dipastikan melalui tes jaminan kualitas yang tak terhitung jumlahnya. Meski kami tidak mencoba untuk melakukan drop test dari smartphone ini, namun kami meyakini bahwa smartphone tersebut memiliki build quality yang baik dan tahan hingga beberapa tahun kebelakang.

Menurut kami, desain smartphone ini cukup menarik, apalagi hadirnya efek Glow Design yang mampu memberikan efek glowing dan juga tahan gores.

Kamera
OPPO A76 hadir dengan dukungan dua kamera belakang yang masing-masing beresolusi 13MP dan 2MP. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8MP. Meski begitu, smartphone ini menggunakan sensor yang cukup besar dengan bukaan diafragma pada kamera utama hingga f/2.2 dan f/2.0 untuk kamera depannya.

Smartphone ini juga ditopang oleh Triple ISP yang terdapat pada prosesor OPPO A76. Bantuan Triple ISP bernama Qualcomm Spectra 346 ini membantu mempercepat proses pemotretan mulai dari mengatur fokus, memangkas durasi dari menekan tombol shutter hingga foto bisa di preview dan mampu mengenali objek dengan cepat, khususnya saat digunakan untuk foto malam.

Terdapat beberapa fitur yang bisa kamu gunakan di smartphone ini seperti AI Natural Retouching, Flash Snapshot hingga AI Palette. Jika kamu berfikir kalau hasil fotonya kurang bagus karena resolusi di smartphone ini tergolong kecil, kamu perlu melihat beberapa sampel foto yang kami ambil ini.

(Foto)

Performa
Review OPPO A76 masuk ke bagian performa, disini kamu akan mendapatkan smartphone dengan dukungan chipset terbaru Qualcomm yakni Snapdragon 680. Chipset ini hadir dengan sistem fabrikasi 6nm yang sangat efisien dalam penggunaan daya. Dari sini saja, sudah bisa dilihat bagaimana OPPO A76 memang ditujukan untuk pengguna yang punya mobilitas tinggi dan cukup sulit menemukan sumber pengisian daya.

Chipset 6nm ini 20% lebih hemat daya ketimbang seri Snapdragon 665. Chip ini menggunakan arsitektur Kryo 265 yang punya clockspeed hingga 2.4GHz. Chip ini juga ditopang oleh RAM sebesar 6GB dan ROM Sebesar 128GB.

BACA JUGA
Fitur Dolby Atmos di Find X3 Pro 5G Hadirkan Pengalaman Immersive

OPPO A76 juga memiliki fitur RAM Expansion dan ROM Expansion. Fitur ROM Expansion ini tergolong baru di industri di mana fitur ini berfungsi untuk menambah lega penyimpanan internal smartphone ini. Fitur ini berfungsi mengoptimalkan penyimpanan sistem dengan secara otomatis menyimpan data aplikasi sistem dan beberapa data aplikasi media sosial ke kartu SD.

Untuk menguji performa nya, kami menggunakan alat uji PCMark dan bermain game Pokemon United. Pada PCMark, smartphone ini mampu memperoleh skor 6729. Sedangkan untuk bermain game Pokemon United, OPPO A76 mampu menyuguhkan settingan grafis Very High dengan frame rate High. Smartphone ini pun tetap mempertahankan fps game di 59 fps.

Baterai
OPPO A76 hadir dengan dukungan baterai besar 5000 mAh. Baterai berkapasitas sebesar ini diyakini bisa menemani aktivitas kamu seharian penuh. Baterai smartphone ini juga sudah mendapatkan perlindungan overcharge dan over-discharge baterai Level-2 dan perlindungan keamanan baterai untuk penggunaan tanpa rasa khawatir.

Hebatnya lagi, OPPO A76 juga ditopang oleh teknologi pengisian daya cepat 33W SuperVOOC. Teknologi ini biasanya hadir pada smartphone seri Reno maupun seri Find. Buat kamu yang agak kesulitan dalam menemukan sumber daya, tampaknya teknologi ini sangat cocok kamu miliki di smartphone kamu.

Jika kamu melakukan pengisian daya hanya 5 menit saja, memungkinkan penggunaan panggilan telepon selama 3 jam 47 menit, panggilan video WhatsApp selama 62 menit dan YouTube selama 2 jam 10 menit. Kamu bisa mendapatkan informasi lebih lengkap terkait SuperVOOC 33W di artikel kami sebelumnya.

review OPPO A76

Untuk menguji performa nya, kami menggunakan battery test milik PCMark. Pada pengujian tersebut, baterai smartphone ini mampu bertahan hingga 11 Jam 7 menit. Durasi tersebut tentunya akan berbeda saat penggunaan normal pengguna sehari-hari.

Kesimpulan
Review OPPO A76 masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami OPPO A76 menjadi smartphone yang sangat cocok bagi kamu yang punya tingkat mobilitas yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan smartphone ini memiliki kapasitas baterai yang besar, adanya fitur fast charging yang cepat dan aman serta ditopang oleh prosesor hemat daya.

review OPPO A76

OPPO A76 dibanderol dengan harga Rp3.399.000 secara luring melalui toko-toko yang menjual perangkat smartphone OPPO dan OPPO Store yang terdapat di seluruh Indonesia.

Pengguna juga bisa menemukannya secara daring melalui aplikasi OPPO Store pada smartphone OPPO maupun OPPO Official Store yang terdapat pada jaringan e-dagang terkemuka di Indonesia.

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Kamera
Performa
Baterai

SUMMARY

Review OPPO A76 masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami OPPO A76 menjadi smartphone yang sangat cocok bagi kamu yang punya tingkat mobilitas yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan smartphone ini memiliki kapasitas baterai yang besar, adanya fitur fast charging yang cepat dan aman serta ditopang oleh prosesor hemat daya.
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi