Smartphone

Review realme C20, HP Sejutaan Untuk Lebaran!

Techdaily.id – Jika kamu sedang mencari smartphone untuk dijadikan sebagai kado bagi anak atau keponakan di hari raya Idul Fitri nanti, mungkin realme C20 bisa menjadi salah satu kandidatnya. Untuk itulah, kami menghadirkan ulasan tentang review realme C20 guna memberikan sebuah gambaran yang jelas terkait dengan smartphone ini.

BACA JUGA
OPPO A54 5G Meluncur di Eropa

realme C20 sendiri merupakan smartphone entry level realme terbaru. Smartphone ini sendiri bisa kamu dapatkan dengan harga kurang dari Rp 1,5 juta yang diklaim sebagai salah satu entry-level King terbaru milik realme. Smartphone ini menjagokan kapasitas baterainya yang sangat besar yang tentu saja sangat bermanfaat untuk menunjang aktivitas sekolah daring para anak. Untuk lebih jelasnya, berikut kami hadirkan ulasan tentang review realme C20 secara lengkap.

Desain & Layar

Seperti biasa, review ini kita mulai dari segi desain. Smartphone ini mengusung konsep desain Geometrik yang tersedia dalam dua varian warna yakni Lake Blue dan Iron Grey. Terinspirasi oleh keindahan alam, dua warna tersebut memberikan nuansa yang dekat dengan alam. Pada bagian belakang bertekstur diproses menggunakan teknologi mutakhir dari Jerman dengan mesin ukiran lima sumbu presisi. Setelah 300 menit pemolesan akhirnya 450+ lekukan di ukir untuk menciptakan efek cahaya reflektif khusus.

Secara singkatnya, penggunaan teknologi ini membuat realme C20 lebih berwarna, menarik, nyaman digenggam dan minim bekas sidik jari serta efektif mencegah goresan dan terpeleset dari tangan.

Beralih ke bagian layar, smartphone ini mengusung layar berukuran 6,5 inci yang membawa bidang pandang yang cukup luas. Dengan konsep layar Mini drop dan rasio screen to body mencapai 89,5% memungkinkan pengguna memiliki lebih sedikit gangguan visual ketika menikmati kenyamanan layar penuh sebesar 6,5 inci.

Kamera

Review realme C20 masuk ke bagian kamera, disini kami hanya menemukan satu buah kamera belakang yang juga memiliki resolusi yang tergolong cukup rendah untuk smartphone jaman sekarang. Namun ternyata, kualitas kamera smartphone ini mampu menghasilkan foto yang cukup jernih pada kondisi cahaya yang cukup. 

realme C20 memiliki 8MP kamera utama dengan sensor dan aperture besar f/2.0. Selain itu,  realme C20 juga mendukung AF yang menjadikan fokus lebih cepat dan akurat. Sedangkan kamera depannya beresolusi 5MP. 

Menurut kami, smartphone ini bukan berfokus pada pengalaman kamera. Walau begitu, kamu bisa melihat beberapa foto yang dihasilkan oleh smartphone ini sebagai bahan pertimbangan.

Dapur Pacu

Untuk urusan dapur pacu, smartphone ini menggunakan chipset entry level dari Mediatek yang cukup kuat di kelasnya yakni Mediatek Helio G35.Chipset ini menggunakan delapan-inti yang dibuat dengan proses produksi 12nm dan kecepatan 2,3Ghz dengan mengadopsi struktur Cortex A53. Chipset ini ditemani oleh RAM sebesar 2GB dan penyimpanan internal sebesar 32GB yang bisa diperluas hingga 256GB. 

Untuk menguji performanya, kami menggunakan alat uji PCMark dan bermain game Call of Duty Mobile yang saat ini cukup digemari oleh anak-anak. Pada pengujian PCMark, smartphone ini berhasil mendapatkan skor 5813 sedangkan untuk bermain game CODM, smartphone ini hanya mampu menyuguhkan settingan grafis smooth dan frame rate high. Sepanjang permainan, game ini berjalan dengan cukup lancar meski tidak berjalan dengan cukup smooth. Kami rasa, hal ini dikarenakan kapasitas RAM yang mencapai 2GB saja. Semoga pihak realme menghadirkan fitur extended RAM yang berfungsi untuk memanfaatkan ruang penyimpanan yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan sistem pada pembaruan UI mereka.

Baterai

review realme c20

Bagian ini bisa dibilang menjadi yang paling menonjol di review realme C20 kali ini. realme C20 memiliki baterai besar dengan kapasitas mencapai 5000 mAh. Bahkan, menurut hasil tes dari realme lab, smartphone ini mampu bertahan hingga 43 hari dalam mode siaga dan bertahan hingga 23 jam untuk memutar YouTube nonstop. 

Sementara itu, hadirnya fitur Super Power Saving Mode di smartphone ini juga mampu menjaga daya tahan baterai yang telah mencapai 5% untuk bertahan selama 2 jam lebih saat melakukan panggilan telepon.

Untuk menguji daya tahan baterai ini, kami menggunakan aplikasi PCMark dan smartphone ini bisa bertahan hingga 18 jam 46 menit yang menurut kami sangat cukup untuk menemani aktivitas kamu seharian penuh. 

Fitur Unggulan

review realme c20

realme C20 berjalan pada sistem operasi Android 10 dan realme UI. Pada UI ini, kami melihat beberapa fitur yang cukup worth it dan sala satu yang terbaik adalah Mode Berbagi Musik Ganda. Pada mode ini, pengguna dapat menghubungkan sepasang earbud nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan, sehingga kamu dan temanmu dapat mendengarkan lagu yang sama yang diputar dari smartphone realme yang sama. Fitur ini didukung jika satu pengguna mendengarkan musik dalam Blueooth dan headphone kabel secara bersamaan. Lalu, jika satu pengguna sedang menelepon melalui Bluetooth dan pengguna lainnya mendengarkan musik melalui perangkat kabel.

BACA JUGA
Cara Mengikuti Reno4 Virtual Run, Gampang Banget!

Kesimpulan

review realme c20

Menurut kami, realme C20 bisa menjadi rekomendasi smartphone Rp 1 jutaan yang bisa kamu jadikan pilihan untuk kado lebaran tahun ini. Dukungan baterai besar dan layar besar serta efisiensi daya yang hemat, smartphone ini nyaman digunakan seharian. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini seperti :

(+) 

  • Baterai berkapasitas besar
  • Dukungan layar yang luas dan cukup nyaman untuk meeting online maupun menonton video dan bermain game
  • Ditenagai oleh chipset yang kuat di kelasnya

(-)

  • Hanya terdapat kamera tunggal di bagian belakang dengan resolusi yang tergolong kecil.
  • Dukungan RAM sebesar 2GB yang cukup ‘tanggung’ dan tidak bisa melibas semua game mainstream dengan lancar.

realme C20 bisa kamu dapatkan secara daring di beberapa channel e-commerce seperti Shopee, Akulaku, dan website resmi realme Indonesia.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close