Friday, April 12, 2024
BerandaReviewReview Samsung Galaxy A55 : Superior!

Review Samsung Galaxy A55 : Superior!

Techdaily.id – Samsung kembali menghadirkan smartphone A Series mereka yakni Samsung Galaxy A55 ke Indonesia. Smartphone ini sendiri menghadirkan sederet pembaruan dari seri sebelumnya yang meluncur pada tahun lalu. Tim Redaksi Techdaily juga berkesempatan untuk melakukan review Samsung Galaxy A55 selama beberapa hari, dan berikut ulasan lengkapnya.

Review Samsung Galaxy A55

Desain & Layar

Review Samsung Galaxy A55 kami mulai dari bagian desain dan layar. Smartphone ini sendiri mengusung konsep desain Galaxy Identity, yang diharapkan desain ini akan menjadi ciri pembeda ketika konsumen menggunakannya di tempat umum.

Terdapat varian lain yang dihadirkan oleh Galaxy A55 5G, yakni Awesome Iceblue, Awesome Lilac dan Awesome Navy.

Galaxy A55 5G kini mengusung bodi berbahan metal yang mengelilingi sisi HP dan kaca di bagian belakang. HP ini mengusung desain Key Island di sisi kanan smartphone.

Penggunaan material kaca di bagian belakang dan frame berbahan metal memberikan kesan mewah saat digenggam. Dengan adanya kaca kuat Corning Gorilla Glass Victus+ di bagian layar membuat smartphone ini tahan terhadap goresan.

Saat pertama kali memegang Galaxy A55 5G, frame yang digunakan akan terasa tajam saat digenggam.Namun setelah beberapa jam memegang HP ini, tangan akan terbiasa dan feel tajam dari HP ini sudah tidak begitu terasa. Terdapat sentuhan unik di sisi kanan ponsel. Terdapat desain Key Island yang membuat sisi tombol volume dan power sedikit menonjol.

Penerapan desain ini memberikan kenyamanan lebih ketika digenggam, mengingat bodi kaca dan frame metal dari HP ini menjadikan HP ini terasa licin saat dipegang.

Pada sisi atas smartphone, kami menemukan adanya lubang microphone dan SIM Tray yang dapat menampung dua SIM maupun satu SIM dengan microSD yang dapat menampung hingga kapasitas 1TB. kemudian pada bagian bawah terdapat port USB-C untuk pengecasan dan transfer data via kabel, lubang speaker, dan dua lubang microphone. Sementara di sisi kiri hanya terdapat dua garis antena.

BACA JUGA
Review Infinix Note 11 Pro, HP Gaming 2 Jutaan Terbaru!

Beralih ke bagian layar, smartphone ini mengusung layar Super AMOLED berukuran 6.6 inch dengan resolusi FHD+ 1080 x 2340 piksel.

Panel yang digunakan memiliki teknologi refresh rate adaptif hingga 120Hz. Selain itu, panel ini juga memiliki fitur HDR10+ dan diklaim memiliki kecerahan hingga 1000 nits.

Layar ini memberikan reproduksi warna yang mencolok dan warna hitam yang pekat, khas layar AMOLED. Dengan kecepatan refresh hingga 120Hz, pengalaman navigasi di ponsel ini terasa lebih mulus.

Visibilitas Galaxy A55 5G juga dapat diandalkan, dengan tingkat kecerahan hingga 1000 nits di mode kecerahan tinggi (HBM), panel dari A55 5G tetap terlihat tajam meskipun berada di bawah terik matahari.

Secara visualisasi dan desain, kami cukup puas dengan apa yang dikerjakan oleh Samsung untuk urusan desain dan layar. Kami sangat menyukai konsep desain smartphone yang simpel namun tetap menegaskan kesan elegan. Terlebih lagi, adanya panel berbahan metal menjadi sebuah kelebihan tersendiri.

Performa

Review Samsung Galaxy A55 masuk ke bagian performa. Smartphone ini menggunakan chipset Exynos 1480 yang lebih bertenaga dibandingkan dengan seri sebelumnya. Prosesor ini memiliki 4 core performa tinggi Cortex-A78 dengan clock speed 2.75 GHz dan 4 core efisiensi Cortex-A55 dengan clock speed 2.0.

Sedangkan untuk GPU nya, Exynos 1480 menggunakan GPU Samsung Xclipse 530, chip grafis ini merupakan hasil kolaborasi Samsung dan AMD. Xclipse 530 menjanjikan performa grafis dan pengalaman game yang mumpuni. Untuk menguji performa nya, kami menggunakan alat uji PC Mark dan 3D Mark.

BACA JUGA
Review Garmin Instinct 2S, Partner Sehat Untuk 2023

Hasilnya, untuk PC Mark sendiri smartphone ini memperoleh skor 13141. Sementara untuk 3d mark, pada pengujian wild life smartphone ini berhasil memperoleh skor 3908 sedangkan pada wild life extreme Galalxy A55 5G berhasil memperleh skor 1208.

Kamera

Review Samsung Galaxy A55 5G masuk ke bagian kamera. Secara spesifikasi, Galaxy A55 5G dibekali dengan tiga kamera yang berjejer secara vertikal. Lensa utama menggunakan sensor 50MP dengan stabilisasi OIS, ultrawide 12MP, dan makro 5MP. Untuk kamera depan menggunakan sensor 32MP.

Pada saat pemotretan siang hari, atau di kondisi cahaya yang cukup. Menurut kami hasil foto dari kamera smartphone ini cukup baik dengan tingkat High Dymanic Range (HDR) yang juga cukup tinggi. Namun, menurut kami itu bukan sebuah hasil yang istimewa mengingat rentang harga yang ditawarkan oleh smartphone ini.

Akan tetapi, kami cukup dikejutkan saat pengambilan foto saat malam ataupun ketika cahaya redup. kamera smartphone ini masih mampu menyuguhkan foto yang cukup tajam namun tidak under exposure dan memiliki color range yang juga kaya.

Hadirnya OIS pada kamera smartphone ini juga sangat membantu dalam memotret subyek yang bergerak saat kondisi minim cahaya.

Di bawah ini merupakan beberapa hasil foto menggunakan kamera Samsung Galaxy A55.

UI dan Fitur Unggulan

Galaxy A55 5G hadir dengan One UI 6.1 berbasis Android 14. Smartphone ini dijanjikan mendapat pembaruan OS selama 4 tahun dan pembaruan keamanan selama 5 tahun.

Komitmen tersebut memberikan kenyamanan bagi pengguna yang ingin menggunakan ponsel ini dalam jangka waktu lama, karena fitur dan keamanan dari A55 5G akan terjamin hingga 5 tahun.

BACA JUGA
Review OPPO Band: Kualitas Andal, Fitur Kaya, Harga Ramah Dikantong!

Keamanan juga menjadi hal yang diperhatikan oleh Samsung. Galaxy A55 memiliki sistem keamanan bernama Samsung Knox Vault.

Fitur ini menggunakan sistem keamanan berbasis hardware yang dapat melindungi beberapa data dari serangan hacker, baik melalui software maupun hardware.

Data yang dilindungi oleh Knox Vault berupa data pribadi, kredensial lock screen (pola, PIN, kata sandi), hingga enkripsi data pengguna di perangkat.

Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan sertifikasi IP Rating yakni IP68 yang tahan terhadap air di kedalama tertentu. Sehingga membuatnya cukup tangguh untuk menjadi teman sehari-hari pengguna.

Baterai

Review Samsung Galaxy A55 masuk ke bagian baterai. Smartphone ini sendiri ditopang oleh baterai berkapasitas 5000 mAh yang diklaim mampu bertahan untuk penggunaan internet hingga 25 jam nonstop. Untuk menguji daya tahan baterainya, tim redaksi Techdaily melakukan testing menggunakan PC Mark.

Review Samsung Galaxy A55

Hasilnya, baterai smartphone ini mampu bertahan hingga 12 jam 21 menit. Meski tidak seharian penuh, namun hal ini menunjukan kalau smartphone ini mampu menemani aktivitas harian kamu saat bekerja di kantor.

Kesimpulan

Review Samsung Galaxy A55 masuk ke bagian kesimpulan. Smartphone ini sendiri dibanderol dengan harga Rp. 5.999.000 untuk varian terendah nya. Menurut kami, smartphone ini bisa dibilang sebagai paket lengkap untuk ponsel harga Lima jutaan. Mengapa demikian? karena ponsel ini menawarkan kemampuan kamera, performa, serta desain yang tergolong cukup baik. Hadirnya dukungan dari Samsung untuk layanan purna jual juga bisa menjadi faktor pembeda dari brand kompetitor.

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Performa
Kamera
Baterai
UI

SUMMARY

Review Samsung Galaxy A55 masuk ke bagian kesimpulan. Smartphone ini sendiri dibanderol dengan harga Rp. 5.999.000 untuk varian terendah nya. Menurut kami, smartphone ini bisa dibilang sebagai paket lengkap untuk ponsel harga Lima jutaan. Mengapa demikian? karena ponsel ini menawarkan kemampuan kamera, performa, serta desain yang tergolong cukup baik. Hadirnya dukungan dari Samsung untuk layanan purna jual juga bisa menjadi faktor pembeda dari brand kompetitor.
Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi

Review Samsung Galaxy A55 masuk ke bagian kesimpulan. Smartphone ini sendiri dibanderol dengan harga Rp. 5.999.000 untuk varian terendah nya. Menurut kami, smartphone ini bisa dibilang sebagai paket lengkap untuk ponsel harga Lima jutaan. Mengapa demikian? karena ponsel ini menawarkan kemampuan kamera, performa, serta desain yang tergolong cukup baik. Hadirnya dukungan dari Samsung untuk layanan purna jual juga bisa menjadi faktor pembeda dari brand kompetitor.Review Samsung Galaxy A55 : Superior!