Sunday, November 28, 2021
BerandaReviewSmartphoneReview realme GT Neo2 : Performa Disruptive Dengan Sistem Pendingin Optimal!

Review realme GT Neo2 : Performa Disruptive Dengan Sistem Pendingin Optimal!

Techdaily.id – Setelah beberapa waktu lalu kami membahas mengenai fitur pendingin realme GT Neo2, kurang lengkap rasanya jika tidak menghadirkan ulasan tentang review realme GT Neo2. 

BACA JUGA
Review realme Book, Debut Paripurna Laptop realme!

Smartphone ini berada satu tingkat diatas realme GT Master Edition yang beberapa waktu lalu dihadirkan realme di Indonesia. Hadir dengan slogan Everything in NEO, smartphone ini menawarkan teknologi kekinian dan desain anti-mainstream di harga Rp 6 Jutaan. 

Nah untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan review realme GT Neo2 ini berikut ini.

Review realme GT Neo2

Desain

Slogan Everything in NEO tervisualisasi dengan baik melalui desain belakang smartphone ini. Mengusung konsep desain bertema warna Hijau khas hutan hujan yang berkolaborasi dengan strip hitam bertuliskan ‘Dare To Leap’ pada bagian belakangnya.

Para perancang di realme Design Studio bereksperimen dengan warna komplementer untuk menciptakan efek warna yang disruptive, yang dapat menginspirasi dan mencerahkan mood. 

Setelah diteliti lebih lanjut, terdapat dua finishing berbeda di bagian punggung smartphone flagship realme ini. Warna hijau memiliki finishing tidak terlalu mengkilap, berpadu serasi dengan finishing mengkilap pada bagian strip hitam memanjang dari atas ke bawah.

Proses pewarnaan realme GT Neo2 ini menggunakan proses 7 nano-multilayer yang menghasilkan permukaan yang lebih halus dan pantulan cahaya yang indah. Tahan gores, ramah lingkungan, dan anti sidik jari. 

realme GT Neo2 juga hadir dengan bobot sekitar 200 gram dan tingkat ketebalan yang mencapai 8,6 mm. Selain warna Neo Green, terdapat warna lain yang ditawarkan yakni Neo Blue yang terinspirasi dari cahaya matahari terbit.

Casing jelly bawaannya pun lain daripada biasanya. Hadir di kelas flagship, casing jelly realme GT Neo2 berwarna abu-abu yang kontras dengan warna pada modul kamera yang hijau neon. 

Layar

Beralih ke bagian layar, disini kami disuguhkan oleh tampilan layar E4 Amoled berkonsep Punch Hole. Layar jernih berukuran 6,62 inci ini memiliki refresh rate mencapai 120Hz yang tentunya menawarkan pengalaman visual yang imersif.

Sekadar informasi, material E4 dapat mengurangi 15% konsumsi daya. Ditingkatkan dari 800 ribu: rasio kontras 1 menjadi rasio kontras 5 juta: 1, layar E4 menawarkan tampilan warna paling akurat yang pernah ada.

 

Selain itu, dukungan touch sampling di layar ponsel ini mencapai 600Hz yang mana mampu merespon 600 sentuhan dalam hitungan detik yang tentu saja akan meningkatkan pengalaman bermain game. 

Terdapat pula dukungan teknologi layar seperti HDR10+, tingkat kecerahan maksimal hingga 1300nits dan tingkat kecerahan yang mencapai 10240. Sekedar informasi, kebanyakan tingkat kecerahan smartphone hanya mencapai 1000nits. 

Kamera

realme GT Neo2 mengusung konsep tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 64MP, 8MP dan 2MP. Sedangkan pada bagian depannya, smartphone flagship ini menggunakan kamera selfie beresolusi 16MP.

Kembalinya kamera selfie dengan resolusi besar ini, patut kami apresiasi. Mengingat semakin banyak pengguna smartphone yang suka ber-selfie menggunakan filter kekinian di sosial media. 

Terdapat banyak fitur kamera dari smartphone ini seperti berbagai scenario di mode portrait, mode film untuk yang hobi di video hingga mode Street Photography.

Dari fitur yang tersedia, kami cukup penasaran dengan mode Street Photography. Dengan mode ini, memungkinkan kamu menggunakan smartphone ini untuk mengambil foto yang lebih dramatis dan memiliki cerita dibelakangnya.  

realme mengatakan, Mode Street Photography dihadirkan agar meningkatkan cara pengguna dalam memotret keadaan sekitar. Sembari mengajak pengguna realme GT Neo2 bercerita melalui foto yang mereka potret.

Mode ini khusus dikembangkan dari awal dengan memasukkan fitur-fitur seperti DIS Snapshot, Fokus Instan, dan Zoom Cepat guna menghadirkan pengalaman street photography dalam genggaman smartphone.

Setelah menguji kameranya, kami rasa foto yang dihasilkan cenderung tajam dan cukup kaya warna. Akan tetapi, pada kamera selfie nya masih sedikit kurang natural, terutama pada mode portrait. Mungkin seiring waktu pihak realme akan menyajikan update OTA untuk menyempurnakan fitur di kamera depan ini.

Performa

Review realme GT Neo2 masuk ke bagian performa. realme GT Neo2 ditopang oleh chipset Snapdragon 870 5G dengan dukungan RAM sebesar 12GB yang bisa diperluas melalui virtual RAM hingga 7GB lagi. Selain itu, hadir pula penyimpanan internal sebesar 256GB bertipe USF 3.1. 

Smartphone ini juga ditopang oleh fitur GT Mode 2.0 yang lebih ditingkatkan fungsi nya. GT Mode 2.0 dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman bermain game dengan memberikan tenaga besar pada kinerja CPU dan kecepatan touch sampling.

Pada review realme GT Neo2 kali ini, kami mengujinya dengan memainkan game yang sedang populer yakni Pokemon Unite dan juga PUBG Mobile. Kami juga menguji smartphone ini menggunakan software PC Mark. Berikut hasilnya

Pada aplikasi PC Mark, smartphone ini berhasil meraih skor 14649. Sedangkan untuk performa gamingnya sendiri, untuk Pokemon Unite smartphone ini berhasil menyuguhkan setingan grafis Highest dan frame rate High. Sementara untuk PUBG, smartphone ini mampu menampilkan setingan grafis Ultra HD dengan frame rate Ultra.

Fitur Unggulan

realme GT Neo2 menggunakan Stainless Steel Vapour Cooling Plus yang berfungsi untuk meredam hawa panas yang ditimbulkan.

Menggunakan pelat VC stainless steel berukuran besar 4129mm² yang dirakit ke dalam struktur pendingin 8 lapis serta terdapat diamond thermal gel pada CPU untuk memastikan kontrol suhu dan kecepatan pembuangan panas pada realme GT Neo2 efektif dan efisien. Fitur ini bisa menurunkan hingga 18°C suhu pada CPU dengan 20% tingkat efisiensi lebih tinggi.

realme GT Neo2 merupakan smartphone pertama realme yang menggunakan bahan diamond gel sebagai lapisan peredam panas. Smartphone ini mengadopsi partikel berlian berukuran 40-50um untuk membuat gel, sehingga dapat mempercepat proses pendinginan.

Dengan begitu, pengguna dijamin tidak akan mengalami frame drop akibat suhu ponsel yang terlalu panas saat bermain game. Fitur ini juga memungkinkan pengguna bisa mengisi ulang baterai smartphone sembari bermain game dan tidak akan meningkatkan suhu yang berlebihan.

Baterai

Smartphone ini menggunakan baterai yang punya kapasitas cukup besar yakni mencapai 5000mAh. Dengan kapasitas besar ini diklaim mampu mendengarkan musik hingga 88 jam pemakaian. Selain itu, realme GT Neo2 juga ditopang oleh sistem pengisian daya cepat 65W SuperDart Charge. 

REVIEW REALME gt nEO2

Untuk menguji daya tahan baterainya, kami menggunakan PC Mark battery test. Kami mulai mengujinya dengan kondisi smartphone ini sudah masuk ke mode GT yang tentunya akan mengonsumsi daya baterai lebih banyak. Hasilnya, setelah ‘disiksa’ oleh software ini baterai realme GT Neo2 mampu bertahan hingga 16 jam 35 menit.

Kesimpulan

Review realme GT Neo2 masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami, smartphone ini memiliki performa yang gahar dan bisa dikatakan sebagai flagship 5G paling disruptive di harga Rp 6 jutaan. Ditopang oleh prosesor kelas flagship dan 8 lapisan pendingin menggunakan gel berlian, ditambah dengan panel Amoled E4, 120Hz refresh rate dan 600Hz touch sampling rate serta mode GT yang tentu akan meningkatkan performa smartphone ini saat diajak bermain game.

Keluaran audio juga sudah stereo, kamera selfie sebesar 16MP dan dukungan pengecasan cepat 65W patut dijadikan nilai tambah dalam pertimbangan membeli smartphone flagship menuju pergantian tahun ini. 

Harga realme GT Neo2

realme GT Neo2 hadir dengan dua pilihan warna yakni Neo Green dan Neo Blue. Untuk harga realme GT Neo2 dibanderol Rp6.499.000 untuk varian RAM 12GB dan ROM 256GB.

Pre-order akan dilakukan mulai 4-12 November 2021 di Shopee, akulaku dan realme.com. Anda juga bisa mendapatkan bonus realme Buds Q2 Kuota Indosat 180GB.

REVIEW OVERVIEW

Desain
Layar
Kamera
Dapur Pacu
Baterai
Fitur Unggulan

SUMMARY

Review realme GT Neo2 masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami, smartphone ini memiliki performa yang gahar dan bisa dikatakan sebagai flagship 5G paling disruptive di harga Rp 6 jutaan. Ditopang oleh prosesor kelas flagship dan 8 lapisan pendingin menggunakan gel berlian, ditambah dengan panel Amoled E4, 120Hz refresh rate dan 600Hz touch sampling rate serta mode GT yang tentu akan meningkatkan performa smartphone ini saat diajak bermain game.
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi