Thursday, May 30, 2024
BerandaReviewReview Samsung Galaxy Watch6 : Kelebihan & Kekurangan

Review Samsung Galaxy Watch6 : Kelebihan & Kekurangan

Techdaily.id – Jika kamu sedang mencari ulasan mengenai review Samsung Galaxy Watch6, maka kamu mengunjungi situs yang tepat. Pasalnya, disini kami akan menghadirkan ulasan yang cukup dalam mengenai smartwatch yang satu ini.

Seperti diketahui, Samsung meluncurkan Galaxy Watch6 bersamaan dengan peluncuran dua ponsel lipat mereka yakni Galaxy Z Fold5 dan Galaxy Z Flip5. Meski begitu, tak lantas bikin Galaxy Watch6 luput dari perhatian. 

Suksesor Galaxy Watch5 ini sendiri hadir dengan sederet pembaruan ketimbang versi sebelumnya. Nah, buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk membeli perangkat ini, berikut kami hadirkan review Samsung Galaxy Watch6.

Review Samsung Galaxy Watch6

Desain & Layar

Secara tampilan, smartwatch ini memang terlihat mirip seperti pendahulunya. Namun saat diamati seksama ada beberapa perubahan tipis yang dilakukan Samsung.

Frame yang mengapit bodi jam ini dibuat sejajar dengan layar. Sebelumnya frame dibikin lebih rendah dari layar. Bodi Galaxy Watch 6 terlihat lebih tipis dari sebelumnya. Saat dikenakan bobotnya terasa lebih ringan dari Watch 5, bikin menggunakannya saat tidur tetap nyaman.

Perangkat ini memiliki frame logam silver yang memberikan kesan premium, frame tadi dipadukan dengan tali silikon dan bikin kami cukup nyaman menggunakannya selama seharian. Sekadar informasi, Samsung juga menyediakan banyak strap baru, mulai berbahan fabric hingga stainless steel.

Masih berhubungan dengan strap, Samsung juga memudahkan pengguna dalam memasang strap. Cukup tekan tombol di tali jam, proses pemasangan hanya butuh beberapa detik saja.

Beralih ke bagian layar, smartwatch ini menggunakan panel Super AMOLED resolusi 480 x 480 pixel yang menampilkan gambar sangat cerah dan tajam. Bentangan layar berukuran 1,5 inch, pendahulunya 1,4 inch.

Samsung juga mengurangi ukuran bezel sebesar 30% yang menjadikan layar lebih besar meski punya ukuran yang masih sama dengan seri Watch5. 

Selain itu, terdapat pula peningkatan kecerahan dari 1.000 nits menjadi 2.000 nits yang berguna saat menggunakan Watch 6 di luar ruangan sehingga informasi di layar masih tetap jelas terbaca bahkan saat di bawah terik Matahari.

Seperti sebelumnya kita hanya perlu menggeser layar ke bawah, atas, kanan dan kiri untuk melakukan navigasi. Hanya saja, kami merasa layar smartwatch ini lebih responsif ketimbang seri sebelumnya. Kami bahkan sempat membalas chat dari layar Galaxy Watch6 dan kami merasakan minimnya touch delay dari layar smartwatch ini.

BACA JUGA
Baterai Samsung Kantongi Sertifikasi Safety Korea, Diduga Ditujukan untuk Galaxy Z Fold 6

Sensor, IP Rating & Tombol Fisik

Pengguna tak perlu khawatir menggunakan jam pintar ini saat beraktivitas di air maupun olahraga. Pasalnya Watch 6 sudah mengantongi IP68 yang artinya tahan terhadap air dan debu, serta standard militer MIL-STD-810G.

Watch 6 memiliki dua tombol fisik di sisi kanannya. Fungsinya tak sekadar navigasi, tombol tersebut digunakan untuk membaca komposisi tubuh, menjeda latihan, atau mematikan jam ini secara manual.

Di bagian bawah kedua jam tangan terdapat Samsung BioActive Sensor, yang memantau detak jantung dan tingkat oksigen darah.

Ada detail menarik yang diberikan Samsung dan patut apresiasi. Watch 6 mampu mengenali gerakan pergelangan tangan.

Jadi saat tangan mengarah ke bawah, layar tidak menyala meski pergelangan digerakkan. Layar baru menyala ketika pergelangan tangan diangkat dan mengarahkan ke pengguna.

Fitur Baru : Sleep Monitoring & Sleep Coaching

Kami sudah menghadirkan pembahasan yang lebih mendalam terkait hal ini dengan tajuk “Pentingnya Tidur Nyenyak dan Bagaimana Fitur Unggulan Galaxy Watch6 Bantu Mencapainya!” Nah, pada artikel review kali ini kami benar-benar merasakan manfaat dari fitur baru tersebut.

Salah satu fitur paling disorot Samsung pada Galaxy Watch6 adalah pemantauan kualitas tidur pengguna. Raksasa teknologi asal Korsel ini beralasan kualitas tidur penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental sehingga aktivitas tetap maksimal.

Karena itu kini Galaxy Watch6 dibekali analisis Sleep Score Factor yang lebih komprehensif mengumpulkan waktu tidur, siklus tidur, waktu bangun, suhu kulit ditambah data pemulihan fisik dan mental untuk membantu pengguna memahami kualitas tidur.

Setiap pagi, kita dapat melihat statistik tidur lewat layar Galaxy Watch6. Informasi yang ditampilkan mulai dari berapa durasi REM, tidur nyenyak dan ringan.

Setelah seminggu penggunaan, jam akan memberikan ikon hewan yang paling mewakili perilaku tidur. Terkait hal tersebut, kami mendapatkan ikon penguin yang artinya “Sleeps sporadically only for 3.5 hours a day, and they’re always nervous.”

BACA JUGA
Galaxy A35 5G Nongol di Google Play Console, Ini Desain dan Spek yang Terungkap

Namun tak terbatas itu, setelah mendapatkan ikon hewan, Samsung memberikan Sleep Coaching untuk bantu pengguna mendapatkan tidur yang lebih berkualitas lagi. Tips yang diberikan Sleep Coaching ditampilkan pada aplikasi Samsung Health di HP.

Camera Shutter for Galaxy Z Flip5

Selain bisa memantau kualitas tidur pengguna, kini Samsung Galaxy Watch6 juga bisa digunakan sebagai remote shutter untuk mode kamera di Galaxy Z Flip5. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya tinggal mengkoneksikan perangkat watch6 dengan Galaxy Z Flip5. Kemudian, kamu tinggal membuka mode kamera di ponsel lipat tersebut. 

Review Samsung Galaxy Watch6

Nantinya, di Galaxy Watch6 akan muncul logo kamera dan kamu hanya tinggal menekan logo tersebut untuk menjadikan smartwatch ini sebagai remote control. Dengan hadirnya fitur ini, kamu jadi lebih mudah dalam mengabadikan momen di manapun dan kapanpun.

Fitur Kebugaran

Samsung Watch 6 memberikan fitur pemantauan kesehatan yang bermanfaat bagi pengguna. Jam tangan ini dapat mendeteksi denyut jantung tidak teratur atau atrial fibrillation (AFib), serta memberikan peringatan jika denyut jantung terlalu tinggi atau rendah. Tekanan darah dan kadar oksigen dalam darah dapat dipantau menggunakan sensor optik di bagian belakang.

Seperti model tahun lalu, Ada fitur pemindaian komposisi tubuh, mulai dari otot rangka hingga Body Mass Index (BMI). Hasilnya sangat akurat yang membuatnya berguna bagi siapa saja yang ingin membuat perubahan serius pada gaya hidup mereka.

Untuk kebugaran, Galaxy Watch 6 dapat mengenali lebih dari 100 jenis olahraga secara otomatis.

Praktis karena tak perlu menekan tombol apapun pada jam, data yang disajikan lengkap seperti jarak, kecepatan, kalori, dan denyut jantung. Kita juga dapat membuat latihan sesuai keinginan dengan menggunakan fitur Custom Workout. Kita dapat menentukan durasi, intensitas, dan tujuan dari setiap tahap latihan.

Dapur Pacu

Sebagai otak dari smartwatch ini, Samsung mengandalkan chipset Exynos W930 yang dibuat khusus untuk jam tangan pintar. Chipset ini diklaim lebih cepat dan hemat daya daripada generasi sebelumnya. Jam tangan ini juga dilengkapi dengan RAM sebesar 2GB dan penyimpanan internal sebesar 16GB. Dengan spesifikasi tersebut, jam tangan ini menjalankan aplikasi dengan lancar tanpa lag atau hambatan.

BACA JUGA
Desain Kekinian Harga Terjangkau, Ini Daya Tarik A34 5G Awesome Lime !

Galaxy Watch 6 menjalankan sistem operasi One UI Watch 5 berbasis Wear OS3, yang merupakan hasil kerjasama antara Samsung dan Google. Sistem operasi ini menawarkan antarmuka yang intuitif dan responsif, dengan dukungan untuk berbagai aplikasi dari Google Play Store.

Daya Tahan

Beralih ke baterai, jam tangan ini memiliki kapasitas 425mAh. Samsung mengklaim baterai tersebut dapat bertahan hingga dua hari dengan penggunaan normal. Untuk mengujinya, kami menggunakan mode Always-on-Display dan mode normal.

Pada mode AOD, kami mendapati smartwatch ini hanya bertahan kurang dari 24 jam. Namun, ketika menggunakan mode normal, daya tahannya bisa meningkat hingga sekitar 40 jam. Menurut kami, ini bukan daya tahan terbaik yang bisa diberikan oleh sebuah smartwatch. 

Samsung Galaxy Watch6

Namun, Samsung mencoba menutupi kekurangan ini dengan memberikan pengisian cepat pada Galaxy Watch6 sehingga pengguna hanya memerlukan waktu kurang dari satu jam untuk mengisi ulang daya baterai nya. 

Kesimpulan

Menurut kami, Samsung Galaxy Watch6 bisa menjadi alternatif yang sangat menarik buat kamu pengguna android yang ingin mencari smartwatch baru berkat segudang fitur kesehatan dan Sleep Coaching yang ada di dalamnya. 

Namun, kamu perlu berpikir ulang untuk menggunakannya apabila kamu seorang pengguna perangkat iOS lantaran Galaxy Watch6 tidak bisa terhubung ke iPhone. 

Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy Watch6

Kami menyadari pada setiap perangkat tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tak terkecuali dengan Samsung Galaxy Watch6 ini. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

-Fitur Sleep Coaching & Sleep Monitoring

-Layar Lebih Luas berkat bezel yang dipangkas

-Adanya Fast Charging

-Sensor yang lebih akurat

Kekurangan

-Daya tahan baterai masih belum sekuat smartwatch lain

-Tidak bisa terkoneksi dengan perangkat iPhone

-Camera Controller masih hanya tersedia untuk smartphone Samsung Galaxy saja. 

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Sensor, IP Rating & Tombol Fisik
Fitur Unggulan
Baterai
Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi

Techdaily.id - Jika kamu sedang mencari ulasan mengenai review Samsung Galaxy Watch6, maka kamu mengunjungi situs yang tepat. Pasalnya, disini kami akan menghadirkan ulasan yang cukup dalam mengenai smartwatch yang satu ini. Seperti diketahui, Samsung meluncurkan Galaxy Watch6 bersamaan dengan peluncuran dua ponsel lipat mereka...Review Samsung Galaxy Watch6 : Kelebihan & Kekurangan