Tuesday, May 17, 2022
BerandaGadgetTipsTips Jaga Kesehatan Mental, Biar Gak Anxiety di Masa Pandemi

Tips Jaga Kesehatan Mental, Biar Gak Anxiety di Masa Pandemi

Techdaily.id – Menjaga kesehatan mental sangat penting di era pandemi ini. Berkat kemajuan teknologi sekarang menjaga kesehatan mental sudah tidak sulit lagi dan bahkan kamu bisa memonitoringnya. Begini tips jaga kesehatan mental.

BACA JUGA
IndiHome Kerja Sama dengan Netflix, Tawarkan Paket Bundling

Guna menjaga kesehatan mental, sebenarnya kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana. Dengan melakukan perubahan tersebut, kamu bisa mengubah semua aspek kehidupan.

Karena, dengan menjaga kesehatan mental, kamu merasakann beberapa efek seperti suasa hati yang membaik, membangun ketahanan, dan membantu menikmati hidup secara keseluruhan.

BACA JUGA
Private System di ColorOS 11, Bikin HP Kamu Makin Aman!

Tips Jaga Kesehatan Mental

1. Katakan Hal Positif pada Diri Sendiri
Dikutip dari Halodoc, penelitian menunjukkan cara kamu berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan. Saat kamu memandang diri dan hidup secara negatif, maka kita juga merasakan efek negatif. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka kamu lebih optimis.

2. Fokus pada Satu Hal
Fokus pada tujuan mampu melepaskan emosi negatif atau sulit dari pengalaman masa lalu yang membenani. Mulailah dengan membawa kesedaran bahkan untuk hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang.

3. Olahraga
Tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kamu sebelum dan sesudah berolahraga. Itulah sebabnya olahraga adalah cara penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh.

Carilah cara-cara kecil untuk menambah aktivitas olahraga, seperti naik tangga, atau jalan kaki ke tempat yang dekat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, dan coba melakukannya di luar ruangan. Karena, paparan sinar matahari juga membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang meningkatkan tingkat serotonin di otak.

fitur fitness galaxy watch4

Olahraga sekarang juga semakin mudah dengan bantuan jam tangan pintar Galaxy Watch4. Karena, Samsung Galaxy Watch4 mempunyai fitur yang dapat membantu untuk memantau kegiatan olahraga kamu.

Kamu bisa melacak aktivitas dan skor kebugaran di jam tangan dan ponsel. Hitung langkah, periksa kalori, dan tetap waspada dengan GPS. Galaxy Watch4 mendeteksi aktivitas fisik untuk melacak rutinitas Anda dan mendukung lebih dari 90 latihan untuk laporan latihan Anda yang lebih akurat.

4. Istirahat
Pada saat-saat semua pekerjaan terasa seperti terlalu banyak, menjauhlah, dan lakukan apa pun kecuali hal yang membuat kamu semakin stres, setidaknya sampai kamu merasa sedikit lebih baik. Terkadang hal terbaik untuk dilakukan adalah latihan pernapasan sederhana.

Tutup mata dan ambil 10 tarikan napas dalam-dalam. Untuk masing-masing tarikan napas, hitung sampai empat saat menarik napas, tahan selama empat hitungan, dan buang napas untuk empat hitungan. Hal ini bekerja baik untuk membantu kamu melawan stres.

Kamu juga bisa dibantu berisitirahat dengan mengaktifkan jam tangan pintar ke ambience mode. Ambience mode hanya menampilkan mode wajah sekitar malam sepanjang waktu. Dibandingkan gambar penuh dari tampilan jam.

5. Tidur Tepat Waktu
Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Coba tidur pada waktu yang teratur setiap hari. Hindari bermain gadget sebelum waktu tidur dan membatasi minuman berkafein untuk pagi hari.

Kamu bisa memanfaatkan fitur Sleep Analysis di Galaxy Watch dari waktu ke waktu. Fungsi andalan Sleep Analysis seperti data pola bernapas, pola dengkuran, hingga kadar oksigen saat tidur, membantu menilai seberapa baik kualitas tidur kamu. Dari data itu, kamu bisa mendapatkan insights berharga yang memudahkan kamu untuk menciptakan tidur yang semakin nyenyak, cukup, dan teratur.

Simbol Sleep Coaching

Namun di Galaxy Watch4, fitur andalan ini sudah di-upgrade dengan banyak fitur terobosan terbaru yang tentunya lebih beragam dan menarik. Selain fitur Sleep Analysis, Galaxy Watch4 hadir dengan fitur penunjang istirahat terbaru yaitu Sleep Coaching yang akan membantu kamu menjalankan kebiasaan tidur yang lebih baik.

Sleep Coach akan melacak pola tidur kamu selama 7 hari sehingga Sleep Symbol Animals dapat diberikan kepada profil tidurmu, berupa satu dari delapan icon binatang yang masing-masing menandakan pola tidur kamu. Contohnya, Lion menandakan kualitas tidur baik sehingga bangun pagi menjadi lebih semangat, atau Penguin yang menandakan bahwa kualitas tidur kurang nyenyak yang menghasilkan perasaan grogi saat bangun.

Untuk menyesuaikan dengan preferensi kamu, Galaxy Watch4 tersedia dalam ukuran 40mm dan 44mm. Perangkat ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2.999.000,- dengan opsi warna Black dan Pink Gold. Sedangkan untuk versi LTE nya dibanderol dengan harga Rp 3.999.000 dan tersedia dengan warna Pink Gold.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi