Thursday, January 20, 2022
spot_img
BerandaGadgetTipsTips Menghemat Storage OPPO A16, Gak Perlu Beli MicroSD

Tips Menghemat Storage OPPO A16, Gak Perlu Beli MicroSD

Techdaily.id – OPPO A16 hadir dengan memori internal yang tidak seluas smartphone Reno maupun seri A lainnya. Maklum, HP ini memang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Namun, ada beberapa tips menghemat storage OPPO A16 yang bisa kamu coba loh.

BACA JUGA
OPPO A95 Siap Meluncur di Pasar Indonesia

OPPO A16 memang memiliki memori yang terbatas. Saat dijual pertama kali, perangkat ini dijual dengan memori RAM sebesar 3GB dan ROM 32GB. Akan tetapi, terdapat beberapa cara untuk menghemat penyimpanan internal di smartphone ini.

Sejatinya, kamu bisa menambah jumlah penyimpanan melalui Micro SD. Namun, jika kamu tidak mau merogoh kocek tambahan untuk membeli MicorSD, mungkin tips dari kami di bawah ini bisa mengatasi permasalahan memori kamu.

Tips Menghemat Storage OPPO A16

BACA JUGA
5 HP 5G OPPO Terbaik November 2021

Di bawah ini merupakan beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghemat memori penyimpanan di OPPO A16 tanpa perlu merogoh kocek untuk keluar uang tambahan.

Instal Aplikasi Seperlunya

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menginstal aplikasi yang memang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas kamu. Sebagai contoh, jika kamu butuh aplikasi untuk mendesain foto, kamu bisa mengakses situs web Canva tanpa perlu menginstal aplikasinya di OPPO A16 kamu.

Aktifkan Heytap Cloud

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur penyimpanan awan milik OPPO yakni Heytap Cloud. Fitur ini merupakan fitur penyimpanan cerdas untuk data dan file yang ada.

tips menghemat storage OPPO A16

Semua file bisa disimpan, mulai dari foto kontak, dan informasi lainnya bisa disimpan dengan aman di penyimpanan cloud milik Heytap dengan fitur perlindungan data. 

Selain itu, HeyTap Cloud memungkinkan pengguna untuk mengelola data dengan mudah. Pengguna dapat dengan cepat mengembalikan data tersebut dari penyimpanan HeyTap Cloud ke ponsel ketika terjadi kehilangan perangkat secara tidak sengaja atau ketika ingin mengganti ponsel OPPO yang baru.

Gunakan Google Photo

Selain Heytap Cloud, kamu juga bisa memanfaatkan Google Photo untuk menyimpan berbagai foto yang dihasilkan dari kamera OPPO A16. Dengan menyingkronkan ponsel dan akun Google Photo, maka setiap foto yang ada di ponsel kamu akan secara otomatis tersimpan di server Google.

Dengan begitu, kamu bisa lebih leluasa dalam menghapus foto di penyimpanan internal OPPO A16 kamu.

Pastikan Foto Terhapus Dengan Benar

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penyimpanan internal di ponsel kamu adalah dengan memastikan foto benar-benar terhapus dari ponsel.

Biasanya, pada OPPO A16 foto-foto yang terhapus sejatinya tersimpan di  folder ‘recently deleted’. Foto tersebut akan otomatis terhapus selamanya dalam kurun waktu 30 hari setelah kamu menghapusnya dari galeri. Namun, jika ingin segera menghemat memori, kamu bisa langsung menghapus folder ‘recently deleted’ tersebut.

Manfaatkan Fitur Clean Up Memory

tips menghemat storage OPPO A16

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Clean Up Memory di OPPO A16. Fitur ini akan menghapus foto dan file-file sampah yang tidak dibutuhkan lagi namun masih tersimpan pada ponsel ini.

Untuk mengaksesnya, kamu hanya perlu masuk ke pengaturan > Penyimpanan > dan pilih Clean Storage. 

Nah, itu dia beberapa tips menghemat Storage OPPO A16 yang bisa kamu coba. Dengan begitu, kamu bisa menghemat uang untuk membeli MicroSD kan. 

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi