Wednesday, September 22, 2021
BerandaGadgetTipsTips Merawat Laptop Touchscreen Agar Tetap Awet  

Tips Merawat Laptop Touchscreen Agar Tetap Awet  

Techdaily.id – Laptop canggih dengan layar sentuh atau touchscreen merupakan salah satu jenis laptop pilihan bagi beberapa pengguna. Sebab, layar sentuh pada laptop akan membantu kegiatan pengguna sehari-hari dalam menyelesaikan setiap tugas atau pekerjaanya. Akan tetapi, dibutuhkan tips merawat laptop touchscreen yang tepat agar fungsi dari laptop tersebut tetap terjaga.

BACA JUGA
Aplikasi Makmur, Pilihan Aplikasi Reksadana Untuk Para Milenial

Sejalan dengan berkembangnya teknologi ini, laptop touchscreen seringkali mengalami kerusakan baik secara hardware maupun software. Misalnya, layar sentuh yang sering error, macet, bahkan tidak mau bergerak karena kurangnya sensitivitas pada layar. Hal ini tentu akan membuat sebagian besar pengguna kesal, dan merasa kurang nyaman dalam melakukan pekerjaan pada laptop mereka. Sekadar informasi, salah satu laptop yang memiliki fungsi touchscreen adalah Asus ZenBook Duo 14.

Nah, jika kamu memiliki salah satu dari laptop layar sentuh ini, berikut akan kami bagikan tips merawat laptop touchscreen agar tetap awet. Simak tulisan dibawah ini!

Gunakan Kain Microfiber untuk Bersihkan Debu

Kamu bisa membersihkan layar sentuh pada laptop menggunakan kain microfiber yang terbuat dari serat halus dengan perpaduan teknologi microfiber yang umumnya merupakan campuran dari 20% nylon dan 80% polyester. Kain ini sengaja dirancang untuk membersihkan layar tanpa merusak atau menyebabkan goresan pada layar sentuh, sehingga aman untuk kamu gunakan.

Selanjutnya, pastikan bahwa laptop kamu sudah benar-benar mati. Kemudian, bersihkan layar sentuh dengan perlahan namun pasti. Hindari menekan layar sentuh terlalu keras. Sebab, hal tersebut dapat membuat layar laptop kamu lambat laun menjadi rusak.

Ambil Cairan Pembersih untuk Bersihkan Noda Bandel

Jika setelah dibersihkan layar tetap menunjukan noda membandel yang sulit untuk dihilangkan, ini artinya kamu membutuhkan bantuan alat pembersih berjenis air atau cairan khusus untuk membersihkan layar. Terlebih lagi, cairan pembersih laptop bisa dengan mudah kamu temui di toko aksesoris laptop atau berbagai platform ecommerce.

Caranya, ambil kain microfiber yang kering, kemudian semprot kain tersebut dengan cairan pembersih layar hingga terasa lembab. Usapkan secara perlahan pada layar, ulangi proses ini hingga layar sentuh laptopmu benar-benar bersih, dan diamkan selama kurang lebih 1 jam atau hingga layar benar-benar kering.

Lengkapi dengan Pelindung Anti Gores

Jika semua langkah sudah dilakukan, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk kamu mempertimbangkan menggunakan pelindung layar antigores. Sebab, hal ini akan memudahkan kamu saat membersihkannya menggunakan kain microfiber. Selain itu, kamu juga dapat mengganti pelindung anti gores secara berkala jika dirasa sudah terlalu kotor dan mengganggu pemandangan.

Berikut tips yang bisa kami sampaikan. Pastikan untuk menjaga kesehatan laptop kamu secara berkala dengan membersihkannya secara rutin, ya!

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi