Monday, August 8, 2022
BerandaEnterpriseTelcoSetelah PON Papua, Ini Kota yang Disambagi 5G Telkomsel !

Setelah PON Papua, Ini Kota yang Disambagi 5G Telkomsel !

Techdaily.id – Telkomsel merupakan operator seluler pertama yang menggelar layanan 5G di Indonesia. Pada awal kemunculannya, layanan 5G Telkomsel bisa menyentuh kecepatan unduh hingga 600 Mbps dengan tingkat latency yang sangat rendah.

BACA JUGA
Internet 4G Telkomsel Bikin Kamu Makin Tech Savvy

Kini, Telkomsel melanjutkan komitmen mereka dalam menghadirkan akses pengalaman jaringan 5G secara bertahap dan terukur agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat hingga ke wilayah timur Indonesia.

Meneruskan konsistensi dalam implementasi komitmen tersebut, Telkomsel menggelar jaringan 5G di Papua untuk pertama kalinya sekaligus untuk menghadirkan pengalaman digital teknologi terbaru dalam momentum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Selama perhelatan olahraga nasional tersebut berlangsung, masyarakat serta pengunjung dapat menikmati pengalaman digital menggunakan jaringan 5G melalui gelaran showcase ‘Telkomsel 5G Experience Center’ yang berada di kawasan Stadion Lukas Enembe, Papua.

Selama periode persiapan gelaran jaringan 5G di Papua, Telkomsel sendiri telah melakukan uji kecepatan jaringan internet mobile generasi kelima ini di Lukas Enembe, Kota Jayapura dan mencatatkan kecepatan download hingga 1Gbps dengan latensi 8ms.

BACA JUGA
Kenalan Dengan Aplikasi Fita, Aplikasi Healthcare Terbaru Bentukan Telkomsel

Sejumlah use case yang didukung teknologi internet terbaru ini juga dihadirkan bagi masyarakat Papua dan para pengunjung yang ingin merasakan pengalaman 5G, di antaranya 5G virtual reality (VR) live yang menghadirkan momen virtual kondisi secara langsung di dalam stadion, 5G VR based drone untuk melihat seluruh area stadion, hingga 5G VR Tourism yang menyajikan konten edukasi kekayaan alam dan budaya Papua dengan pengalaman digital yang berbeda.

5G Telkomsel

Tidak hanya berhenti pada di PON Papua, penyebaran layanan 5G Telkomsel juga akan hadir di kota-kota lain di Indonesia.

“Sebetulnya kita lebih menyesuaikan dengan demand masyarakat, jadi ketika kita melakukan implementasi di daerah tertentu, kita melihat jumlah perangkat 5G nya baru kita implementasikan disitu,” ujar Indra Mardiatna, VP Technology Strategy saat dihubungi oleh tim Techdaily (19/10).

Indra juga menambahkan, selain dari permintaan pelanggan Telkomsel juga melihat beberapa aspek untuk menggelar layanan 5G di suatu wilayah di Indonesia.

“Jadi kita ada semacam tools dan analisis untuk melihat Point of Interest yang kita harus implementasikan, terutama juga masyarakatnya ready dan lain sebagainya. Pertama demand, kemudian jumlah headset 5G, kemudian ada beberapa macam parameter lagi yang menjadi kriteria.”

5G Telkomsel Juga Sambangi Kota Pahlawan

Berbicara mengenai proyeksi akhir tahun, Telkomsel berencana untuk menghadirkan layanan internet mobile generasi kelima ini di beberapa kota lagi di Indonesia. Tercatat, terdapat dua kota di pulau Jawa yang masuk ke dalam rencana 5G mereka.

“Sampai akhir tahun di Bandung dan Surabaya mungkin akan ada plan untuk penambahan ringan untuk 5G,” ungkap Akhmad Madces, VP RAN Engineering and Project Telkomsel.

Tidak lupa, Telkomsel juga menyiapkan layanan terbaru mereka ini untuk menyambut event tahunan G20 yang rencana nya akan dihelat pada November 2022.

“Kita persiapkan event G20 yang akan digelar tahun depan, tapi persiapannya sudah dilakukan di tahun ini. Intinya kita mendukung program pemerintah dan kita ingin memperlihatkan kalau kita tidak ketinggalan dari negara lain,” sambung Akhmad.

Buat kamu yang penasaran apakah di wilayah mu sudah tersedia jaringan 5G ini, kamu bisa cek di link berikut.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi