Thursday, December 7, 2023
BerandaGadgetApa Itu Flex Hinge? Teknologi Terbaru Di HP Lipat Samsung

Apa Itu Flex Hinge? Teknologi Terbaru Di HP Lipat Samsung

Techdaily.id – Samsung belum lama ini meluncurkan dua perangkat foldable terbaru mereka yakni Galaxy Z Flip5 dan Fold5. Kedua smartphone tersebut kini diperkuat oleh Flex Hinge. Sebenarnya, apa itu Flex Hinge? Cari tahu lebih banyak terkait teknologi tersebut disini.

Apa Itu Flex Hinge

Waterdrop Hinge (Flex Hinge) adalah sebuah terobosan inovatif yang signifikan dalam dunia desain smartphone lipat. Ketika pengguna melipat ponsel lipat mereka, engselnya membentuk celah ramping yang menyerupai tetesan air atau air mata, mengatasi masalah celah yang agak mengganggu yang biasanya muncul pada engsel sebelumnya.

Tidak hanya meningkatkan daya tarik estetika ponsel, Flex Hinge juga meningkatkan daya tahan perangkat tersebut. Ini melindungi komponen internal dan layar lipat dari penggunaan sehari-hari. Berbeda dengan engsel sumbu tunggal biasa, Waterdrop Hinge memiliki kemampuan lentur ke berbagai dimensi, memberikan penampilan ramping pada ponsel.

apa itu flex hinge

Namun demikian, inovasi Flex Hinge tidak hanya sampai di situ. Engsel ini juga berhasil mengatasi masalah celah yang sering terjadi pada engsel berbentuk ‘U’, yang dapat memungkinkan debu dan serpihan masuk dan merusak tampilan internal. Engsel baru ini menawarkan desain yang mulus dan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi perangkat.

BACA JUGA
Galaxy S24 Ultra Menggunakan Sensor Kamera ISOCELL HP2SX 200MP Baru

Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 memiliki desain yang lebih ramping dibandingkan pendahulunya, sehingga perangkat ini lebih kompak dan mudah dibawa. Desain engsel juga memungkinkan perangkat untuk diletakkan datar dan memberikan pegangan yang aman pada rentang sudut 75 hingga 115 derajat. 

Ketika dibuka sepenuhnya, ponsel ini memberikan sudut pandang standar antara 178,5 hingga 181,5 derajat. Meskipun aksesori pihak ketiga mungkin mempengaruhi jangkauan gerakan, penanganan yang hati-hati dapat mencegah masalah apa pun.

apa itu flex hinge

Flex Hinge juga memberikan kemampuan untuk mengatur sudut perangkat lipat Samsung pada berbagai posisi, membuka peluang untuk menjelajahi aplikasi dan fitur perangkat lunak baru.

Menurut pernyataan dari Samsung, pengguna mungkin akan merasakan sedikit kelonggaran saat membuka dan menutup perangkat, serta kadang-kadang dapat mendengar atau merasakan suara selama penggunaan. 

Namun, karakteristik ini bukanlah cacat melainkan fitur bawaan dari pergerakan yang lebih baik dan lebih halus yang mungkin terjadi berkat adanya desain engsel baru ini.

Kelebihan Flex Hinge

Setelah mengetahui apa itu Flex Hinge, kini saatnya kita membahas mengenai kelebihan Flex Hinge. 

BACA JUGA
Bikin Konten TikTok Super HD Pakai Galaxy S22 5G dan S22+ 5G, Bisa Langsung Masuk FYP!

Menjadikan Desain Smartphone Lebih Ramping
Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 menampilkan desain yang lebih ramping dan lebih portabel, berkat teknologi engsel baru. Z Flip5 lebih tipis dari Z Flip4, berukuran 15,1mm saat dilipat (vs. 17,1mm untuk Flip4). Demikian pula, Z Fold5 lebih ramping dari Z Fold4, dengan ketebalan lipatan 13,4mm (vs. 15,8mm untuk Fold4). Engsel yang diperbarui berkontribusi pada faktor bentuk yang lebih ringkas dan nyaman untuk kedua perangkat.

Meminimalisir Celah Ketika Dilipat
Teknologi engsel baru memungkinkan layar menutup sepenuhnya, secara virtual menghilangkan celah antara kedua bagian perangkat.

apa itu flex hinge

Mengurangi Celah Lipatan di Layar
Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 memiliki desain engsel baru yang dapat membuat lipatan pada layarnya tampak sedikit lebih besar dibandingkan model sebelumnya. Namun, kedalaman lipatan berkurang, menghasilkan tampilan yang lebih rata saat layar dibuka.

Cek Kecanggihan Lain Dari Galaxy Z Flip5 di Galaxy Studio

Dengan berakhirnya masa preorder, kamu bisa mendapatkan Galaxy Z Flip5 secara langsung di Galaxy Studio maupun toko daring dan gerai retail terdekat mulai 18 Agustus 2023. Galaxy Z Flip5 hadir dengan harga mulai dari Rp15.999.000.

BACA JUGA
5 HP RAM 8GB 3 Jutaan Terbaik (Januari 2022)

Untuk mendapatkan manfaat dan promo khusus, kamu bisa datang ke Galaxy Studio yang dimulai di Mall Grand Indonesia Jakarta dan Pakuwon Mall Surabaya pada 23-27 Agustus 2023, Pondok Indah Mall 2 Jakarta pada 30 Agustus-3 September 2023, Central Park Mall Jakarta pada 6-10 September 2023, Delipark Mall Medan pada 20-24 September 2023, Botani Square Mall Bogor pada 20-24 September 2023, BEC Mall Bandung pada 27 September-1 Oktober 2023 dengan berbagai pengalaman menarik bernuansa K-Wave yang dapat dirasakan oleh konsumen mulai dari AR Experience area, Immersive Viewing dan Gaming area, Personalization area, serta Mirror Selfie Challenge menggunakan Galaxy Z Flip5 untuk kesempatan mendapatkan hadiah menarik.

Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi