Tuesday, March 5, 2024
BerandaReviewReview Samsung Galaxy A34 5G : Kelebihan & Kekurangan

Review Samsung Galaxy A34 5G : Kelebihan & Kekurangan

Techdaily.id – Bersamaan dengan Galaxy A54 5G, Samsung juga menghadirkan Galaxy A34 5G yang harganya relatif lebih terjangkau. Jika kamu sedang mencari smartphone baru dengan kisaran budget 4-5 jutaan, maka Galaxy A34 5G patut masuk dalam radar. Untuk itu, yuk disimak review Samsung Galaxy A34 5G berikut ini. 

Pasalnya, smartphone mid range dari Samsung ini ditopang oleh spesifikasi unggulan seperti performa anti ngelag untuk yang doyan main game, sampai kamera 48MP yang bisa bikin aktivitas ngonten kamu lebih menyenangkan.

Untuk mengetahui lebih jauh berbagai keistimewaannya, yuk simak ulasan lengkap bertajuk review Samsung Galaxy A34 5G berikut ini.

Review Samsung Galaxy A34 5G

Desain dan layar

Sudah bukan rahasia lagi kalau hampir seluruh Galaxy A Series terbaru menampilkan desain mirip dengan Galaxy S23 Series. Galaxy A34 5G pun seperti itu. Dari belakang sama persis dengan Galaxy A54 5G, termasuk 3 lensa kamera yang disusun vertikal dan menyeruak keluar permukaan.

Lekukan pada tiap sudutnya bikin bentuk Galaxy A34 5G tampak ergonomis. Dengan begitu smartphone ini jadi tidak terlihat kaku, dan masih enak digenggam walaupun bagian belakangnya sedikit licin.

Perbedaannya, back cover Galaxy A34 5G memakai bahan plastik, bukan kaca seperti Galaxy A54 5G. Kaca Gorilla Glass cuma dipasang di layar depan saja, yaitu Gorilla Glass 5. Tapi rating tahan air dan debunya tetap IP67, bisa diajak menyelam hingga kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit.

Di bagian bawah terdapat speaker, port USB type C, dan lubang mikforon. Slot kartu SIM berada di bagian atas bersama dengan lubang mikrofon lainnya. Tombol power dan volume ditempatkan di sisi sebelah kanan. 

Bagian depan tentu didominasi oleh layar. Samsung menggunakan ukuran 6,6 inci dengan panel Super AMOLED yang mampu memberikan warna matang. Yang bikin beda juga, layar Galaxy A34 5G belum memakai desain punch hole seperti A54, melainkan masih waterdrop.

BACA JUGA
Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 4

Resolusinya sama, FHD+ di 1080 x 2340 pixel dengan refresh rate 120 Hz dan kecerahan 1000 nits. Melihat layar di bawah sinar matahari tetap jelas dan tajam. Berkat panel Super AMOLED, Samsung bisa menyembunyikan fingerprint sensor di dalam layar.

Software dan UI

Samsung Galaxy A34 5G sudah menggunakan One UI versi terbaru, yakni One UI 5.1 berbasis Android 13. Sama seperti A54, sistem ini memiliki dua lapis antarmuka yang membedakan tampilan home dengan tampilan aplikasi terinstal.

Samsung membenamkan sejumlah fitur yang sangat bermanfaat untuk kamu penggemar foto, yaitu Object Eraser. Fitur ini dapat menghapus objek yang tidak diinginkan di dalam foto. Nah buat yang ingin merestorasi foto lama supaya jadi lebih tajam dan tidak buram, kamu bisa memakai fitur Photo Remaster.

Kamu juga tidak perlu khawatir soal update, karena Samsung sudah mengonfirmasi Galaxy A34 akan mendapatkan sampai empat kali peningkatan OS Android dan lima tahun pembaruan sistem keamanan. Jadi smartphone ini bisa kamu pakai untuk jangka panjang.

Kamera

Spesifikasi kamera Galaxy A34 5G tidak semewah Galaxy A54 5G. Tapi hasil fotonya tetap patut diberi jempol untuk kelas ponsel mid range. Smartphone ini didukung tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 48MP (kamera utama dengan OIS), 8MP dengan lensa ultra wide, serta 5MP dengan lensa makro. Untuk kamera depannya 13MP.

Ketiga kamera belakang Galaxy A34 5G mampu menghasilkan foto dengan tone warna yang matang khas Samsung, tapi nggak lebay. Kontrasnya bagus, apalagi saat kamu memotret di luar ruangan dengan cahaya berlimpah. Untuk foto-foto pada malam hari pun masih sesuai ekspektasi Techdaily.id, asalkan kondisinya tidak gelap total.

BACA JUGA
Manfaat Fitur RAM Plus, Snapdragon 778G dan Kamera 108MP di Galaxy A73 5G

Kalau nggak percaya, kamu bisa langsung cek beberapa hasil foto Galaxy A34 5G di bawah ini, baik menggunakan kamera utama maupun kamera ultra wide:

Buat kamu yang gemar bikin konten video, kamera Galaxy A34 5G dapat merekam sampai resolusi UHD 4K (3840 x 2160) 30 fps, atau Full HD 1920 x 1080 60 fps. Nggak usah takut gambar goyang saat merekam sambil berjalan, karena ada fitur Super Steady. Untuk kamu yang levelnya sudah expert, Samsung memberikan mode Video Pro yang bisa diatur secara manual seperti ISO, Shutter Speed, Exposure, Focus, dan White Balance.

Performa

Masuk ke bagian performa. Sebagai smartphone mid range, ternyata Galaxy A34 5G dibekali chipset MediaTek Dimensity 1080 5G yang sudah tergolong mumpuni di kelasnya. Chipset ini memiliki dua core Cortex-A78 2.6GHz dan enam core Cortex-A55 2.0GHz.

Mesin pemrosesan grafisnya ialah Arm Mali-G68 dan dilengkapi teknologi game MediaTek HyperEngine untuk memastikan kinerja lancar selama bermain. Terbukti, berkat Dimensity 1080 5G, Galaxy A34 5G nyaman diajak push rank. Selain itu hadir pula dukungan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB. 

Untuk menguji performanya lebih lanjut, kami tidak lupa menjalankan alat uji seperti AnTuTu Benchmark, PCMark, Geekbench 6, dan bermain PUBG Mobile. Berikut hasilnya:

Pada pengujian AnTuTu Benchmark, smartphone ini meraih skor 488307. Sementara pada PCMark hasil ujinya menunjukkan angka 11985. Untuk Geekbench 6, skor single core adalah 1027, sedangkan skor multi core memperoleh 2526.

Game PUBG Mobile dapat kami mainkan dengan mulus tanpa gangguan lag sedikitpun. Setting yang kami aktifkan adalah Smooth dengan frame rate Extreme. Jika kamu ingin grafis yang lebih cakep, bisa juga mengubah setting ke HDR Ultra.

BACA JUGA
Begini Cara Pakai Inovasi Samsung Lipat Terbaru Galaxy Z Fold5 | Z Flip5

Sepanjang permainan Galaxy A34 5G sanggup memberikan performa mulus tanpa lag. Ketika durasi hampir menyentuh 30 menit, peningkatan suhu terasa di bodi ponsel tapi tidak mengganggu kenyamanan.

Baterai

Samsung Galaxy A34 5G ditopang oleh baterai berkapasitas 5000 mAh yang tahan seharian penuh. Kamu nggak perlu khawatir kehabisan baterai sebelum sampai di rumah. Bahkan kalau penggunaannya lebih kasual, baterai ponsel ini bisa sampai 2 hari berkat teknologi Adaptive Battery.

Untuk menguji daya tahannya kami coba menonton video 1080p di YouTube selama kurang lebih 30 menit, dan hasilnya baterai Galaxy A34 5G hanya berkurang sekitar 3 persen. Pada alat uji PCMark, ketahanan baterainya sekitar 14-15 jam.

Smartphone ini mendukung fast charging 25W, tapi sayang charger 25W tidak termasuk dalam paket penjualan.

Kesimpulan

Kami melihat Galaxy A34 5G sangat cocok sebagai daily driver untuk anak muda, khususnya kamu para social savvy yang mengutamakan kemampuan kamera, performa, serta daya tahan baterai istimewa. Ditambah lagi Samsung menjanjikan update hingga 5 tahun, jadi kamu nggak perlu ganti ponsel lagi sampai waktu yang cukup lama.

SPESIFIKASISamsung Galaxy A34 5G
ProsesorMediaTek Dimensity 1080 5G
GPUMali-G68
OSAndroid 13/One UI 5.1
RAM 8GB
Memori Internal 128GB, 256GB
KameraBelakang 48MP+8MP+5MPDepan 13MP
Baterai 5.000 mAh fast charge 25W
Layar 6,6 inci Super AMOLED FHD+ 120Hz

Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy A34 5G

Kami menyadari bahwa setiap perangkat yang hadir ke pasaran pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, pada artikel review Samsung Galaxy A34 5G kami juga menghadirkan beberapa kelebihan dan kekurangannya. 

Kelebihan

  • Layar Super Amoled 120 Hz
  • Chipset powerful dan efisien
  • Punya kamera mumpuni untuk bikin konten foto atau video
  • Baterai awet
  • Dapat update hingga 5 tahun

Kekurangan

  • Layar kurang kekinian karena bukan punch hole
  • Tidak tersedia jack audio 3.5 mm
  • Tidak dapat charger

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Kamera
Performa
UI
Baterai

SUMMARY

Kami melihat Galaxy A34 5G sangat cocok sebagai daily driver untuk anak muda, khususnya kamu para social savvy yang mengutamakan kemampuan kamera, performa, serta daya tahan baterai istimewa. Ditambah lagi Samsung menjanjikan update hingga 5 tahun, jadi kamu nggak perlu ganti ponsel lagi sampai waktu yang cukup lama.
Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi

Kami melihat Galaxy A34 5G sangat cocok sebagai daily driver untuk anak muda, khususnya kamu para social savvy yang mengutamakan kemampuan kamera, performa, serta daya tahan baterai istimewa. Ditambah lagi Samsung menjanjikan update hingga 5 tahun, jadi kamu nggak perlu ganti ponsel lagi sampai waktu yang cukup lama.Review Samsung Galaxy A34 5G : Kelebihan & Kekurangan