TechDaily.id – Tren pembayaran digital di Indonesia semakin marak saja, beragam instrumennya pun dihadirkan oleh para penyedia, mulai dari P2P landing, dompet digital hingga crowd funding.
Tren belanja menggunakan uang digital pun juga cukup disoroti oleh Kredivo, penyedia P2P landing untuk pembiayaan barang kebutuhan sehari-hari.
Berdasarkan keterangan pers yang diterima oleh tim TechDaily (18/3), mayoritas konsumen menggunakan jasa kredivo untuk membeli produk fashion dan gadget.
Head of Marketing Kredivo, Indina Andamari, mengatakan, 39,3 pengguna pria membeli produk fashion, 36,8 persen gadget dan 18 persen keperluan runah tangga.
“Sedangkan dari total pengguna wanita, 55 persen membeli produk fashion dan aksesorisnya, 41 persen produk kesehatan dan kecantikan. Posisi ketiga dengan persentase 26,2 persen adalah perlengkapan rumah tangga,” kata Indina.
Namun, gadget menduduki peringkat teratas jika berkaca dari total nilai belanja, mengalahkan kategori fashion dan kebutuhan rumah tangga.
“Pembelian gadget oleh pria mencapai 51 persen dari keseluruhan nilai transaksi, sedangkan pembelian gadget oleh perempuan mencapai 38 persen dari keseluruhan nilai transaksi,” ujarnya.
Dia mengatakan, banyaknya permintaan akan kategori-kategori tersebut seiring dengan perkembangan dan keberadaan e-commerce yang luar biasa di Indonesia. Apalagi, studi oleh McKinsey memproyeksikan bahwa nilai dari pasar e-commerce Indonesia akan meningkat 8 kali lipat antara 2017-2022.
“Penetrasi smartphone dan internet yang pesat di Indonesia menjadikan mobile payment sebagai solusi pembayaran digital yang tepat. Kredit instan yang dapat diakses secara mudah melalui smartphone tentunya berdampak langsung pada peningkatan daya beli konsumen, juga peningkatan penjualan e-commerce,” tuturnya.