Wednesday, May 18, 2022
BerandaUncategorizedCara Install Aplikasi dari Luar Google Play Store

Cara Install Aplikasi dari Luar Google Play Store

TechDaily.id – Cara install aplikasi dari luar Google Play Store sangat bisa kamu lakukan. Namun, kamu harus menerima risiko yang ditimbulkan jika menginstal aplikasi dari luar Google Play Store.

BACA JUGA
Gandeng Google, Indosat Ooredo Luncurkan Asisten Virtual via Telepon

Google Play Store adalah cara termudah dan teraman untuk mengunduh aplikasi ke perangkat. Namun, terkadang ada alasan untuk menginstal aplikasi dari sumber lainnya.

Entah aplikasi tidak tersedia di Play Store atau Anda hanya ingin mencari aplikasi lain, kamu bisa memutuskan untuk menginstal aplikasi dari luar Google Play Store.

BACA JUGA
Selamat Tinggal, Kamera Google Clips Resmi Dimatikan

Apa pun alasannya, jika kamu dapat menemukan Apk, kamu dapat menginstalnya melalui sideloading. Namun, sebelumnya kamu perlu mengizinkan smartphone menginstal dari sumber lain.

Cara Install Aplikasi dari Luar Google Play Store

Meskipun mungkin ada sedikit variasi di mana tepatnya kamu akan menemukan pengaturan ini, biasanya pengaturan ini terkubur dalam menu Keamanan & privasi atau Aplikasi.

1. Pergi ke Settings

2. Temukan opsi Security & privacy dan pilih itu

3. Scroll ke bawa dan cari ‘Install from unknown apps.’ Jika tidak ada, coba di bawah More

4. Setelah itu, kamu akan disuguhkan dengan daftar aplikasi

5. Pilih itu dan select ‘Allow from this source’

Risiko Instal lewat Sideloading

Ada alasan mengapa menginstal Apk dari sumber yang tidak dikenal dimatikan secara default di Android. Pada dasarnya tidak aman untuk mengunduh Apk acak dari web dan menginstalnya di ponsel.

Meskipun itu mungkin tampak kontradiktif dengan memberikan panduan tentang cara menginstal dari luar Google Play, selama kamu tahu (dan percaya) dari mana aplikasi berasal.

Jika kamu menganggap anti-virus bermanfaat pada perangkat Android, mereka akan sering memindai aplikasi sebelum kamu menginstalnya, memberikan garis pertahanan potensial lainnya.

Dengan membiarkan penginstalan semua aplikasi yang tidak dikenal aktif secara default, kamu membuka pintu bagi aplikasi yang terinfeksi malware atau berbahaya untuk mengunduh perangkat lunak jahat lainnya secara diam-diam di latar belakang.

Jika kamu tidak mengizinkan secara default dan hanya mengizinkan berdasarkan kasus per kasus, risikonya jauh lebih kecil.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi