Thursday, May 19, 2022
BerandaGadgetTipsCara Mengenali Aplikasi Palsu di Google Play Store

Cara Mengenali Aplikasi Palsu di Google Play Store

TechDaily.id – Cara mengenali aplikasi palsu di Google Play Store tidak sulit kok. Bagi Anda pengguna smartphone Android perlu mengetahui ini agar tidak terjebak dengan aplikasi palsu.

BACA JUGA
Rekomendasi HP realme 5 Jutaan Terbaik Oktober 2021

Setiap tahun selalu ada saja aplikasi berbahaya atau menyesatkan di Play Store. Google sering cepat mengambil tindakan dan menghapus aplikasi palsu di toko Android itu.

Namun, tetap saja masih ada aplikasi palsu yang bisa lolos di Play Store. Supaya tidak terjebak, kamu perlu mengetahui tanda-tanda aplikasi palsu di Google Play Store.

BACA JUGA
Harga dan Spesifikasi OPPO A16k

Cara Mengenali Aplikasi Palsu di Google Play Store

1. Fitur Aplikasi Berbeda di Hasil Pencarian
Dikutip dari Mashtips, langkap pertama yang terlibat dalam mengunduh dan menginstal aplikasi adalah mencari nama aplikasi. Jika seseorang mencoba meniru dan memalsukan aplikasi populer, mereka pasti akan mencoba menyalin nama dan ikon aplikasi tersebut.

Misalnya, game Asphalt asli yang dikembangkan oleh Gameloft, tetapi pencarian di Play Store menunjukkan peniru.

2. Periksa Nama Pengembang Aplikasi
Bahkan jika secara kebetulan, dua aplikasi dengan nama dan ikon yang sama diunggah ke Google Play Store, kemungkinan mereka memiliki nama pengembang yang sama hampir tidak ada.

Dalam situasi di mana kamu tidak dapat membedakan beberapa aplikasi dengan nama atau ikon yang sama, lihat nama pengembangnya. Jika kamu tidak dapat mengidentifikasi atau membedakan antara pengembang asli dan palsu, cukup klik pada nama pengembang untuk melihat apakah mereka telah menerbitkan aplikasi lain di Google Play Store atau mereka memiliki peringkat positif yang solid dari pengguna.

3. Periksa Deskripsi dan Tangkapan Layar Aplikasi
Terkadang, hampir semua hal lain tentang daftar aplikasi di Google Play Store tampak familier atau tidak dapat dibedakan dari aplikasi lain. Namun, selalu baik untuk membaca deskripsi aplikasi yang ditulis oleh pengembang dan tangkapan layar aplikasi.

4. Analisis Review Aplikasi
Karena ada jutaan orang yang menggunakan ponsel Android, kemungkinan besar banyak orang telah menggunakan aplikasi yang akan kamu unduh. Sebagian besar pengguna ini mungkin telah membagikan ulasan mereka dan menilai aplikasi juga.

Selalu buka dan baca beberapa ulasan sebelum kamu melompat ke proses instalasi. Sebagai contoh, lihat banyak ulasan dari aplikasi Galeri Foto dari Google Play Store yang mungkin mengingatkan Anda.

5. Periksa Izin Aplikasi yang Diminta
Sebagian besar aplikasi palsu bertujuan untuk mendapatkan unduhan sebanyak mungkin sehingga mereka dapat menghasilkan uang dengan menampilkan banyak adware atau Spamware kepada pengguna atau mengumpulkan data pengguna.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi