Thursday, May 30, 2024
BerandaTechCara Mencari Rest Area Terdekat Lewat HP, Mudik jadi Nyaman!

Cara Mencari Rest Area Terdekat Lewat HP, Mudik jadi Nyaman!

Ketika menjalani perjalanan mudik Lebaran 2024 yang panjang, penting bagi kamu untuk beristirahat di rest area terdekat agar dapat melanjutkan perjalanan dengan segar. Rest area tersedia di berbagai titik pada ruas jalan yang sering dilintasi jalur mudik, namun terkadang kamu dapat bingung dalam mencari lokasi rest area yang diinginkan.

Untuk itu, guna membantu menemukan rest area terdekat di wilayah tertentu, kamu bisa menggunakan beberapa cara seperti informasi online dan aplikasi yang mendukung pencarian rest area terdekat.

Baca juga: Cara Cek Tarif Tol Lewat Aplikasi, Bisa Pakai Google Maps!

Dengan menggunakan cara-cara tersebut, kamu dapat dengan mudah menemukan rest area terdekat selama perjalanan mudik Lebaranmu. Hal ini akan membantu kamu untuk tetap segar dan aman selama melakukan perjalanan jauh.

Cara Mencari Rest Area Terdekat Lewat HP

Dalam melakukan perjalanan mudik, keselamatan adalah yang paling utama. Oleh sebab itu, jika kamu kelelahan maka mengunjungi rest area terdekat adalah hal yang wajib dilakukan guna mengembalikan tenaga untuk perjalanan.

Namun, jika kamu kebingungan mencari rest area terdekat maka akan menjadi suatu masalah. Maka dari itu, mari simak caara mencari rest area terdekat lewat HP berikut ini.

BACA JUGA
Cara Beli Tiket Kapal Ferry Online, Mudik Makin Praktis!

Temukan Rest Area Terdekat dengan Aplikasi Tol Kita

Jika kamu ingin mencari rest area dengan mudah selama perjalanan mudik, kamu bisa menggunakan aplikasi Tol Kita BPJT. BPJT sendiri merupakan Badan Pengatur Jalan Tol yang memiliki wewenang dari pemerintah dalam penyelenggaraan jalan tol.

Jadi kamu bisa mengandalkan aplikasi ini untuk mencari rest area yang kamu inginkan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh Aplikasi Tol Kita BPJT: Buka Google Play Store di ponselmu dan unduh aplikasi Tol Kita BPJT.
  • Klik Gambar Rest Area: Setelah mengunduh aplikasi, buka aplikasi Tol Kita dan cari opsi atau gambar yang menunjukkan Rest Area. Klik pada gambar tersebut untuk melanjutkan.
  • Izinkan Akses Lokasi: Aplikasi Tol Kita mungkin meminta izin untuk mengakses lokasimu. Pastikan untuk memberikan izin tersebut agar aplikasi dapat menemukan rest area terdekat dari lokasimu.
  • Arahkan GPS atau Lokasi: Pastikan GPS atau lokasi pada ponselmu aktif. Aplikasi akan menggunakan informasi lokasi ini untuk menampilkan rest area terdekat.
  • Klik Kolom Cari Rest Area: Setelah lokasi terdeteksi, cari dan klik kolom yang menunjukkan opsi untuk mencari Rest Area.
  • Tunggu Hingga Layar Menampilkan Daftar Rest Area Terdekat: Setelah memasukkan permintaan pencarian, tunggu sebentar hingga aplikasi menampilkan daftar berbagai rest area. Kamu dapat memilih rest area yang ingin kamu kunjungi berdasarkan jarak dan fasilitas yang tersedia.
BACA JUGA
Cara Berbagi Lokasi di Google Maps

Dengan menggunakan aplikasi Tol Kita BPJT, kamu dapat dengan mudah menemukan rest area untuk beristirahat selama perjalanan mudikmu.

Temukan Rest Area Terdekat dengan Google Maps:

Jika kamu ingin menemukan rest area selama perjalanan mudikmu, kamu dapat menggunakan aplikasi Google Maps. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Aplikasi Google Maps: Buka aplikasi Google Maps di ponselmu.
  • Aktifkan Location atau GPS: Pastikan fitur Location atau GPS pada ponselmu telah aktif. Hal ini memungkinkan Google Maps untuk menentukan lokasimu secara akurat.
  • Klik Kolom Pencarian atau Search: Di layar utama Google Maps, klik kolom pencarian atau search yang biasanya terletak di bagian atas layar.
  • Isi dengan Rest Area Terdekat: Ketik “Rest Area” atau “Tempat Istirahat” di kolom pencarian tersebut untuk menemukan rest area terdekat.
  • Klik Telusuri Area Ini untuk Refresh: Setelah memasukkan kata kunci pencarian, Google Maps akan menampilkan rest area terdekat dari lokasimu saat ini. Jika tidak langsung muncul, klik opsi “Telusuri Area Ini” untuk melakukan refresh dan menampilkan hasil yang lebih akurat.
  • Pilih Rest Area Terdekat: Pilih salah satu dari rest area yang ditampilkan di peta untuk melihat informasi lebih lanjut.
  • Klik Rute Menuju Rest Area: Setelah memilih rest area yang ingin kamu kunjungi, klik opsi Direction atau Rute untuk melihat petunjuk arah menuju rest area tersebut.
BACA JUGA
Cara Menemukan iPhone yang Hilang Menggunakan Google Maps

Dengan menggunakan Google Maps, kamu dapat dengan mudah menemukan rest area dan merencanakan rute menuju tempat istirahat selama perjalanan mudikmu.

Temukan Rest Area Terdekat dengan Waze

Selain menggunakan Google Maps untuk menemukan rest area selama perjalanan mudikmu, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Waze. Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh Aplikasi Waze: Unduh aplikasi Waze melalui Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS).
  • Masuk sebagai “Tamu” atau Login: Setelah mengunduh, lanjutkan sebagai “Tamu” atau masuk menggunakan akun Google jika kamu sudah memiliki satu.
  • Ketikkan “Rest Area”: Di aplikasi Waze, ketikkan kata kunci “Rest Area” di kolom pencarian.
  • Tampilkan Lokasi Rest Area: Waze akan menampilkan beberapa titik lokasi rest area terdekat yang dapat kamu kunjungi. Pilih salah satu dari rest area yang ditampilkan.
  • Baca Informasi Rest Area: Jika kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang rest area tersebut, ketuk opsi “Info” di aplikasi Waze. Di sana, kamu dapat menemukan informasi seperti fasilitas yang tersedia, ulasan pengguna, dan lainnya.

Itulah dia beberapa cara untuk mencari rest area saat kamu melakukan perjalanan mudik. Penting bagimu untuk beristirahat ketikan melakukan perjalanan yang jauh, hal tersebut membuat kamu lebih fit dan berkendara akan terasa lebih nyaman.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi