Thursday, January 20, 2022
spot_img
BerandaGadgetTipsCara Menemukan IP Address di HP Android atau iPhone

Cara Menemukan IP Address di HP Android atau iPhone

Techdaily.id – Kamu ingin tahu cara menemukan IP Address di HP Android atau iPhone? Kamu bisa mengetahui cara menemukan IP Address baik di ponsel berbasis Android atau iOS di bawah ini.

BACA JUGA
Cara mengubah smartphone menjadi Mouse, Biar gak perlu beli

Sebelum beranjak ke tips menemukan IP Address, kamu perlu tahu dulu apa itu IP Address? IP Address yang merupakan singkatan dari Internet Protocol adalah label bernomor yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan.

Jadi, jika kamu bertanya-tanya apakah ponsel kamu punya IP Address? Jawabannya Ya. Tentu saja selama kamu sedang online. Memeriks IP Address membantu kamu mengidentifikasi jaringan rumah dan internet pada umumnya.

Sebenarnya, ada dua alamat IP yakni publik dan private, untuk mengidentifikasi setiap perangkat ponsel kamu. Selain itu, saat kamu memeriksa alamat IP, kamu mungkin juga akan menemukan alamat IPv4 dan IPv6.

Alamat IPv4 lebih pendek tapi karena banyaknya perangkat yang terhubung ke internet, dunia kehabisan mereka. Sementara alamat IPv6 tidak mudah dibaca. Tapi, ada cukup banyak untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Dalam kebanyakan kasus, IPv4 masih merupakan alamat utama yang digunakan. Sedangkan IPv6 akan menghapusnya dari waktu ke waktu. Sekarang, pertanyaannya bagaimana cara menemukan IP Address di ponsel kamu?

Cara Menemukan IP Address di HP Android atau iPhone

Saat kamu ingin mengetahui alamat IP ponsel ada dua nilai yang harus diperiksa. Mari kita lihat dulu bagaimana menemukan alamat IP pribadi ponsel Anda di jaringan rumah kamu.

Cara Menemukan Alamat IP Pribadi Ponsel Android

Berikut adalah langkah-langkah untuk menemukan alamat IP lokal ponsel Android Anda, yang ditampilkan pada perangkat Pixel yang menjalankan Android 11. Lokasi informasi dan nama menu mungkin sedikit berbeda tergantung pada ponsel Android kamu:

1. Buka Pengaturan dan ramban ke Jaringan & internet > Wi-Fi.

2. Jika kamu belum terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, ketuk namanya dan konfirmasikan kamu telah bergabung.

3. Ketuk nama jaringan dan perluas bagian Lanjutan.

4. Di sini, kamu akan menemukan alamat IP Anda dan informasi lainnya di bawah Detail Jaringan. Jika tersedia, alamat IPv6 akan muncul di bagian bawah halaman.

BACA JUGA
Cara Menyembunyikan Nomor kontak di HP Samsung

Cara Menemukan Alamat IP Pribadi iPhone

Untuk menemukan alamat IP lokal Anda di iPhone, inilah yang harus dilakukan:

1. Buka Pengaturan> Wi-Fi.

2. Jika kamu belum terhubung ke jaringan rumah, ketuk dan hubungkan sekarang.

3. Ketuk nama jaringan kamu untuk membuka opsi dan melihat informasi lebih lanjut.

4. Di sini, kamu akan melihat bidang Alamat IP terdaftar di bawah header Alamat IPv4.

Tergantung pada jaringan, kamu mungkin melihat header Alamat IPv6 di bawah ini, yang berisi alamat alternatif untuk perangkat kamu.

BACA JUGA
Cara Download Aplikasi Xnview, Gratis!

Cara Memeriksa Alamat IP Publik Ponsel

Sekarang setelah Anda mengetahui alamat IP pribadi ponsel di jaringan kamu, mari kita lihat cara memeriksa alamat IP global perangkat kamu:

IP publik kamu mudah ditemukan karena perangkat apa pun di internet dapat melihatnya. Dengan demikian, kamu dapat mengunjungi banyak situs web yang akan menampilkan alamat IP publik secara instan, langsung di ponsel kamu.

Cukup buka Chrome di ponsel Android kamu atau Safari di iPhone Anda (atau browser lain yang Anda gunakan). Kemudian navigasikan ke situs web pemeriksa IP publik, seperti salah satunya IP.ME, WhatIsMyIP, dan What Is My IP Address.

Kamu akan melihat beberapa situs ini juga menampilkan lokasi kamu, nama ISP, dan info serupa. Ini karena alamat IP kamu membawa informasi ini bersamanya. Kamu tidak dapat mengetahui nama dan alamat pasti seseorang dari alamat IP mereka, tetapi itu mempersempit lokasi mereka ke kota. Situs serupa memungkinkan kamu melacak alamat IP apa pun untuk melihat lokasinya.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi