Tuesday, June 25, 2024
BerandaGadgetCara Mengganti Google Play Services di Android dengan MicroG

Cara Mengganti Google Play Services di Android dengan MicroG

TechDaily.id – Banyak orang mencari cara untuk menghentikan ketergantungan pada Google. Tapi, di Android ini bisa berarti harus melepaskan akses ke semua perangkat lunak yang tersedia di Google Play. Tapi, begini cara mengganti Google Play Services di Android dengan MicroG jika bosan.

Aplikasi yang tidak berasal dari Play Store seringkali masih mengandalkan Google Play Service. Namun, Anda bisa menggantikannya dengan microG karena layanan ini cukup baik untuk melakukan apa yang diinginkan.

Sayangnya, tak semua orang mengetahui bagaimana mengubah Google Play Service menjadi MicroG? Anda bisa mengetahui langkah-langkahnya di sini sebagaimana dikutip dari Makeuseof.

Cara Mengganti Google Play Services di Android dengan MicroG

Cara termudah untuk mendapatkan microG adalah dengan membeli ponsel yang dilengkapi dengan microG yang sudah diinstal sebelumnya. Ada beberapa opsi, seperti ponsel Murena dari /e/ Foundation atau Pixel yang dimodifikasi dari Calyx Institute.

Jika Anda sudah familiar dengan cara menginstal custom ROM di ponsel Android, maka cara termudah berikutnya adalah menginstal custom ROM yang sudah menyertakan microG. Berikut beberapa contohnya:

  • LineageOS for microG
  • OmniROM
  • CalyxOS
BACA JUGA
Cara Mengembalikan Aplikasi ke Versi Lama di Android

Perhatikan sementara LineageOS mendukung jumlah perangkat terluas, versi dengan microG yang dipanggang adalah fork tidak resmi yang tidak berafiliasi dengan proyek LineageOS. Proyek OmniROM dan CalyxOS memberikan dukungan resmi untuk microG dan memasukkannya sebagai bagian dari ROM.

Tapi keduanya mendukung perangkat yang jauh lebih sedikit. Bagi banyak pengguna, LineageOS akan menjadi satu-satunya pilihan. Jika sudah menginstal ROM khusus, atau merasa lebih nyaman menginstal microG sendiri secara terpisah, itu juga merupakan opsi.

Ini lebih rumit, membutuhkan ROM yang dilengkapi dengan spoofing tanda tangan, atau bagi Anda untuk menambal ROM agar mendukung spoofing tanda tangan. Anda kemudian dapat menginstal F-Droid, menambahkan repositori F-Droid microG dan menginstal aplikasi yang diperlukan, yang APK-nya juga dapat Anda temukan di halaman unduh microG.

Apakah Sebagian Besar Aplikasi Berfungsi Dengan microG?

microG adalah proyek yang sedang berjalan dan tidak memiliki paritas fitur lengkap dengan Layanan Google Play. Proyek seperti ini jarang dapat berfungsi sebagai pengganti drop-in yang berfungsi penuh untuk layanan yang ingin mereka ganti karena pada dasarnya mereka memainkan permainan kucing dan tikus.

BACA JUGA
Cara Main Kuis Hari Bumi, Game yang Tengah Viral di Internet

Artinya, jika Anda berharap memiliki ponsel yang lebih pribadi dan terbuka dengan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Google apa pun atau aplikasi apa pun dari Play Store, kemungkinan besar Anda akan kecewa. Tetapi jika Anda sudah merasa nyaman dengan aplikasi yang disertakan dengan ROM khusus Anda atau tersedia di F-Droid, dan Anda hanya berharap memiliki satu atau dua aplikasi yang hanya tersedia dari Play Store, ada kemungkinan lebih besar bahwa microG akan membantu Anda. mencapai tujuan Anda.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi