News Enterprise

Gojek Merapat Ke Tokped, Grab Unjuk Gigi Hasil dari Super App

Techdaily.id – Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sejak tahun lalu masih menyisakan tantangan bagi bisnis di seluruh dunia. Namun, seperti yang diajarkan oleh sejarah, di balik setiap krisis selalu ada peluang. Ketika banyak kota membatasi pergerakan masyarakatnya, bisnis terdampak, masyarakat menyesuaikan diri dengan norma-norma baru, dan teknologi digital menjadi pusat perhatian.

Bagi Grab, yang memulai perjalanannya menjadi super app pada tahun 2018 – keputusan untuk melakukan diversifikasi bisnis sejak awal  telah membantu perusahaan ini dapat mengatasi krisis dan bangkit dengan lebih kuat. Awal tahun 2020 merupakan waktu yang sulit bagi kami, karena pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan di banyak kota dan pemerintah meminta semua orang untuk membatasi mobilitas mereka.

“Saat itulah lini bisnis transportasi kami sangat terdampak,” kata Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia, mengutip wawancaranya dengan Channel News Asia, pada baru-baru ini.

Namun, sejak itu pendapatan kami telah kembali pulih seperti pada saat sebelum pandemi, dan kami melihat peluang besar di sektor pengiriman termasuk makanan, bahan makanan dan logistik. Sektor ini mencakup 50% dari bisnis kami saat ini. Ini juga akan menjadi fokus di masa mendatang, menanggapi permintaan yang sangat tinggi dari konsumen kami akan layanan last mile delivery.

Menurutnya pandemi telah mendorong berbagai bisnis masuk ke dalam ranah online. Jika tidak, mereka akan mengalami kesulitan untuk mempertahankan bisnisnya. Selama pandemi, ada lebih dari setengah juta mitra baru di seluruh Asia Tenggara yang bergabung dalam platform Grab. Banyak diantaranya merupakan usaha kecil dan tradisional. “Kami bersyukur dan bangga menjadi bagian dari proses transformasi digital UMKM Indonesia,” ungkap Neneng.

Kemampuan UMKM untuk bertahan sangat penting bagi pemulihan ekonomi Indonesia karena perannya yang penting sebagai penyumbang produk domestik bruto (PDB). Sepanjang 2019, menurut data yang dikutip oleh Asosiasi UMKM Indonesia (AKUMINDO), UMKM menyumbang 60,34% dari PDB dan 14% terhadap total ekspor nasional. Data lain juga menunjukkan bahwa UMKM menyerap 97% tenaga kerja.

BACA JUGA
Daftar HP Xiaomi Dibawah 1 Jutaan

Sektor pengantaran barang yang kini menjadi fokus Grab, bukan hanya pengiriman barang dan pemesanan makanan dari warung atau restoran, tetapi sudah berkembang dengan melayani pasar tradisional atau yang sering disebut “pasar basah” dan juga para social seller. Pihaknya melihat ada masalah di sektor pasar basah. Saat pembatasan sosial diberlakukan, masyarakat tidak lagi datang ke pasar basah.

“Kami pun berpikir, bagaimana mereka bisa bertahan menjalankan bisnis mereka? Itulah mengapa kami mengembangkan layanan GrabMart dan GrabAssistant, yang dirancang juga untuk menjangkau pasar tradisional. Ada puluhan ribu pedagang pasar basah yang bisa terus menjual dagangannya berkat dua layanan ini, ” kata Neneng.

Grab juga telah meluncurkan layanan belanja kebutuhan harian GrabMart sejak Juli 2020. GrabMart telah menjadi platform yang digunakan oleh ribuan merchant mulai dari supermarket besar, apotek, hingga toko-toko kelontong. Grab terus meningkatkan layanan tersebut dan mengumpulkan masukan dari para pedagang untuk memberikan layanan yang dapat diandalkan, karena semakin banyak pelanggan yang memilih untuk berbelanja bahan makanan tanpa kontak fisik.

BACA JUGA
Mau Hp Oppo? Ini Promonya di Bulan Ramadhan

Dengan bauran layanan yang komprehensif, Neneng mengatakan Grab telah berhasil bertransformasi selama pandemi ini. Grab kini bukan lagi perusahaan ride-hailing atau transportasi online, tetapi kami telah sepenuhnya menjadi perusahaan dengan super app.

“Di tahun 2021, Grab akan terus berupaya untuk memberikan dan melayani pelanggan dan mitra kami dengan layanan terbaik, sebagai pendorong utama pertumbuhan Grab,”

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close