BerandaEnterpriseNews EnterpriseIDC: UKM Dominasi Belanja TI di 2021

IDC: UKM Dominasi Belanja TI di 2021

Laporan IDC bertajuk Worldwide Semiannual Big Data dan Analytics Spending Guide mengungkapkan bahwa total belanja IT untuk industri Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh dunia mencapai USD 568 miliar pada tahun ini. Mengutip CDN, diperkirakan jumlah ini akan terus meningkat lebih dari USD 676 miliar pada 2021 mendatang. Berdasarkan data tingkat pertumbuhan tahunan gabungan selama lima tahun dalam Compound Annual Growth rate (CAGR) tercatat 4,5% belanja IT termasuk hardware, software dan infrastruktur IT lainnya dilakukan oleh UKM dengan total karyawan kurang dari 1.000 karyawan.

Kebanyakan UKM melakukan pengeluaran untuk belanja IT untuk Server Message Block (SMB). SMB sendiri merupakan sebuah protokol client atau server yang ditujukan sebagai layanan untuk berbagi berkas (file sharing) di dalam sebuah jaringan. Protokol ini biasanya digunakan di dalam sistem operasi Microsoft Windows dan IBM OS/2.

“Pertumbuhan belanja TI untuk SMB terus mengalami peningkatan sebesar 2% dibandingkan pertumbuhan GDP (Gross Domestic Product) di seluruh belahan dunia. Sejauh ini penerapan teknologi untuk UKM terus mengalami peningkatan setiap tahunnya,” ujar Ray Boggs, Vice President SMB Research IDC.

UKM di seluruh dunia semakin tertarik untuk berinvestasi dalam sumber daya guna meningkatkan produktivitas karyawan dan meningkatkan daya saing mereka terhadap para kompetitor. Boggs menjelaskan bahwa UKM dan usaha yang lebih kecil lagi sangat membutuhkan kualitas sumber daya manusia yang mereka miliki untuk meningkatkan kinerja para karyawan. Dalam hal ini teknologi amat sangat diperlukan untuk meningkatkan kinerja karyawan UKM terutama ketika menghadapi era Digital Transformation saat ini.

Sepertiga dari total pembelian software SMB  ini terdiri dari tiga kategori aplikasi teratas yaitu Enterprise Resource Management (ERM), Customer Relationship Management (CRM) dan aplikasi konten. Pengembangan aplikasi dan distribusi sistem infrastruktur software akan menjadi akan menjadi target utama untuk investasi software SMB. Belanja PC dan periferal masih mendominasi total pengeluaran hardware perusahaan untuk SMB sebesar 49,6 persen pada tahun 2016 lalu.

Total belanja IT untuk UKM akan terus meningkat dua kali lipat dari perusahaan besar di seluruh dunia. Bisnis menengah dengan total 100 hingga 499 karyawan akan menjadi pasar terbesar selama 2016 hingga 2021 mendatang dengan 38% produk dan layanan TI SMB di seluruh dunia. Selebihnya diikuti dengan perusahaan besar dengan total 500-999 karyawan serta usaha kecil dengan 1 sampai 99 karyawan. Perusahaan menengah dan besar juga akan mengalami pertumbuhan belanja IT terkuat dengan CAGR masing-masing 4,6% dan 4,5%. Angka ini sedikit lebih tinggi di atas pertumbuhan belanja usaha kecil sebesar 4,4%.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi