Saturday, September 18, 2021
BerandaGadgetTipsIni Cara Membuat Google Form Lebih Menarik

Ini Cara Membuat Google Form Lebih Menarik

Techdaily.id – Kamu sudah tau cara membuat Google Form? Google Form merupakan layanan yang sudah lama hadir dan bisa digunakan secara gratis. Berbagai kepentingan seputar pembuatan survey, mode tanya-jawab, hingga keperluan lain berbasis formulir online dapat dikustomisasi sesuai kemauan penggunanya. Bahkan, Google terus melakukan inovasi terhadap salah satu layanannya ini.

BACA JUGA
Mudah! Cara Menonton Video YouTube yang Diblokir Server

Nah, kira-kira bagaimana ya cara membuat Google Form menjadi lebih menarik dengan memanfaatkan seluruh fitur di dalamnya? Simak tips berikut ini!

  1. Pilih Desain Template yang Menarik

Sebelum membuat form baru, Google Form mempersilahkan pengguna untuk memilih salah satu template desain mereka. Memilih desain template yang tepat dengan topik form akan membuat Google Form lebih menarik dan responden lebih antusias untuk mengisinya. Mulai dari warna tema, warna background, jenis font dan pemilihan gambar dapat diatur sesuai kemauan.

2. Penggunaan Kalimat yang Sederhana

Pernah mengisi Google Form dengan pertanyaan yang panjang? Sebaiknya, hindari penggunaan pertanyaan terlalu panjang dan kata yang berbelit. Selain membuat responden enggan untuk mengisi, bisa saja terjadi multitafsir dari pertanyaan yang diberikan. Pastikan inti dari pertanyaan tersampaikan dengan baik menggunakan kalimat yang singkat, padat dan jelas.

3. Berikan Pilihan Jawaban “Other” kepada Responden

Mungkin kah jawaban yang tersedia tidak mewakili jawaban responden? Untuk itu, pengguna perlu menambahkan pilihan jawaban “other” agar responden lebih leluasa untuk menjawab. Perlu diingat, pilihan jawaban “other” tidak perlu ditambahkan di semua pertanyaan.

4. Berikan Akses Edit Jawaban kepada Responden

Ada kemungkinan bahwa responden salah memberikan jawaban atau ingin menyunting jawabannya. Akses edit jawaban dapat mempermudah responden untuk mengganti jawabannya meski setelah ia mengirim jawabannya. Akses edit juga akan membantu pengguna untuk mendapatkan jawaban akurat.

5. Aktifkan Notifikasi untuk Responden Baru

Dengan mengaktifkan notifikasi melalui email, pengguna akan lebih cepat mengetahui tanggapan dari responden. Pengguna akan terbantu untuk segera melakukan proses pendataan.

Setelah membaca 5 tips di atas, membuat Google Form dengan menarik bukan menjadi tantangan lagi. Berikan sedikit modifikasi agar banyak responden tertarik untuk mengisi Google Form kamu! (ran)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi