Monday, June 17, 2024
BerandaGadgetIni Dia Beda Malware vs Virus yang Dapat Mengancam Perangkat

Ini Dia Beda Malware vs Virus yang Dapat Mengancam Perangkat

TechDaily.id – Malware dan virus dapat mengancam perangkat yang kita miliki. Sama-sama jahat, tahukah Anda apa saja beda malware vs virus yang berbahaya itu?

Sebagai perbandingan, malware ternyata lebih umum untuk ponsel. Secara khusus, ponsel Android lebih rentang terhadap malware dibanding iPhone.

Ponsel Android dapat mendeteksi malware dari platform sumber terbuka. Ini memungkinkan Anda mengunduh file dan aplikasi dari berbagai sumber.

Aplikasi dan file dari sumber pihak ketiga umumnya tak aman untuk sistem operasi Android. Beberapa di antaranya dapat dikonfigurasi sedemikian rupa untuk mendapatkan data sensitif Anda. Lalu apa bedanya dengan virus?

Ini Dia Beda Malware vs Virus

Malware pada dasarnya adalah istilah umum. Perangkat lunak atau program jahat apa pun yang masuk ke perangkat Anda tanpa persetujuan Anda dapat disebut malware.

Mengingat itu, Anda dapat mengatakan bahwa virus adalah jenis malware. Itu menempel pada sebuah program, yang dapat berkisar dari file media hingga aplikasi hingga dokumen.

Kendati demikian, hal utama yang memisahkan virus dari malware adalah malware tidak membutuhkan program host. Anda perlu membuka atau bekerja dengan file yang terinfeksi agar virus dapat menyebar.

BACA JUGA
Cara Gabung FaceTime dari Android

Di sisi lain, malware dapat tetap beroperasi setelah memasuki perangkat Anda. Dengan kata lain, mereka dapat secara aktif menangani kerusakan dengan Anda membukanya.

Contoh Malware yang Menyerang HP Android di Masa Lalu

Ada banyak malware Android di luar sana. Tetapi beberapa dari mereka lebih umum daripada yang lain. Berikut deskripsi singkat tentang hal-hal yang menyebabkan keributan di ponsel di masa lalu:

  1. CARIBE

Caribe adalah worm yang menyebar di ponsel Symbian pada tahun 2004 silam. Padahal, itu tidak berbahaya. Yang dilakukannya hanyalah menampilkan kata “Caribe” di layar. Penasaran bagaimana penyebarannya? Itu berpindah dari satu ponsel ke ponsel lainnya melalui sinyal Bluetooth.

  1. ANDROID/FILECODER.C

Ini adalah ransomware yang terungkap pada tahun 2019. Dan sebagai ransomware, ini mengunci semua file dan memaksa pemiliknya membayar untuk mengaksesnya.

  1. OPFAKE

Itu adalah kuda Troya yang diam-diam dapat mengirim banyak pesan teks. Malware ini juga memiliki kemampuan untuk meminta hak administrator pada perangkat. Dan jika Anda memberikan hak, itu mendapat akses eksklusif ke semuanya.

  1. SPYWARE BOT LOKI
BACA JUGA
Cara Gunakan Split Screen di Android

Ini adalah kuda Troya lain yang dapat mencuri nama pengguna dan kata sandi Anda. Selain itu, dapat mengakses data yang sangat sensitif, termasuk info perbankan Anda dan kredensial lainnya.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi