Wednesday, September 22, 2021
BerandaGadgetRekomendasiJenis-Jenis Garansi iPhone, Sudah Tahu?

Jenis-Jenis Garansi iPhone, Sudah Tahu?

Techdaily.id – Jika sebelumnya kita membahas tentang bagaimana cara cek garansi iPhone, kini kita akan membahas mengenai Jenis-Jenis Garansi iPhone, baik yang ada di Indonesia maupun global.

BACA JUGA
Spesifikasi Galaxy A32 5G

Tidak sedikit dari para pengguna iPhone sendiri yang lebih mempercayai garansi resmi dari distributor resmi iPhone di suatu negara, ketimbang di negara lain. Hal tersebut memicu sebuah pertanyaan bagi masyarakat yang ingin membeli iPhone dalam kondisi second.

Nah, buat kamu yang sedang mencari iPhone dengan kondisi second, setidaknya kamu perlu mengetahui ulasan tentang jenis-jenis garansi iPhone dan serta pengaruhnya pada perangkat yang hendak kamu beli tersebut.

1. Garansi Resmi

Ini merupakan garansi resmi yang diberikan oleh Apple kepada perusahaan atau distributornya dalam suatu negara. Distributor resmi Apple di Indonesia akan memberikan garansi dalam jangka waktu tertentu untuk pengguna perangkat Apple yang asli.

Pada umumnya, untuk mendapatkan garansi resmi maka Anda harus membeli perangkat Apple di gerai resmi Apple atau authorized reseller di Indonesia. Klaim untuk garansi resmi ini juga biasanya berlaku di berbagai negara alias bersifat internasional, namun untuk beberapa seri tertentu hanya bisa dilakukan di negara tempat membelinya.

2. Garansi Distributor

Garansi ini diberikan oleh distributor yang memasukkan produk Apple secara tidak resmi ke Indonesia. Garansi ini nantinya tidak ditanggung oleh distributor yang memasukannya Indonesia. Artinya, Anda hanya bisa mengklaim garansi ke pihak distributor dan bukan ke service center resmi dari Apple.

iPhone yang dijual oleh distributor ini biasanya lebih murah dibandingkan dengan iPhone resmi. Namun Anda perlu berhati-hati karena banyak iPhone refurbish atau rekondisi yang dijual dengan mengatasnamakan garansi distributor ini. Untuk memastikan perangkat iPhone Anda baru atau refurbish, silakan ikuti tutorialnya di bawah.

3. Garansi Toko/Penjual

Jenis garansi ini biasanya berlaku untuk perangkat Apple palsu, Black Market (BM), KW, supercopy, atau refurbish. Pada umumnya, garansi ini diberikan selama 1 bulan dari tanggal pembelian. Garansi ini hanya berdasarkan kepercayaan antar pembeli dan penjual.

Reputasi toko/penjual akan jadi semakin baik jika mereka bertanggung jawab atas kerusakan barang pelanggan. Harga iPhone dengan garansi toko/penjual umumnya jauh lebih murah dibanding iPhone bergaransi resmi.

4. Garansi Internasional

Nah, jenis garansi ini adalah yang paling fleksibel. Pasalnya, ketika Anda memiliki iPhone bergaransi internasional, Anda bisa mengklaim garansi di seluruh authorized reseller Apple di seluruh dunia. Anda mendapatkan garansi ini ketika Anda membeli iPhone di luar negeri.

BACA JUGA
Kelebihan & Kekurangan Xiaomi Redmi 9, Apa Saja?

Jenis-Jenis Garansi iPhone di Indonesia

Anda juga harus mengetahui beberapa istilah untuk tipe iPhone yang ada di Indonesia sebelum membelinya.

1.iPhone Garansi Internasional

Anda bisa mendapatkan iPhone jenis ini ketika mengikuti pre-order atau membelinya di negara lain, seperti Singapura atau Australia. iPhone bergaransi internasional umumnya adalah unlock. Namun, meskipun garansinya internasional, terkadang kita tidak bisa mengklaim garansi di negara lain selain negara asal tempat membeli iPhone tersebut.

2. iPhone Garansi Resmi

Kurang tepat jika disebut sebagai garansi resmi, karena Apple tidak memiliki pabrik di Indonesia. Oleh karena itu, garansi ‘resmi’ ini diberikan oleh distributor resmi Apple di Indonesia. Namun, hati-hati saat memilih untuk membeli iPhone melalui distributor, karena tidak semua distributor itu resmi.

Anda juga harus berhati-hati karena saat ini banyak iPhone rekondisi atau selundupan yang dijual dalih garansi distributor, padahal nama distributornya sendiri tidak jelas dan jarang kita dengar. Oleh karena itu, Sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu sebelum membeli.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi