Wednesday, September 22, 2021
BerandaGadgetTipsPanduan Cara Cek Garansi iPhone dengan Mudah

Panduan Cara Cek Garansi iPhone dengan Mudah

Techdaily.id – Saat ini di pasar beredar banyak jenis garansi iPhone di online dan retail. Oleh karena itu, calon pembeli harus lebih jeli dalam membedakan iPhone asli dengan yang palsu agar tidak mudah tertipu. Cara cek garansi iPhone sejatinya mudah dan tidak perlu jauh-jauh datang ke store Apple.

BACA JUGA
5 Tips Cerdas Belanja Online

Terdapat banyak cara mengetahui keaslian iPhone, salah satunya adalah dengan mengecek IMEI. Namun, terkadang mengecek IMEI saja tidak cukup untuk memastikan apakah itu iPhone asli atau palsu sehingga Anda juga harus mengecek garansi iPhone tersebut.

Jenis-Jenis Garansi iPhone

1. Garansi Resmi

Ini merupakan garansi resmi yang diberikan oleh Apple kepada perusahaan atau distributornya dalam suatu negara. Distributor resmi Apple di Indonesia akan memberikan garansi dalam jangka waktu tertentu untuk pengguna perangkat Apple yang asli.

Pada umumnya, untuk mendapatkan garansi resmi maka Anda harus membeli perangkat Apple di gerai resmi Apple atau authorized reseller di Indonesia. Klaim untuk garansi resmi ini juga biasanya berlaku di berbagai negara alias bersifat internasional, namun untuk beberapa seri tertentu hanya bisa dilakukan di negara tempat membelinya.

2. Garansi Distributor

Garansi ini diberikan oleh distributor yang memasukkan produk Apple secara tidak resmi ke Indonesia. Garansi ini nantinya tidak ditanggung oleh distributor yang memasukannya Indonesia. Artinya, Anda hanya bisa mengklaim garansi ke pihak distributor dan bukan ke service center resmi dari Apple.

iPhone yang dijual oleh distributor ini biasanya lebih murah dibandingkan dengan iPhone resmi. Namun Anda perlu berhati-hati karena banyak iPhone refurbish atau rekondisi yang dijual dengan mengatasnamakan garansi distributor ini. Nah, untuk jenis garansi iPhone, kamu bisa menemukannya pada pembahasan kami di postingan lainnya.

Selain mengetahui jenis-jenis garansi iPhone, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis iPhone yang ada di Indonesia saat ini. Berikut ulasan lengkapnya.

iPhone Rekondisi

iPhone rekondisi adalah iPhone dalam bentuk sparepart bekas yang dipugar ulang sehingga nampak seperti baru. Umumnya, iPhone rekondisi diberikan garansi distributor selama 1 tahun. Biasanya, iPhone jenis ini berasal dari beberapa seri iPhone yang sudah tidak laku di luar negeri, seperti iPhone CDMA, 4, 4S, dan 5.

iPhone Rekondisi BM

Jika umumnya iPhone rekondisi dari distributor memiliki garansi 1 tahun, iPhone rekondisi Black Market (BM) hanya bergaransi 1 bulan saja. Soal harga tentu lebih murah dibanding iPhone rekondisi bergaransi distributor. iPhone ini dijual dengan kondisi apa adanya, yakni tanpa kartu garansi atau pajak palsu. Terkait jenis iPhone yang ada di Indonesia, kamu bisa menemukan ulasan lengkapnya pada postingan kami selanjutnya.

Cara Cek Garansi iPhone

Banyaknya iPhone palsu yang dijual bebas tentu membuat kita resah. Nah, setelah mengetahui jenis-jenis garansinya sekarang mari kita lakukan beberapa cara cek garansi iPhone berikut ini untuk memastikan keasliannya.

Buka menu ‘Settings’ di iPhone
Pilih menu ‘General’
Lanjutkan dengan memilih ‘About’
Layar akan menampilkan serial number dari iPhone tersebut
Kunjungi situs https://selfsolve.apple.com/ dan ketika serial number iPhone Anda
Setelah memasukkan negara Anda, pilih tulisan ‘See your service and support coverage’ pada menu Service and Repair
Kemudian, layar akan menampilkan detail status dari garansi iPhone Anda

Di sana Anda akan melihat berbagai macam informasi mengenai perangkat iPhone Anda, mulai dari tanggal pembelian hingga masa berlaku garansinya. Jika ternyata garansinya sudah habis padahal Anda baru membelinya, maka Anda patut mencurigai jika iPhone yang Anda beli tersebut bukan iPhone resmi.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi