Wednesday, May 18, 2022
BerandaGadgetRekomendasiMengenal Teknologi SuperVOOC 33W, Teknologi Fast Charging OPPO A76

Mengenal Teknologi SuperVOOC 33W, Teknologi Fast Charging OPPO A76

Techdaily.id – OPPO belum lama ini meluncurkan smartphone seri A terbaru mereka yakni OPPO A76. Smartphone ini merupakan seri A pertama yang ditopang oleh sistem pengisian daya cepat SuperVOOC 33W. Namun, apakah kamu tahu apa itu teknologi SuperVOOC 33W tersebut? Jika belum tahu, ada baiknya kamu menyimak artikel berikut ini.

Akan tetapi, sebelum masuk ke sana, ada baiknya jika kita membahas dulu sejarah singkat dari teknologi pengisian daya cepat ini. Pada awalnya, OPPO mengembangkan sebuah teknologi pengisian daya cepat yang bernama VOOC. VOOC sendiri merupakan kependekan dari Voltage Open Loop Multistep Constant-Current Charging dan mulai dikembangkan sejak tahun 2013 silam. 

BACA JUGA
Cara Mengatasi Jaringan Internet Lambat di Telkomsel

Berbeda dari fast charging buatan produsen lain, teknologi pengisian daya cepat dari OPPO ini lebih berfokus pada peningkatan arus listrik dan bukan meningkatkan tegangan. Dengan mengefisiensikan kecepatan pengisian daya melalui arus dan bukan tegangan, pengisian daya cepat smartphone OPPO tak mengalami panas berlebih dan tentunya lebih aman ketimbang jenis fast charging lainnya.

VOOC sendiri memulai debut pada tahun 2014 melalui smartphone Oppo Find 7. Teknologi fast charging generasi pertama milik OPPO ini berhasil mengisi baterai Find 7 yang punya kapasitas 3.000 mAh hanya dalam waktu 50 menit.

Hingga tahun 2020, OPPO sudah merilis enam generasi VOOC baru. Keenam sistem pengisian daya cepat tersebut adalah VOOC 2.0, VOOC 3.0, VOOC 4.0, SuperVOOC, SuperVOOC 2.0 dan SuperVOOC 125W. Baru pada tahun 2022 ini OPPO membawa teknologi pengisian daya cepat terbaru yakni SuperVOOC 33W pada OPPO A76. 

Mengenal Teknologi SuperVOOC 33W

Sama seperti teknologi SuperVOOC yang lain, SuperVOOC 33W merupakan sebuah ekosistem pengisian daya cepat dan bukan hanya tergantung dari adapternya saja. Setidaknya terdapat 4 elemen yang saling mempengaruhi sistem pengisian daya cepat ini. Mulai dari adapter yang dilengkapi dengan chip Micro Controller Unit (MCU), High Capacity Cable, 2 Cell baterai yang terdapat pada smartphone dan smartphone itu sendiri. Sehingga, kamu tidak bisa menggunakan perangkat charger ini untuk mengisi ulang baterai di smartphone lain yang tidak didukung oleh teknologi SuperVOOC ini. 

teknologi superVOOC 33W

“SuperVOOC adalah sebuah ekosistem yakni adapter, kabel dan baterai serta smartphone yang saling berhubungan. Jadi, jika pengguna hanya menggunakan adapternya saja, maka chip MCU di adapter tersebut akan mengenali batas maksimal arus pada smartphone tersebut dan akan mengaliri daya sesuai dengan batas maksimal tersebut. Jadi, kalau smartphone nya hanya mendukung 18W, maka arus yang dihasilkan oleh adapter ini hanyalah 18W saja,” ujar PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto saat peluncuran smartphone OPPO A76.

Meski mampu mengisi ulang daya dengan cepat, namun OPPO tidak serta merta mengabaikan sisi keamanannya. Selain menjaga suhu ponsel tetap stabil melalui mekanisme peningkatan arus listrik ketimbang tegangan, OPPO juga menyelipkan 5 lapisan proteksi keamanan kelebihan arus daya. Lapisan itu berada pada adapter, baterai, hingga smartphone.

Pada seri OPPO A76, SuperVOOC 33W mampu mengisi ulang daya baterai smartphone ini dari nol hingga 50% dalam kurun waktu kurang lebih setengah jam saja. Bahkan, pengguna hanya membutuhkan waktu pengisian daya 5 menit saja untuk melakukan panggilan telepon selama 3 jam 47 menit, panggilan video WhatsApp selama 62 menit dan streaming YouTube selama 2 jam 10 menit.

OPPO juga sudah menghadirkan sistem perlindungan overcharge dan over-discharge baterai Level-2 dan perlindungan keamanan baterai sehingga pengguna tidak perlu khawatir baterai akan meledak seperti yang terjadi pada beberapa kasus di smartphone merek lain. 

Selain itu, terdapat pula fitur cerdas yakni Optimized Night Charging yang memanfaatkan Al untuk menyesuaikan pola tidur pengguna dan menjadwalkan rencana pengisian baterai yang tersegmentasi pada malam hari. Fitur ini juga mampu menghentikan pengisian daya saat level baterai mencapai 80% di malam hari, lalu melanjutkan pengisian daya satu jam sebelum pengguna bangun tidur. 

Dengan hadirnya teknologi SuperVOOC 33W ini, menggunakan OPPO A76 untuk aktivitas sehari-hari tentunya menjadi lebih menyenangkan. Apalagi, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar yakni 5000 mAh, chipset terbaru Snapdragon 680, RAM 6GB/ROM 128GB hingga dukungan ColorOS 11.1 yang masih tergolong baru. 

Perangkat ini  tersedia secara bertahap di seluruh Indonesia dan mulai dapat dibeli mulai tanggal 18 Februari 2021 dengan harga resmi Rp3.399.000 secara luring dan daring melalui toko-toko yang menjual perangkat smartphone OPPO, OPPO Store yang terdapat di seluruh Indonesia, aplikasi OPPO Store maupun OPPO official Store di seluruh situs e-commerce terkemuka di Indonesia. 

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi