Thursday, December 7, 2023
BerandaGadgetPerbedaan Kamera 50MP Samsung Galaxy S23 dan S23+ 5G Dari HP Lain

Perbedaan Kamera 50MP Samsung Galaxy S23 dan S23+ 5G Dari HP Lain

Techdaily.id – Saat ini terdapat banyak smartphone yang menghadirkan resolusi kamera besar yakni 50MP. Tak terkecuali Samsung yang juga menerapkannya pada S23 dan S23+ 5G. Namun, tentunya terdapat sebuah pertanyaan yang mendasar terkait perbedaan kamera 50MP Samsung Galaxy S23 dan S23+ 5G dari kamera smartphone brand lainnya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika kamu membaca artikel ini dengan seksama karena disini kami akan mengulas seputar kebolehan kamera dari ponsel flagship Samsung tersebut.

Perbedaan Kamera 50MP Samsung Galaxy S23 & S23+ 5G

Ditopang Oleh Chipset Terbaru

Mungkin sebagian dari kamu masih belum paham apa pengaruhnya chipset di smartphone dengan kualitas kamera dari ponsel tersebut. Singkatnya, di dalam satu chipset, terdapat beberapa prosesor yang salah satunya bekerja untuk mengoptimalkan kemampuan kamera dari sebuah ponsel.

Perbedaan kamera 50MP Samsung

Nah, pada Samsung Galaxy S23 dan S23+ terdapat chipset Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy yang didalamnya terdapat prosesor khusus yakni Image Signal Processor (ISP) Qualcomm Spectra yang memiliki kemampuan 18-bit triple Cognitive ISP dan Always-Sensing Camera.

Cognitive ISP merupakan teknologi yang mengandalkan AI atau kecerdasan buatan, di dalamnya ditawarkan kecanggihan bernama real-time Semantic Segmentation. Proses real-time tersebut menawarkan kemampuan AI untuk bisa mengenali setiap objek dalam foto, tidak hanya terbatas pada benda atau scene seperti yang sudah dijumpai saat ini. 

Data yang semakin banyak ditangkap tersebut membuat proses peningkatan kualitas hasil foto semakin tinggi dengan akurasi yang nyaris sempurna. Hasil foto akan semakin bagus dengan tetap mempertahankan kualitas natural.

BACA JUGA
Program Samsung In Store, Ajak 412 Siswa SMK Magang di Samsung

Hadirnya Teknologi Dual Pixel

Samsung telah membekali Galaxy S23 Series 5G dengan teknologi Dual Pixel. Hal ini membuat seluruh piksel di dalam sensor gambar pada kamera punya dua fungsi sekaligus, yakni autofocus dan ‘penyerapan’ warna. 

Perbedaan kamera 50MP Samsung

Jadi, kamera mampu menjalankan fungsi autofocus dengan lebih cepat dan akurat sembari tetap mempertahankan kualitas warna dan detail pada foto. Sebagai hasilnya, pengguna bisa mendapatkan foto portrait yang tajam dengan kualitas fokus yang lebih baik.

Tidak sampai disitu, ponsel ini juga ditopang oleh fitur menarik lainnya yakni AI Stereo Depth Map. Fitur ini ditujukan agar pengguna bisa mendapatkan efek bokeh yang lebih smooth. Fitur ini juga mampu membantu kamera memetakan mana elemen yang harus tampil lebih fokus dan mana elemen yang harus diburamkan. Dengan begitu, siapa pun yang difoto akan tampil lebih standout.

Dukungan Fitur Super HDR

Samsung Galaxy S23 dan 23 5G juga ditopang oleh teknologi Super HDR yang menjadikan konten video kamu lebih epic. Teknologi Super HDR memberikan pengaruh besar bagi hasil video di perangkat ini karena mampu memaksimalkan algoritma AI untuk menciptakan hasil rekaman yang lebih realistis dengan mengoptimalkan kontras warna pada tiap-tiap titik gelap dan terang. 

Algoritma AI yang lebih cerdas ini juga mampu menganalisis tiap frame dan menciptakan detail dan warna yang lebih jernih dengan menyerap cahaya yang ditangkap dari kamera.

BACA JUGA
Konsistensi Samsung Kembangkan Galaxy Ecosystem untuk Bikin Hidup Makin Praktis lewat Fan Edition
Perbedaan kamera 50MP Samsung

Singkatnya, warna rekaman yang dihasilkan bisa lebih vivid. Bahkan, kondisi backlight pun tidak akan mengganggu hasil video karena teknologi ini mampu menggabungkan dua exposure yang berbeda, yaitu exposure tinggi dan rendah, untuk menghasilkan gambar yang tetap terang ketika kamu merekam dengan melawan sumber cahaya.

Peningkatan Pada Fitur Image Stabilization

Samsung juga membekali Galaxy S23 Series 5G dengan penggandaan OIS 2x serta Adaptive VDIS. Dengan begitu, video yang direkam pengguna akan lebih stabil dan minim blur, khususnya ketika menangkap banyak gerakan atau saat merekam dalam kondisi bergerak. 

Ditambah perekaman 8K pada 30fps yang bisa diterapkan saat cahaya terang maupun ketika menggunakan Night Video, seluruh video yang direkam akan menjadi lebih tajam,semakin cinematic dan epic, termasuk dalam kondisi minim cahaya.

Nah, beberapa paparan fakta diatas seharusnya bisa menjawab perbedaan kamera 50MP Samsung Galaxy S23 & S23+ 5G ketimbang smartphone lainnya. Bisa disimpulkan bahwa Samsung tidak hanya bersaing pada besaran tingkat piksel di kamera ponsel mereka melainkan juga menambahkan banyak fitur serta kecerdasan buatan untuk mendukung pengoptimalan resolusi besar di kamera tersebut. 

Spesifikasi Kamera Samsung Galaxy S23 & S23+ 5G

Buat kamu yang ketinggalan, berikut kami hadirkan spesifikasi kamera dari dua smartphone flagship Samsung ini. Pada sektor kamera, keduanya memiliki spesifikasi kamera yang serupa. 

BACA JUGA
The Freestyle Samsung Meluncur di CES 2022

Keduanya menerapkan setup 3 kamera belakang yang masing-masing beresolusi 12MP Ultra Wide (F2.2, FOV 120˚), 50MP sebagai kamera utama (F1.8, FOV 85˚) dan 10MP lensa Tele (3x Optical Zoom, F2.4, FOV 36˚). Sedangkan untuk kamera depannya memiliki resolusi 12MP (F2.2, FOV 80˚ )

Kunjungi Consumer Launch Galaxy S23 Series 5G Sekarang!

Ingin lebih produktif, kreatif, sekaligus tetap stylish? Kamu bisa langsung mendapatkan tiap varian dari Galaxy S23 Series 5G mulai 24 Februari 2023, baik di toko daring maupun gerai retail. Jangan lewatkan juga berbagai penawaran khusus dengan mengunjungi mengunjungi consumer launch di Pondok Indah Mall II, Jakarta pada 8-12 Maret, Grand Indonesia, Jakarta pada 15-19 Maret, dan Sun Plaza, Medan pada 29 Maret – 2 April.

Selama consumer launch, konsumen bisa menikmati penawaran eksklusif senilai total hingga Rp4.100.000 di setiap pembelian Galaxy S23 Series 5G. Keuntungan ini terdiri dari cashback hingga Rp2.000.000 untuk pembelian secara Trade-In dan Purchase with Purchase (dengan aksesori dan wearable Galaxy), cashback dari mitra bank hingga Rp750.000. Ditambah lagi mendapatkan fasilitas perlindungan smartphone Samsung Care+ selama 6 bulan senilai 899.000 dan free casing senilai 499.000. Konsumen yang beruntung akan mendapatkan special gift hasil kolaborasi Samsung dengan VARYAN dan Exacoat  berbahan ramah lingkungan dengan persediaan terbatas.

Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi