Wednesday, September 22, 2021
BerandaGadgetHead2headPerbedaan Refresh Rate Layar HP, Teliti Sebelum Membeli!

Perbedaan Refresh Rate Layar HP, Teliti Sebelum Membeli!

Techdaily.id – Saat ini, tidak sedikit produsen smartphone yang menghadirkan perangkat dengan refresh rate layar yang tinggi. Akan tetapi, tidak semua pengguna mengetahui perbedaan refresh rate layar HP tersebut.

BACA JUGA
Perbedaan Samsung Galaxy Z Flip 3 vs Fold 3 Dijual di Indonesia, Apa Bedanya?

Kini, smartphone tidak hanya menjadi perangkat komunikasi, melainkan tertanam di gaya hidup setiap penggunanya. Tak heran, teknologi dalam smartphone pun berkembang sesuai kebutuhan penggunanya. Misalnya saja perkembangan teknologi pada layar smartphone yang tingkat kecanggihannya sudah setara dengan layar monitor komputer gaming mahal berkat adanya fitur Refresh Rate.

Produsen smartphone berlomba-lomba untuk mengimplementasikan Refresh Rate pada produknya demi meningkatkan pengalaman pengguna. Baik smartphone Android maupun smartphone Apple iPhone, semuanya sudah menggunakan teknologi Refresh Rate layar yang tinggi. Nah, jika kamu masih bingung mengenai perbedaan refresh rate layar HP, beirkut kami hadirkan sedikit ulasannya.

Umumnya, smartphone dengan Refresh Rate 60 Hz sudah cukup membuat mata penggunanya nyaman ketika menggunakan smartphone. Meski demikian, para produsen smartphone mengembangkan Refresh Rate hingga mencapai 90 Hz, 120 Hz, 144 Hz, bahkan 240 Hz. Apakah kegunaannya?

Refresh Rate pada layar smartphone berfungsi untuk memberikan kesan halus pada setiap transisi dalam pergerakan objek. Tingginya level Refresh Rate akan mempengaruhi perpindahan antar aplikasi, scrolling, texting, dan pergerakan lainnya. Dengan demikian pengalaman dari User Gesture pun akan menjadi lebih baik.

Nah, sampai disini kamu tentu sudah bisa sedikit mengetahui perbedaan antara refresh rate 60Hz atau yang lebih tinggi kan?

Akan tetapi, tidak semua pengguna smartphone membutuhkan Refresh Rate tinggi. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Refresh Rate 60 Hz sudah cukup memanjakan visual pengguna.

Meski demikian, pengguna dapat memilih Refresh Rate 90 Hz untuk mendapatkan scrolling dan transisi yang lebih lembut dan tidak kaku. Lebih lanjut, penggunaan Refresh Rate di atas 90 Hz disarankan bagi gamers untuk menikmati visual permainan yang lebih halus, sedangkan Refresh Rate di atas 90 Hz tidak akan begitu bermanfaat bagi non gamers.

Refresh Rate tinggi akan menjadi berguna bagi para gamer yang suka memainkan gim kompetitif seperti PUBG, Call of Duty dan berbagai jenis Games Shooter kompetitif lainnya. Pasalnya, Refresh Rate tinggi membantu pemain untuk melihat objek yang dibidik secara real time. Dalam berbagai skenario permainan, pengguna smartphone dengan Refresh Rate tinggi pastinya akan lebih diuntungkan daripada pengguna smartphone dengan Refresh Rate rendah.

Meskipun memberikan pengalaman bermain yang lebih lancar, akurat, presisi dan real time, Refresh Rate yang tinggi akan membuat baterai sangat boros karena fitur ini membutuhkan daya yang besar untuk dapat beroperasi secara optimal. Ketika memanfaatkan fitur Refresh Rate, hardware juga akan bekerja dengan keras sehingga bisa terjadi overheat pada smartphone. Untuk itu, produsen smartphone memberi solusi dengan menyediakan opsi untuk menaikkan atau menurunkan Refresh Rate layar sesuai kebutuhan penggunanya.

BACA JUGA
Jenis iPhone yang Ada di Indonesia, Mau Beli yang Mana?

Pengguna smartphone juga harus menggunakan fitur Refresh Rate dengan bijak. Saat menggunakan smartphone untuk kegiatan biasa, pengguna dapat menggunakan Refresh Rate 60 Hz. Apabila membutuhkan tampilan yang lebih halus, pengguna dapat meningkatkan level Refresh Rate sesuai keinginan dengan konsekuensi baterai cepat habis dan cepat overheat.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi