Wednesday, September 22, 2021
BerandaGadgetMenanti Ponsel Lipat Google yang Tampi Beda

Menanti Ponsel Lipat Google yang Tampi Beda

TechDaily.id – Tren ponsel lipat atau foldable phone nampaknya akan marak di tahun 2019 ini. Beberapa produsen pun mulai berlomba-lomba memamerkan ponsel lipat mereka, mulai dari Samsung, Huawei hingga Xiaomi.

Hentakan tersebut nampaknya cukup  menyengat raksasa teknologi, Google. Si pemilik oaten Android ini juga tak mau ketinggalan membuat smartphone lipat ala mereka.

Sangat serius, Google pun sampai membuat paten WIPO dengan nama “Foldable Display Neutral Axis Management With Thin, High Modulus Layer” dengan nomor registrasi US20180356859, seperti yang dimuat di laman patentscope.wipo.int. Dilansir dari Phone Arena (20/3), Google akan menggunakan rancangan lipat berbentuk cangkang kerang, bukan desain model ponsel dilipat seperti buku yang dipakai Huawei dan Samsung.

Ponsel lipat Samsung dan Huawei akan berubah menjadi tablet jika dibuka seperti buku, sementara gmbar paten Google menunjukkan mereka menyiapkan lipatan berbentuk “Z”.

Google mengakui akan sulit membuat lipatan Z, namun mereka menyatakan sudah memiliki solusi agar tablet dapat dilipat menjadi ponsel dengan cara tersebut.

Google menggunakan bahan-bahan dengan modulus Young yang bervariasi untuk lapisan yang berbeda, tergantung pada posisinya dibandingkan dengan yang disebut bidang netral.

Modulus Young hanya menggambarkan sifat elastis suatu material. Masalah terbesar dengan tampilan yang dapat dilipat adalah ketika dilipat, lapisan-lapisan yang berbeda membengkokkan jari-jari yang sedikit berbeda. Untuk mengatasinya, Google ingin menggunakan bahan yang mengkompensasi perbedaan ini dengan elastisitasnya. Secara teoritis, ini berarti bahwa ketika tampilan dibuka, tidak akan ada “benjolan” di tengah.

Meski begitu, Google sendiri hingga kini masih belum mau buka suara terkait kapan smartphone lipat versi mereka hadir di pasaran. Well, kita tunggu saja.

BACA JUGA
Resmi, Ini Harga Redmi 8A
BACA JUGA
4 Fitur Seru Project xCloud yang Wajib Dicoba
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi