Monday, July 15, 2024
BerandaEnterpriseQualcomm dan Meta Kolaborasi Hadirkan On-Device AI dengan Model Llama 2

Qualcomm dan Meta Kolaborasi Hadirkan On-Device AI dengan Model Llama 2

TechDaily.id – Qualcomm dan Meta kolaborasi mengoptimalkan eksekusi model bahasa dasar besar Llama 2 langsung di perangkat. Ini menghilangkan kebutuhan ketergantungan yang tinggi pada layanan cloud.

Dengan menjalankan model AI generatif seperti Llama 2 pada smartphone, PC, headset VR/AR, dan kendaraan, pengembang dapat menawarkan pengalaman yang lebih pribadi, andal, dan dipersonalisasi kepada pengguna sambil menghemat biaya cloud.

Kemitraan ini bertujuan untuk menyediakan implementasi AI berbasis Llama 2 pada perangkat, memberdayakan pengembang untuk membuat aplikasi AI yang inovatif, sebagaimana dikutip dari Gizmo China.

Pelanggan, mitra, dan pengembang akan dapat memanfaatkan kekuatan pengalaman AI ini untuk membangun asisten virtual cerdas, alat produktivitas, platform pembuatan konten, dan aplikasi hiburan. Salah satu keunggulan signifikan AI pada perangkat adalah kemampuannya untuk berfungsi di area tanpa konektivitas internet atau bahkan dalam mode pesawat.

Durga Malladi, wakil presiden senior, dan manajer umum bisnis teknologi, perencanaan, dan solusi edge di Qualcomm Technologies, menyatakan dukungannya terhadap pendekatan Meta terhadap AI yang terbuka dan bertanggung jawab.

BACA JUGA
Bocoran Xiaomi 15, Bakal Pertahankan Layar Datar 6,36 Inci

Malladi menekankan komitmen perusahaan untuk mendorong inovasi dan memfasilitasi pengembangan AI untuk pengembang dari semua ukuran, membayangkan AI generatif untuk berjalan mulus di perangkat cloud dan edge seperti smartphone, laptop, kendaraan, dan perangkat IoT.

Kolaborasi antara Meta dan Qualcomm Technologies dibangun di atas sejarah panjang mereka dalam mendorong inovasi teknologi untuk menghadirkan pengalaman perangkat premium. Kemitraan ini mencakup penelitian bersama dan upaya rekayasa produk yang ditujukan untuk mendukung ekosistem Llama.

Kepemimpinan Qualcomm Technologies dalam on-device AI secara unik memposisikannya untuk mendukung Llama, mengingat kehadirannya yang luas di edge, memberi daya pada miliaran ponsel cerdas, kendaraan, headset XR, kacamata, PC, dan perangkat IoT dengan solusi perangkat keras dan perangkat lunak AI terkemuka di industri .

Dijadwalkan akan tersedia mulai tahun 2024 dan seterusnya, Qualcomm Technologies berencana untuk menawarkan implementasi AI berbasis Llama 2 pada perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon.

Pengembang dapat memulai hari ini dengan mengoptimalkan aplikasi mereka untuk AI di perangkat menggunakan Qualcomm AI Stack, seperangkat alat khusus yang memungkinkan pemrosesan AI yang lebih efisien di Snapdragon.

BACA JUGA
Honor 80 Bakal Ditopang Snapdragon 782G SoC

Teknologi terobosan ini memungkinkan AI pada perangkat bahkan pada perangkat kecil, tipis, dan ringan. Masa depan teknologi tampaknya menjanjikan, dan penuh kejutan. Kami di sini untuk itu semua!

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi