Saturday, May 21, 2022
BerandaReviewSmartphoneReview realme GT 2 Pro, Performa Gahar dan Ramah Lingkungan!

Review realme GT 2 Pro, Performa Gahar dan Ramah Lingkungan!

Techdaily.id – realme akhirnya meluncurkan smartphone flagship premium mereka yang sudah lama ditunggu yakni realme GT 2 Pro. Sebelumnya, tim Redaksi Techdaily sendiri telah melakukan hands-on versi Eropa dari smartphone flagship tersebut dan kini, kami berkesempatan untuk melakukan review realme GT 2 Pro versi Indonesia yang sepertinya tidak memiliki perbedaan spesifikasi yang mencolok ketimbang versi Eropa dan China. 

BACA JUGA
Smartfren Tawarkan Bundling realme C3 dengan Total Bonus Kuota 384GB selama 2 tahun

Sekadar informasi, smartphone ini tampak begitu spesial bagi realme. Bahkan, beberapa waktu lalu President of realme International Business Group, Madhav Sheth mengungkapkan bahwa realme GT 2 Pro merupakan smartphone yang sangat komplit dan siap bersaing di pasar flagship seluruh dunia.

“Smartphone ini menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen-1 dan menjadi yang pertama secara global yang menggunakan prosesor ini, kemudian GT 2 Pro juga dilengkapi layar LTPO 2.0 Amoled yang mana saat ini menjadi yang terbaik di industri dan disaat yang bersamaan smartphone ini menggunakan teknologi pengisian daya terbaik sehingga saya fikir ini adalah smartphone yang lengkap,” ujar Madhav Sheth pada interview ekslusif dengan tim Redaksi Techdaily di ajang Mobile World Congress (MWC) beberapa waktu lalu.

Nah, buat kalian para realme Fans yang ingin membeli smartphone ini, yuk simak dulu ulasan khusus kami tentang review realme GT 2 Pro berikut ini. 

BACA JUGA
Kamu Pengen Jadi TikTokers? Yuk Belajar Cara Live di TikTok!

Review realme GT 2 Pro

Desain

realme GT 2 Pro menjadi smartphone pertama di dunia yang mengusung konsep desain ramah lingkungan. Bersama dengan desainer terkemuka Naoto Fukasawa, realme juga membuat desain berbasis Bio Polimer Pertama di Industri, yang didasarkan pada konsep seni kertas yang berkelanjutan. Kertas sendiri merupakan inti dari seluruh filosofi desain realme GT 2 Pro. Setelah 12 bulan penelitian dengan 63 prototipe, varian terakhir realme GT 2 Pro menggabungkan keahlian mutakhir dan proses pengukiran laser 0,1 mm.

Sejalan dengan filosofi desain keberlanjutan, bagian belakang realme GT 2 Pro terbuat dari bahan kopolimer berbasis bio LNP ELCRIN SABIC, yang disertifikasi oleh ISCC+. Dibandingkan dengan alternatif berbasis fosil, bahan ini dapat menawarkan kinerja yang serupa, sekaligus memberikan pengurangan CO2 sebesar dua kilogram per satu kilogram bahan kopolimer berbasis bio LNP ELCRIN.

Selain itu, sumber bahan berbasis bio SABIC juga berasal dari limbah atau residu biomassa yang tidak bersaing dengan rantai makanan, seperti minyak mentah tinggi dan minyak nabati yang diolah dengan air.

Tidak hanya pada material perangkat, konsep ramah lingkungan juga diterapkan pada kotak penjualan. Kotak realme GT 2 Pro menggunakan juga menggunakan bahan yang ramah lingkungan dengan 21.7% plastic compound. Tinta pada kotak penjualan juga ramah lingkungan, menggunakan soy ink.

Smartphone ini sendiri memiliki dimensi 163.2 x 74.7 x 8.2 mm dengan berat hanya sekitar 189 gram saja, cukup tipis dan ringan di genggam. Tekstur kertas pada bodi belakang smartphone ini juga menjadikannya tidak licin ketika berada di genggaman kamu. Selain menegaskan kesan mewah, menurut kami desain smartphone ini menjadi salah satu yang terbaik yang pernah dikembangkan oleh realme bersama dengan smartphone realme GT Master Edition beberapa waktu lalu.

Layar

Masuk ke bagian layar, kamu akan menemukan sebuah layar berukuran berukuran 6,7 inci berjenis LTPO 2.0 Amoled. Memiliki resolusi 2K, layar smartphone ini menawarkan visualisasi terbaik khas smartphone flagship. Selain itu, layar smartphone ini memiliki refresh rate yang mencapai 120Hz dengan tingkat kecerahan maksimum 1400 nits. 

Sekadar informasi, realme GT 2 Pro merupakan smartphone pertama di Industri yang menggunakan 2K Amoled dengan LTPO 2.0. Layar smartphone ini juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus yang bisa bertahan jika terjatuh dari ketinggian 2 meter. 

Menurut kami, layar smartphone ini punya ukuran yang cukup bongsor sehingga agak sulit dioperasikan dengan satu tangan saja. Namun, jika kamu adalah seorang mobile gamers, rasanya layar realme GT 2 Pro bisa memberikan pengalaman gaming yang luar biasa. Apalagi, terdapat sebuah fitur pada layar realme GT 2 Pro yakni Turbocharged Touch Sampling yang mampu meningkatkan touch sampling rate hingga 1000 Hz ketika digunakan untuk bermain game.

 

Performa

Bagian performa merupakan salah satu keunggulan dari smartphone ini. realme GT 2 Pro hadir dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang punya sistem fabrikasi 4nm. Dengan lebih dari 50 fitur Snapdragon Elite Gaming, Snapdragon 8 Gen 1 menghadirkan respon yang sangat cepat, tampilan dengan HDR yang kaya warna serta dukungan kualitas visual tertinggi, dan kemampuan tingkat desktop yang mengutamakan seluler.

Ditopang oleh GPU Qualcomm Adreno terbaru, chipset ini mampu memberikan peningkatan 30 persen dalam kemampuan rendering grafis dan 25 persen peningkatan penghematan daya dibandingkan dengan generasi sebelumnya untuk membuka pintu menuju GPU seluler generasi baru. Kelebihan Snapdragon 8 Gen 1 lainnya, bisa kamu lihat di pembahasan kami sebelumnya. 

BACA JUGA
Jajal realme Buds, Earphone Wireless Pertama realme

Terdapat beberapa konfigurasi RAM dan ROM untuk menemani chipset ini mulai dari 8GB/128GB, 8GB/256GB, 12GB/256GB, 12GB/512GB. Selain itu, realme GT 2 Pro juga sudah berjalan pada realme UI 3.0 berbasis Android 12. 

Smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan sistem pendingin yang baru yakni Stainless Steel Vapour Cooling Max yakni lapisan pendingin yang dua kali lebih luas ketimbang versi sebelumnya. Mampu mengcover area hingga 36,761 mm2, sistem pendingin ini mampu memastikan smartphone memiliki suhu maksimal hanya 19 derajat celcius saja. 

Hal ini tentunya akan meningkatkan pengalaman bermain game para pengguna dan menjadikan smartphone tetap dingin sembari menyajikan performa yang gahar. Berbicara mengenai gaming, realme GT 2 Pro juga sudah dilengkapi dengan GT Mode 3.0 yang mampu memaksimalkan kinerja GPU dari chipset Snapdragon 8 Gen 1. 

Untuk menguji performa nya, kami menggunakan beberapa benchmark dan bermain game populer PUBG. Berikut hasilnya. Pada PCMark, smartphone ini mampu meraih skor 14015, sedangkan pada pengujian di 3DMark, smartphone ini mampu meraih Maxed Out pada Sling Shot Extreme dan 2570  untuk Wild Life Extreme. 

Kemudian, saat ponsel ini diajak bermain game Call of Duty Mobile, realme GT 2 Pro mampu menyuguhkan grafis Very high dan frame rate Max. Akan tetapi, ketika bermain game ini sekitar kurang lebih 30 menit, kami merasakan adanya peningkatan suhu, terutama pada bagian di dekat rumah kamera. Tapi menurut kami ini wajar adanya. 

Kamera

Salah satu bagian terpenting dari smartphone flagship adalah kamera. Untuk itu, realme menghadirkan kamera beserta fitur-fitur terbaik pada smartphone ini. realme GT 2 Pro hadir dengan dukungan tiga kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 50MP dengan lensa wide, 50MP menggunakan lensa ultra wide dan lensa micro dengan 40X zoom. Sementara untuk kamera depannya menggunakan satu buah lensa dengan resolusi 32MP. Lensa kamera selfie ini tergolong besar dengan lebar lensa mencapai 26mm dan bukaan diafragma yang cukup besar, yakni mencapai f/2.4.

Sementara dua lensa kamera utama dari smartphone ini menggunakan sensor Sony IMX766. Sensor gambar Sony IMX766 sebesar 1/1,56 inci, yang menjadikannya salah satu yang terbesar di kelasnya. Keunggulan sensor besar ini dalam mengambil foto minim cahaya adalah dapat menangkap cahaya lebih banyak walaupun kondisi sekitar gelap dan tentunya meminimalisir noise.

Selain itu, sensor Sony IMX766 juga bisa memaksimalkan penggunaan algoritma HDR dasar. Pada kondisi low light, sensor ini mampu mengoreksi white balance lebih baik ketimbang sensor sebelumnya yang cenderung menjadikan foto tampak lebih menguning.

Perangkat ini juga menghadirkan sederet fitur kamera unggulan seperti 150 derajat Ultra Wide 50MP, 3D Photo, Fish Eye hingga Microscope. Hanya saja, pada smartphone ini belum tersedia fitur Street Photography 2.0 yang ditopang dengan filter long exposure ciamik. Untuk hasil foto dari kamera smartphone ini, kamu bisa cek sendiri ya.

Baterai

realme GT 2 Pro hadir dengan baterai besar berukuran 5000 mAh. Smartphone ini juga dilengkapi dengan 65W Ultra-Dart Charge yang mampu mengisi ulang baterai dari 0 hingga 100 dalam kurun waktu 33 menit saja. Ini yang unik, realme berhasil menyelipkan baterai dengan kapasitas sebesar itu sementara body smartphone juga tidak terlampau tebal. 

review realme Gt 2 Pro

Untuk menguji daya tahan baterai ini, tim Redaksi Techdaily menggunakan aplikasi PCMark dan berikut hasilnya. Pada aplikasi ini, baterai dari realme GT 2 Pro mampu bertahan selama 13 jam 44 menit. 

Kesimpulan

review realme GT 2 Pro masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami, smartphone ini sangat memenuhi syarat untuk masuk kedalam kategori flagship. Banyaknya teknologi terbaru pada realme GT 2 Pro, mulai dari kamera, layar, prosesor dan sektor pendingin hingga hal yang paling kami sukai-segi desainnya membuat kami terkesan. Yap, desain smartphone ini benar-benar menunjukan bagaimana realme begitu serius masuk ke dalam pasar flagship. Apalagi, material Bio Polimernya yang ramah lingkungan menjadi sebuah nilai tambah tersendiri. 

BACA JUGA
Review realme C21Y, HP Sejutaan Untuk Sekolah Online

realme GT 2 Pro hadir dengan varian 12GB+256GB serta dua pilihan warna Paper White dan Steel Black yang bisa didapatkan dengan harga khusus pre-order Rp 9.499.000 tanggal 22-29 Maret. realme GT 2 Pro hadir secara eksklusif di Shopee dan silakan klik link berikut untuk informasi lebih lanjut: https://bit.ly/SKUGT2ProdiShopee dimana setiap pembelian realme GT 2 Pro anak muda secara otomatis ikut menyumbang Rp 10.000 untuk kelestarian lingkungan. 

REVIEW OVERVIEW

Desain
Layar
Performa
Kamera
Baterai

SUMMARY

review realme GT 2 Pro masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami, smartphone ini sangat memenuhi syarat untuk masuk kedalam kategori flagship. Banyaknya teknologi terbaru pada realme GT 2 Pro, mulai dari kamera, layar, prosesor dan sektor pendingin hingga hal yang paling kami sukai-segi desainnya membuat kami terkesan
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi