Saturday, May 21, 2022
BerandaReviewReview Samsung Galaxy A23, HP 3 Jutaan Cocok Buat Temani Bulan Ramadan

Review Samsung Galaxy A23, HP 3 Jutaan Cocok Buat Temani Bulan Ramadan

Techdaily.id – Jika kamu saat ini sedang mencari-cari rekomendasi smartphone untuk menjadi kado lebaran, mungkin Samsung Galaxy A23 bisa jadi pilihan yang objektif. Pasalnya smartphone ini menawarkan spesifikasi mumpuni dan juga harga yang relatif terjangkau. Namun, bagaimana dengan kualitas dan performa nya? Untuk mengetahui hal ini, kamu bisa mengikuti ulasan tentang review Samsung Galaxy A23 berikut ini.

BACA JUGA
Bukan Reno Series, OPPO Bakal Luncurkan A Series Pekan Depan

Sekadar informasi, Galaxy A23 sendiri merupakan smartphone Samsung yang diluncurkan pada akhir Maret lalu. Smartphone ini mengandalkan beberapa fitur unggulan seperti kamera beresolusi besar, dukungan baterai berkapasitas besar dan tentunya desain serta layar yang jernih.

Untuk menguji ketangguhan dari smartphone ini, tim Redaksi Techdaily melakukan produk review Samsung Galaxy A23 ini yang diharapkan bisa memberikan gambaran yang lebih luas bagi kamu sebelum benar-benar meminang smartphone ini. Penasaran bagaimana review nya? Yuk Scroll ke bawah lagi!

Review Samsung Galaxy A23

Desain & Layar
Samsung Galaxy A23 hadir dengan empat pilihan warna yang bisa dipilih. Pada kesempatan ini, kami mendapatkan warna hitam. Smartphone ini sendiri memiliki dimensi 164.5 x 76.9 x 8.4 mm dengan bobot hanya 195 gram saja. Cukup tipis, namun agak bongsor. Pada bagian bawah, kamu akan menemukan port audio 3.5 mm, port USB Type C, lubang mic dan lubang speaker. Sedangkan di bagian atasnya, kamu tidak akan menemukan lubang apapun.

Untuk tombol volume dan Power, kamu akan menemukannya pada sisi sebelah kanan smartphone, sementara tray SIM Card akan kamu temukan pada bagian kiri. Sebagai catatan, smartphone ini mengusung konsep side fingerprint yang terletak pada tombol powernya. Jujur, kami cukup menyukai fingerprint yang satu ini lantaran lebih praktis dan tidak perlu mengotori layar untuk membuka kunci.

Berbicara mengenai layar, Galaxy A23 memiliki dukungan layar PLS LCD dengan ukuran 6,6 inci dan memiliki resolusi Full HD+ yang punya refresh rate mencapai 90Hz. Layar berjenis Infinity-V ini dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi jika smartphone kamu tergores oleh koin dan semacamnya.

Secara keseluruhan, kami cukup terkesan dengan desain dan tampilan smartphone ini. Namun, perlu diperhatikan kalau pada bagian belakang body cukup licin dan mudah sekali terkena bekas sidik jari. Disarankan, kamu menggunakan jelly case untuk mengatasi hal tersebut.

Kamera
Beralih ke bagian kamera, smartphone ini mengusung konsep empat kamera belakang yang masing-masing beresolusi 50MP, 5MP, 2MP dan 2MP. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8MP. Kamera utama smartphone ini sendiri sudah didukung oleh teknologi Optical Image Stabilization (OIS), sehingga pengguna bisa mendapat hasil video yang lebih smooth, lebih tajam, dan lebih stabil. OIS pun membuat perangkat bisa menangkap lebih banyak cahaya, yang menjadikan foto dan video kamu akan tampak lebih cerah di kondisi low-light.

Interface kamera smartphone ini juga cukup simpel di mana kamu akan menemukan mode auto, mode portrait, video dan more. Smartphone ini juga menyediakan beberapa filter yang bisa dipilih sesuai dengan selera kamu. Filter-filter yang berisi preset warna ini juga cukup keren dan menyerupai filter foto instagramable loh.

Untuk mengaktifkan mode 50MP nya, kamu hanya perlu menekan pilihan aspek rasio yang terletak pada mode auto, kemudian nantinya smartphone ini akan menghadirkan pilihan untuk mode 50MP.

Lantas, bagaimana dengan kualitas kamera nya? Di bawah ini merupakan beberapa sampel foto yang berhasil kami ambil menggunakan kamera smartphone ini.

Menurut kami, kamera Galaxy A23 cukup bagus dan sesuai ekspektasi. Hanya saja, kami rasa kamera smartphone ini kurang memiliki fitur-fitur kekinian seperti Mix Portrait atau pun Color Portrait yang bisa secara otomatis mengubah warna latar belakang menjadi B/W.

Performa
Samsung Galaxy A23 hadir dengan dukungan chipset Snapdragon 680 dengan beberapa pilihan konfigurasi RAM dan ROM. Untuk perangkat yang kami uji, menggunakan konfigurasi RAM sebesar 6GB dengan penyimpanan internal sebesar 128GB. Smartphone ini juga sudah berjalan pada One UI 4.1 berbasis Android 12 yang tentunya menjanjikan interface yang smooth dan enteng.

Buat kamu yang belum tahu, Snapdragon 680 sendiri dibuat dengan fabrikasi 6nm dan mengandalkan CPU Kryo 265 dengan clock speed mencapai 2,4 Ghz dan GPU Adreno 610. Keistimewaan chipset ini adalah dengan hadirnya Image Signal Processor (ISP) Spectra 346 yang akan meningkatkan kemampuan pemrosesan gambar. ISP ini memungkinkan chipset untuk memproses gambar dari tiga kamera secara simultan.

Di atas kertas, smartphone ini memang memiliki dapur pacu yang mumpuni. Namun, bagaimana dengan performa nya? Untuk mengetahuinya, kami melakukan pengujian menggunakan aplikasi PCMark dan bermain game Call of Duty Mobile. Hasilnya? Smartphone ini mampu menghasilkan skor 7196 dan mampu menyuguhkan settingan grafis High dengan frame rate Medium.

Menurut kami, performa dari smartphone ini lumayan bagus untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game berat. Apalagi dengan hadirnya fitur RAM Plus, menjadikan RAM di smartphone ini mampu ditambahkan hingga 6GB lagi.

Baterai
Buat kamu yang mendambakan baterai berkapasitas besar, kamu akan menemukannya pada smartphone ini. Pasalnya, Galaxy A23 ini hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang diklaim bisa bertahan hingga 2 hari pemakaian normal. Samsung membenamkan baterai sebesar ini ke dalam smartphone yang punya body cukup tipis. Selain itu, baterai smartphone ini juga ditopang oleh sistem pengisian daya cepat 25W.

Review Samsung Galaxy A23

Untuk menguji daya tahan baterai ini, kami menggunakan aplikasi PCMark dan berikut hasilnya. Smartphone ini mampu bertahan dalam pengujian battery test PCMark hingga 17 Jam 46 menit. Hasil ini tentunya bisa menunjang aktivitas kamu sehari-hari, baik untuk urusan pekerjaan, maupun hiburan.

BACA JUGA
Fitur Unggulan Snapdragon 720G, Kenceng Banget!

Kesimpulan
Review Samsung Galaxy A23 masuk ke bagian kesimpulan. Smartphone ini mulai tersedia di toko offline mulai 1 April 2022. Galaxy A23 dibanderol dengan harga Rp3.499.000 untuk varian 6GB/128GB. Menurut kami, smartphone ini cocok sekali dimiliki oleh anak muda yang punya banyak aktivitas di luar ruangan dan bisa menjadi ‘teman setia’ saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Galaxy A23 memiliki desain menarik yang kekinian, punya kamera resolusi besar dan baterai yang tahan seharian.

Sebagai catatan dari kami, smartphone ini belum didukung oleh layar AMOLED khas Samsung. Namun, layar ponsel ini sudah tergolong jernih saat digunakan untuk menonton video maupun bermain game.

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Kamera
Performa
Baterai

SUMMARY

Review Samsung Galaxy A23 masuk ke bagian kesimpulan. Smartphone ini mulai tersedia di toko offline mulai 1 April 2022. Galaxy A23 dibanderol dengan harga Rp3.499.000 untuk varian 6GB/128GB. Menurut kami, smartphone ini cocok sekali dimiliki oleh anak muda yang punya banyak aktivitas di luar ruangan dan bisa menjadi 'teman setia' saat menjalankan ibadah puasa Ramadan.
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi