Thursday, May 30, 2024
BerandaReviewReview Samsung Galaxy A24 : Kelebihan & Kekurangan

Review Samsung Galaxy A24 : Kelebihan & Kekurangan

Techdaily.id – Samsung menghadirkan smartphone entry level terbaru mereka yakni seri Galaxy A24 beberapa waktu lalu. Buat kamu yang ingin membeli perangkat ini, ada baiknya kamu melihat ulasan kami berikut dengan tajuk Review Samsung Galaxy A24. 

Smartphone ini hadir dengan dukungan kamera resolusi besar yakni 50MP sebagai kamera utama mereka. Tapi, hal ini bukan satu-satunya kelebihan dari smartphone ini. Penasaran ada kejutan apa dari Samsung di smartphone ini? Yuk simak review selengkapnya!

Review Samsung Galaxy A24

Desain

Galaxy A24 yang kami review memiliki warna Green Lime yang memancarkan warna hijau segar dan ditujukan untuk pengguna nya yang enerjik dan easy going. Selain warna ini, Samsung juga menghadirkan warna lain yakni Silver dan Black. 

Beralih ke bagian sisi kanan handphone, terdapat tombol volume dan power yang disusun secara vertikal. Tombol power dibuat lebih datar karena berfungsi juga sebagai sensor pemindai sidik jari.

Sementara pada bagian kiri terdapat slot kartu SIM yang terdiri dari dua slot kartu SIM yang terpisah dari slot kartu microSD. Adapun pada bagian bawahnya tersemat port jack audio 3,5mm, port USB Type-C, dan lubang speaker. 

Secara keseluruhan, kami cukup suka dengan desain smartphone ini. Hanya saja, bagian penampang belakang smartphone cukup mudah terkena bercak sidik jari. Terlebih lagi, Samsung tidak memberikan soft case pada kotak penjualan mereka. 

Layar

Review Samsung Galaxy A24 beralih ke bagian layar. Smartphone ini hadir dengan dukungan layar berjenis Super Amoled berukuran 6,5 inci dengan resolusi Full HD+. Dengan dukungan panel layar ini, visualisasi yang dihasilkan oleh Galaxy A24 menjadi lebih jernih dan tajam. 

BACA JUGA
Ingin Program Diet Lebih Efektif? Cek Tips Ini

Apalagi, layar nya punya tingkat kecerahan hingga 1000 nits yang memungkinkan pengguna menatap layar ponsel ini ditengah terik matahari sekalipun. 

Selain itu, ponsel ini juga memiliki teknologi refresh rate yang cukup tinggi yakni 90Hz yang tentunya bisa menampilkan animasi dengan lebih smooth. 

Namun perangkat ini tidak mempunyai fitur Adaptive Refresh Rate sehingga hanya bisa menguncinya di kecepatan refresh rate High (90Hz) atau Standard (60Hz).

Kami cukup terkesan dengan dukungan layar di smartphone ini. Hanya saja, mungkin satu hal yang dilupakan oleh Samsung. Yap, Samsung masih menggunakan konsep layar poni yang menurut kami sudah cukup ketinggalan jaman. 

Kamera

Samsung Galaxy A24 ditopang oleh dukungan tiga kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 50MP, 5MP dan 2MP dimana kamera utama nya sudah dilengkapi dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization). 

Sedangkan untuk kamera depannya, smartphone ini menggunakan satu buah kamera dengan resolusi 13MP. 

Untuk kualitas foto yang dapat diabadikan oleh kamera belakang Galaxy A24 bisa dibilang cukup baik di kelas menengah. Kamera utama dan ultrawide dari handphone ini memiliki ketajaman dan reproduksi warna yang nyaman dilihat oleh mata. 

Kami cukup terkesan dengan kemampuan kamera smartphone ini, apalagi jika kamu menggunakan kemampuan 50MP nya di kondisi minim cahaya. 

BACA JUGA
Samsung Galaxy Z Fold 2 Mulai Menerima Update UI 5.1.1

Di atas merupakan beberapa contoh foto yang dihasilkan oleh kamera smartphone ini. 

Performa

Samsung Galaxy A24 didukung oleh chipset MediaTek Helio G99 Octa-Core 2,2 GHz yang sudah banyak digunakan oleh berbagai handphone kelas menengah.

Chipset besutan MediaTek ini dilengkapi dengan fitur MediaTek HyperEngine 2.0 Lite gaming yang diklaim mampu meningkatkan performa dan kestabilan jaringan internet ketika game sedang berjalan di handphone.

Terdapat RAM 8 GB untuk menangani aktivitas multitasking pada Galaxy A24. Ditambah lagi disediakan fitur RAM Plus yang memungkinkan peminjaman ruang kosong penyimpanan internal untuk menjadi RAM virtual dengan pilihan 2 GB, 4 GB, 6 GB, hingga 8 GB. Sementara untuk penyimpanan internalnya sendiri berkapasitas 128GB yang kami rasa sudah cukup besar untuk menyimpan berbagai kenangan dalam bentuk foto dan video hingga data game. 

Smartphone ini juga berjalan di One UI 5.1 berbasiskan Android 13 yang mempunyai tampilan antarmuka simpel dan ukuran ikon cukup besar sehingga memudahkan dalam proses navigasi antar menu maupun aplikasi.

Untuk menguji performa nya, kami bermain game Call of Duty Mobile dan melakukan pengujian dengan aplikasi PCMark. 

Saat bermain CODM, smartphone ini hanya mampu menyuguhkan settingan grafis Medium dan frame rate High. Sementara untuk pengujian di PCMark, ponsel ini mampu mencatatkan skor 8456. Menurut kami ini bukan hasil yang bagus, apalagi jika mengingat ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 3 Jutaan. 

BACA JUGA
Render Galaxy A15 5G, Pertahankan Desain seperti Pendulunya

Baterai

Beralih ke bagian baterai, smartphone ini hadir dengan dukungan baterai berkapasitas 5000 mAh yang diklaim bisa bertahan hingga 2 hari penuh dalam pemakaian wajar. 

Untuk menguji daya tahan baterai nya, kami menggunakan alat uji PCMark dan hasilnya, smartphone ini mampu bertahan hingga 14 Jam 5 Menit. Dengan data ini, bisa disimpulkan bahwa Samsung Galaxy A24 bisa menemani aktivitas kamu seharian penuh khususnya bagi kamu yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. 

Kesimpulan

Review Samsung Galaxy A24 masuk ke bagian kesimpulan. Samsung Galaxy A24 dibanderol dengan harga Rp 3.499.000 untuk varian 8/128 GB. Samsung juga memberikan travel adapter secara terpisah jika kamu membeli perangkat ini. 

Menurut kami, smartphone ini cukup layak bagi kamu yang hendak mencari HP baru namun dengan harga yang tidak terlampau mahal. 

HP yang satu ini juga cocok untuk kamu pekerja mobile yang gemar foto dan sesekali bermain game. 

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A24

Kami menyadari bahwa setiap perangkat yang hadir ke pasaran pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, pada artikel review Samsung Galaxy A24 kami juga menghadirkan beberapa kelebihan dan kekurangannya. 

Kelebihan

-Kamera resolusi tinggi dengan kualitas yang baik

-Dukungan Layar Super Amoled

-Baterai berkapasitas besar yang tahan lama

Kekurangan

-Desain layar masih menggunakan poni, alih-alih punch hole

-Hanya tersedia satu varian RAM/ROM untuk Indonesia

REVIEW OVERVIEW

Desain
Layar
Kamera
Performa
Baterai

SUMMARY

Review Samsung Galaxy A24 masuk ke bagian kesimpulan. Samsung Galaxy A24 dibanderol dengan harga Rp 3.499.000 untuk varian 8/128 GB. Samsung juga memberikan travel adapter secara terpisah jika kamu membeli perangkat ini. 
Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi

Review Samsung Galaxy A24 masuk ke bagian kesimpulan. Samsung Galaxy A24 dibanderol dengan harga Rp 3.499.000 untuk varian 8/128 GB. Samsung juga memberikan travel adapter secara terpisah jika kamu membeli perangkat ini. Review Samsung Galaxy A24 : Kelebihan & Kekurangan