Smartphone

Review Samsung Galaxy M51, Baterainya Gak Habis-Habis!

Techdaily.id – Pasar smartphone selalu kehadiran perangkat baru. Seperti halnya Samsung yang kini coba bermain di smartphone dengan kapasitas baterai besar yakni Samsung Galaxy M51. Setelah sekian lama ada di Indonesia, tim Techdaily baru mendapatkan kesempatan untuk melakukan review Samsung Galaxy M51 pada pertengahan bulan ini. 

BACA JUGA
Sifgfox Luncurkan Jaringan untuk IoT di Indonesia

Samsung Galaxy M51 sendiri merupakan smartphone terbaru Samsung yang disematkan sejumlah teknologi mutakhir, termasuk kapasitas baterai yang besar. 

Tidak tanggung-tanggung Samsung menyematkan baterai berkapasitas 7.000 mAh di Galaxy M51. Selain baterai, smartphone ini juga mempunyai sejumlah keunggulan lainnya. 

Melalui review produk kali ini, kamu bisa secara jelas mengetahui keunggulan dan kekurangan smartphone ini sebelum memutuskan untuk membelinya. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ulasan lengkapnya. 

Desain 

Review Samsung Galaxy M51 pertama diawali dengan desain. Samsung Galaxy M51 mempunyai desain yang hampir sama dengan smartphone yang beredar di pasaran. 

Di bagian depan ada punch hole yang berfungsi untuk menampung kamera. Bodi Galaxy M51 juga mempunyai dimensi 163.9×76.3×9.5mm, tidak terlalu tipis dan sedikit berat. 

Kendati demikian, ketebalan dan bobot Galaxy M51 tidak terlalu mengganggu Anda saat menggenggam smartphone. Dengan kata lain, Samsung Galaxy M51 masih nyaman saat digenggam.

Bagian belakangnya terbuat dari polycarbonate mengkilat Bahkan frame Galaxy M51 juga bukan aluminium. Bagian belakang juga terasa sedikit licin. Meski terbuat dari plastik, bekas tangan masih bisa terlihat di bagian belakang Galaxy M51. 

Masih di bagian belakang. Pada sudut kiri atas terdapat rumah kamera yang terdiri atas empat sensor. Kemudian, ada juga flash LED di sana untuk membantu memotret di kondisi minim cahaya. 

Berbeda dengan kebanyakan smartphone Android di pasaran, Samsung menyematkan sensor fingerprint di sisi kanan ponsel. Jadi, Anda tidak akan menemukan sensor fingerprint di belakang. 

Uniknya, sensor fingerprint di Galaxy M51 ini juga berfungsi sebagai tombol volume. Beralih ke atas sensor fingerprint ada tombol volome untuk mengecilkan dan menaikan suara. 

Di sisi bawah, Galaxy M51 sudah menggunakan USB Type-C di bagian tengah. Di sisi kiri USB Type-C ada jack audio, sehingga Anda bisa menggunakan handsfree yang dimiliki. Kemudian di sisi kanannya ada grill speaker. 

Layar dan UI

Seperti kebanyakan smartphone Samsung lainnya, Galaxy M51 sudah mendukung layar Super AMOLED. Review Samsung Galaxy M51 dari segi layar ini memperlihatkan kinerja layar smartphone.

Samsung Galaxy M51 dibekali dengan layar Super AMOLED 6,7 inci. Layar tersebut cukup besar untuk menonton film atau video YouTube dan bahkan nyaman untuk browsing di internet. 

Karena menggunakan Super AMOLED, warna yang ditawarkan Galaxy M51 juga sangat tajam dan hidup. Di bagian atas terdapat punch hole yang digunakan untuk menaruh kamera depan. 

Di sisi layar, bezel Galaxy M51 tidak terlalu tipis, namun luas pandang tetap lebar. Samsung juga telah menyematkan Corning Gorilla Glass 3+ untuk smartphone ini, sehingga tidak mudah tergores. 

Secara software, Galaxy M51 sudah dilengkapi dengan Android 10 berbasis One UI Core 2.5. One UI Core 2.5 hadir dengan ikon dan elemen menu berukuran besar dan menyuguhkan penggunaan yang mudah.

Selain itu, One Core UI 2.5 juga sudah mendukung dark mode, fitur yang belakangan banyak disematkan di aplikasi populer. Fitur ini membantu mata pengguna agar tidak lelah.

BACA JUGA
Harga OPPO A15 Terbaru, Minat?

Semua unsur yang ada di dalam smartphone seperti pesan dan panggilan berubah menjadi hitam bila Anda memiliki tema dark mode. Di sisi lain, software juga menampilkan menu shortcut yang cukup lengkap. 

Sejumlah menu penting di tempatkan di shortcut, sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses opsi-opsi yang ada. Menu-menu tersebut terjajar rapih dan teratur. 

Ada sejumlah fitur yang dimasukkan ke menu shortcut seperti santer, Wifi, Bluetooth, Lokasi, pindai kode QR, Smart View, Berbagi Langsung, NFC, Hotspot seluler, Quick Share, dan masing banyak lagi. 

Kamera

Review Galaxy M51 selanjutnya adalah kamera. Samsung telah menyematkan empat kamera di punggung Samsung Galaxy M51. Lalu ada LED flash untuk membantu pencahayaan saat kondisi minim cahaya. 

Berbicara soal empat kamera belakang masing-masing terdiri atas sensor 64MP wide-angel, 12MP ultrawide, 5MP makro, dan 5MP depth. Kamera belakang Galaxy M51 juga mempunyai berbagai fitur menarik yang dapat membantu pengguna berfoto. 

Kamera belakang Galaxy M51 mempunyai fitur gerak aktif HDR dan juga stabilisasi saat merekam video. Fitur stabilisasi dapat berguna saat mengambil video dalam kondisi shaking. 

Hasil kamera belakang juga sangat baik. Detail gambar yang diambil dengan kamera belakang Galaxy M51 cukup jelas. Bahkan debu yang ada di remote TV bisa tertangkap kamera.

Di bagian depan, Galaxy M51 sudah dibekali dengan sensor 32MP yang mempunyai fitur HDR. Saat menggunakan kamera depan, Anda juga bisa mengaktifkan flash LED untuk membantu memotret di kondisi cahaya minim. 

Uniknya untuk beralih dari kamera belakang dan depan, Anda hanya perlu menswipe jari ke atas. Kemudian, kamera akan beralih ke depan, bersiap untuk mengambil selfie Anda. 

Hasil selfie Galaxy M51 cukup baik. Tidak terlalu seperti dibuat-buat. Hanya saja, warna yang dihasilkan dari kamera depan Galaxy M51 agak tidak begitu tajam seperti yang di belakang. 

Performa

Review Samsung Galaxy M51 selanjutnya adalah kinerja. Berbicara soal kinerja, Samsung sudah menyematkan chipset yang mumpuni dari Qualcomm. Ya, Samsung Galaxy M51 sudah ditopang chip Qualcomm Snapdragon 730G. 

Selain mempunyai chipset yang mumpuni, Galaxy M51 juga mempunyai memori besar. Samsung Galaxy M51 ditopang RAM 8GB dan ruang penyimpanan internal 128GB. 

Berbekal dengan memori besar dan chipset mumpuni, Galaxy M51 bisa diajak bermain game dengan mulus dan tanpa lag. Game seperti Call of Duty bisa dilahap dengan baik. Terbukti ponsel ini berhasil menyuguhkan settingan grafis Very High serta frame rate Very High.

Smartphone juga cepat melakukan multitasking dan lancar digunakan berbagai kegiatan. Selain menguji smartphone dengan menjajalnya, TechDaily juga mengukurnya dengan benchmark Geekbench 5 dan PC Mark. 

Dari hasil benchmark Geekbench 5, Galaxy M51 berhasil mencetak skor single-core 547. Sedangkan untuk pengujian multi-core, Galaxy M51 berhasil mencetak skor 1677. Sedangkan untuk PC Mark, smartphone ini berhasil memperoleh skor 7575.  

Baterai

review Samsung Galaxy M51

Samsung Galaxy M51 tidak hanya bagus dari segi performa saja. Smartphone besutan Samsung ini juga menonjolkan kapasitas baterai besar. Ya, produsen asal Korea Selatan ini menyematkan baterai berkapasitas 7.000 mAh pada smartphone mereka. 

Kapasitas baterai tersebut sangat besar. TechDaily sudah menggunakan smartphone Galaxy M51 dengan berbagai hal seperti menonton video dan juga mendengarkan musik. 

Bahkan, baterai smartphone masih tersisa banyak saat digunakan mendengarkan radio semalaman. Karena baterainya yang besar, beruntung Samsung menyematkan pengisian cepat. 

Samsung menyematkan fast charging 25W, sehingga tidak perlu mengisi baterai dengan waktu lama. Menariknya, smartphone ini juga sudah dibekali dengan reverse charging, sehingga dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone lain. 

Soal baterai, TechDaily juga mengukurnya dengan benchmark PC Mark. Hasil pengujian menunjukkan smartphone ini mempunyai battery life 24 jam 32 menit. 

Kesimpulan

review Samsung Galaxy M51

Samsung mempunyai beragam produk smartphone mulai dari harga murah ke mahal. Samsung Galaxy M51 bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda bila ingin mencari smartphone baru. 

Galaxy M51 juga cocok bagi orang yang mempunyai mobilitas tinggi. Selain kinerja yang mumpuni dan cepat, Galaxy M51 juga sudah disokong baterai berkapasitas jumbo.

Baterai berkapasitas 7.000 mAh tersebut cocok untuk menemani kegiatan Anda seharian. Jadi Anda tidak perlu lagi bolak-balik atau sering mengisi daya smartphone.

Selain mempunyai kapasitas baterai jumbo, Galaxy M51 juga sudah dibekali dengan RAM dan memori besar. Jadi, Anda bisa bermain dengan smartphone ini secara ngebut.

Tags

Arie

Humoris, Humanis dan Fantastis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close