Saturday, November 27, 2021
BerandaReviewSmartphoneReview Samsung Galaxy Z Fold3, Senjata Ampuh Tingkatkan Produktivitas

Review Samsung Galaxy Z Fold3, Senjata Ampuh Tingkatkan Produktivitas

Techdaily.id – Pembahasan tentang review Samsung Galaxy Z Fold3 mungkin sudah banyak diulas. Hal ini cukup wajar mengingat smartphone flagship ini memang punya spesifikasi yang menarik dan kaya akan fitur unggulan.

Salah satu fiturnya tentu saja dengan kehadiran dua layar yang tentu saja akan meningkatkan pengalaman multitasking para pengguna nya. Selain itu, ponsel ini juga ditopang oleh chipset teranya milik Qualcomm yakni Snapdragon 888 yang sangat kuat.

Untuk itu, tim Redaksi Techdaily menghadirkan ulasan lengkap untuk ponsel ini. So, siapkan cemilan kalian dan simak baik-baik pembahasan review Samsung Galaxy Z Fold3 versi tim Redaksi Techdaily.

Review Samsung Galaxy Z Fold3

Desain & Layar

Ponsel ini memiliki dimensi 158.2 x 128.1 x 6.4 mm dengan kondisi unfold, sedangkan jika dibuka, dimensi ponsel ini berubah menjadi 158.2 x 67.1 x 14.4-16 mm. Sementara untuk beratnya mencapai 271 gram. 

Secara desain, memang ponsel ini cukup berat untuk digenggam, akan tetapi kesan mewah dan solid terpampang dari Samsung Galaxy Z Fold3 ini. Sementara ketika layar dibentangkan, kamu akan menemukan sebuah layar yang luas layaknya perangkat tablet.

Berbicara mengenai layar, Galaxy Z Fold3 mengusung dua layar, satu di luar dan layar utama di bagian dalam. Layar utamanya berjenis Foldable Dynamic AMOLED 2X berukuran 7,6 inci dengan resolusi yang sangat tinggi 1.768 x 2.208 piksel.

Apalagi, layarnya benar-benar tampil fullscreen dengan bezel super tipis. Layar smartphone ini juga ini tanpa adanya notch maupun punch-hole berkat kehadiran teknologi Under Display Camera alias kamera di bawah layar.

layar Galaxy Z Fold3 dirasa cukup pas untuk mengakomodir kebutuhan para pro player lantaran memiliki Refresh Rate yang mencapai 120Hz, dukungan HDR10+, hingga intensitas cahaya yang mencapai 1.200 nits.

Layar keduanya juga tak kalah menarik, smartphone ini mengusung layar sekunder berjenis Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,2 inci. Layar dengan rasio sinematik ini punya resolusi tinggi juga, tepatnya 2.260 x 832 piksel dan sudah mendukung refresh rate 120Hz juga.

Kamera

Beralih ke bagian kamera, ponsel ini memiliki banyak kamera yang bisa membantu kamu menghasilkan berbagai foto dan video unggulan. Secara total, ponsel ini memiliki 5 buah kamera yang terletak di berbagai sisi nya. 

Dari segi kamera, Z Fold3 5G menawarkan tiga kamera belakang yakni 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.76″, 1.8µm, Dual Pixel PDAF, OIS, 12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.6″, 1.0µm, PDAF, OIS, 2x optical zoom dan 12 MP, f/2.2, 123˚, 12mm (ultrawide), 1.12µm.

Selain itu, Z Fold3 5G juga memiliki 2 kamera depan: 4 MP yang terletak di bawah layar atau under display dan kamera depan di bagian cover setajam 10 MP.

Untuk hasilnya, kamu bisa cek sendiri di galeri foto di bawah ini.

BACA JUGA
Alasan Samsung Galaxy Z Fold3 5G Bikin Kamu Makin Produktif

Performa

Review Samsung Galaxy Z Fold3 masuk ke bagian performa. Smartphone ini ditopang oleh sistem operasi (OS) Android 11 dengan One UI 3.5 dan chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G SoC octa core. Dari segi memori, Z Fold3 5G menawarkan variasi RAM 12GB dan 16GB dengan variasi penyimpanan internal 256GB dan 512GB. 

Untuk menguji performa nya, tim Redaksi Techdaily melakukan pengujian melalui aplikasi benchmark PCmark dan bermain dua game populer yakni Call Of Duty Mobile dan Pokemon Unite.

Pada pengujian PC Mark, ponsel ini berhasil memperoleh skor 15140. Sedangkan untuk game CODM, Samsung Galaxy Z Fold3 mampu menyuguhkan performa grafis Very High dan refresh rate Max. Sementara pada pengujian game Pokemon Unite, ponsel ini mampu menyuguhkan settingan grafis Highest dan frame rate High. Sepanjang permainan kedua game ini, kami tidak merasakan adanya lag sedikitpun dan game tetap berjalan mulus tanpa mengalami frame drop. 

Fitur Unggulan

Dari berbagai macam fitur unggulan yang ditawarkan, kami sangat tertarik dengan fitur Edge Panel. Fitur ini terdapat pada tab di sisi kanan layar bagian dalam. Kamu hanya tinggal melakukan swipe pada Edge Panel untuk meluncurkan aplikasi dengan cepat. 

Review Samsung Galaxy Z Fold3

Saat Dengan perangkat dalam mode tablet, kamu dapat menarik dan melepas aplikasi ke layar untuk melihat hingga tiga aplikasi secara bersamaan menggunakan Multi-Active Windows. 

Kamu bisa mengaktifkan fitur Flex Mode dan meletakkan perangkat di meja untuk meeting virtual lalu tarik presentasi PowerPoint dan bahkan periksa kalender sekaligus.

Menurut kami, fitur ini sangat membantu proses multitasking dan bisa meningkatkan produktivitas pengguna. 

Baterai

Samsung Galaxy Z Fold3 5G dibekali dengan baterai sebesar 4.400 mAh yang mendukung fast charging 25W, fast wireless charging 11W dan reverse wireless charging 4.5W. Jujur, kami agak kecewa dengan kapasitas baterai yang kurang dari 5000 mAh ini.

Apalagi jika berkaca dari dua layar yang digunakan serta fungsi ponsel ini yang ditujukan untuk meningkatkan produktivitas pengguna, tentunya dibutuhkan sebuah baterai yang kuat dan tahan hingga seharian penuh. 

Akan tetapi, ketika kami gunakan untuk kebutuhan harian, nyatanya ponsel ini masih bisa bertahan setidaknya dari pagi hingga malam hari. Seharian, kami menggunakan ponsel ini untuk melakukan berbagai kegiatan seperti mengedit dokumen, bermain game hingga mengabadikan momen melalui foto. 

Ketika kami uji menggunakan aplikasi PCMark, baterai ponsel ini pun mampu bertahan hingga 17 jam 4 menit. 

Kesimpulan

Review Samsung Galaxy Z Fold3

Menurut kami hadirnya ponsel ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk kamu seorang profesional muda yang punya mobilitas tinggi dan membutuhkan sebuah perangkat yang enak di ajak multitasking. 

Akan tetapi, kami tidak terlalu suka dengan fitur kamera dan foto yang dihasilkan oleh ponsel ini. Meskipun hal ini sangat subyektif dan tergantung dari selera masing-masing pengguna. Semoga kedepannya baterai ponsel ini bisa lebih ditingkatkan lagi kapasitasnya. 

Z Fold3 5G hadir dalam varian warna tiga varian warna: Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver. Z Fold3 5G dibanderol dengan harga Rp25 Juta untuk varian 12GB/256GB dan Rp27 juta untuk varian 12GB/512GB.

REVIEW OVERVIEW

Desain & Layar
Kamera
Performa
Baterai
Fitur Unggulan

SUMMARY

Review Samsung Galaxy Z Fold3 masuk ke bagian kesimpulan. Menurut kami hadirnya ponsel ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk kamu seorang profesional muda yang punya mobilitas tinggi dan membutuhkan sebuah perangkat yang enak di ajak multitasking. 
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi