Monday, June 24, 2024
BerandaGadgetTips Beli iPhone Bekas Online Menjelang Lebaran

Tips Beli iPhone Bekas Online Menjelang Lebaran

TechDaily.id – Menemukan pembelian yang tepat tidak semudah membaca deksripsinya saat belanja online. Oleh karena itu, Anda perlu tahu tips beli iPhone bekas online menjelang lebaran 2023 ini.

Tidak semua orang dapat percaya dalam membeli barang secara online, apalagi produk elektronik. Mengingat, harga produk elektronik biasanya lebih mahal dibanding yang lainnya.

Tapi menjelang Lebaran seperti sekarang ini banyak sekali orang yang memilih belanja secara online karena banyak promo. Bagi yang ingin membeli gadget bekas juga bisa lewat online, tapi perlu memerhatikan ini.

Tips Beli iPhone Bekas Online Menjelang Lebaran

1. Bukti Pembelian

Minta penjual memberikan salinan tanda terima asli. Kwitansi tersebut akan memberitahu kamu hal penting seperti kepemilikan sebelumnya dan status garansi. Setelah Anda memiliki tanda terima iPhone, periksa apakah nama atau ID penjual cocok dengan penerima dan tanggal pembelian.

2. Nomor IMEI

Untuk memeriksa apakah spesifikasi perangkat sesuai dengan kuitansi resmi, minta penjual untuk pergi ke Pengaturan > General > About untuk menemukan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity). Alternatifnya, minta mereka untuk menghubungi *#06# dan mengambil nomor IMEI unik dengan cara itu.

BACA JUGA
Perbaiki Bug, AirPods Pro 2 Menerima Update Firmware Pertama

3. Nomor Seri

Selain nomor IMEI, Apple mengeluarkan nomor seri ke semua perangkatnya untuk validasi garansi. Untuk memeriksa nomor seri iPhone, minta penjual untuk membuka Pengaturan > General > About.

Dengan adanya serial number, Anda sebenarnya bisa mengetahui detail seperti kapan dan di mana iPhone diproduksi. Anda juga dapat memverifikasi spesifikasi perangkat yang diberikan oleh vendor dan memeriksa cakupan layanan dan dukungan di halaman cakupan Apple.

4. Bagian Keaslian

Saat memeriksa keasliannya, tanyakan kepada penjual apakah pernah ada perbaikan sebelumnya pada perangkat dan apakah dilakukan secara resmi.

Perbaikan di pusat yang tidak resmi dapat diartikan bagian-bagian perangkat mungkin tidak asli. Jadi, pastikan periksa apakah iPhone mempunyai bagian palsu, sebagaimana dikutip dari Makeuseof.

5. Tes Sentuh

Tentukan juga apakah tombol fisik dan layar berfungsi. Pada live video, minta penjual untuk menekan setiap tombol fisik sambil memerhatikan respons iPhone.

Lalu minta penjual untuk mendemonstrasikan gerakan dasar iPhone seperti swipe, zoom, dan tap.

BACA JUGA
iPad Pro Bakal Beralih ke Chip M4, Skip Generasi M3

6. Tes Kamera

Selain tidak adanya retakan pada kamera iPhone, penting juga untuk memeriksa apakah berfungsi sesuai standar. Dalam beberapa kasus, pusat perbaikan pihak ketiga diketahui menukar bagian kamera iPhone asli dengan yang tidak resmi.

7. Tes Speaker

Speaker yang rusak adalah beberapa indikator paling umum dari iPhone yang rusak karena air. Kerusakan ini seringkali tidak terlihat jelas karena seringkali berada di dalam perangkat, yang menjadikan ini salah satu hal terpenting yang harus diperiksa sebelum membeli iPhone bekas.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi