Tuesday, September 21, 2021
BerandaGadgetTipsTips Mencegah Baterai Kembung, Sudah Coba?

Tips Mencegah Baterai Kembung, Sudah Coba?

Techdaily.id – Smartphone sudah menjadi kebutuhan yang dimiliki seluruh orang dan digunakan setiap saat. Meski nilainya yang termasuk mahal, smartphone termasuk barang konsumsi yang memiliki umur kegunaan, khususnya baterai. Akan tetapi, terdapat beberapa tips mencegah baterai kembung dan menjaga kondisi baterai tetap prima.

BACA JUGA
Ini 3 Cara Mengunduh Dokumen dari Scribd

Sekadar informasi, semakin lama smartphone digunakan, maka akan muncul beragam masalah baru yang mengganggu fungsi utama penggunaan smartphone. Baik itu kecerahan layar, kualitas suara, kecepatan performa, dan yang paling umum dirasakan hampir seluruh pengguna smartphone, baterai kembung.

Dari seluruh bagian dan komponen smartphone, baterai menjadi bagian paling rentan dan paling cepat mengalami degradasi. Hal ini dikarenakan proses pengisian daya yang selalu memakan usia baterai setiap siklusnya. Bagi kalian para pengguna yang sangat sayang akan kondisi smartphonenya, konsumsi dan degradasi daya tahan baterai merupakan hal yang tidak dapat dihindari.

Degradasi daya tahan baterai adalah hal yang normal, namun baterai kembung merupakan kondisi lain yang tidak hanya merusak baterai, namun bisa membahayakan smartphone secara umum. Baterai yang kembung harus segera diganti karena dapat mendorong layar smartphone hingga beresiko pecah atau patah.

Selain merusak layar, baterai kembung juga beresiko terbakar dikarenakan lapisan permukaan yang semakin tipis dan rentan tertusuk benda tajam, bocor, dan terbakar. Nah, berikut adalah tips mencegah baterai bocor versi Techdaily.id

Tidak Disarankan Durasi Charging Terlalu Lama

Tidak ada salahnya melakukan proses charging dalam durasi lama apabila memang baterai tersebut belum penuh. Teknologi smartphone sudah cukup canggih untuk menurunkan bahkan menghentikan daya secara keseluruhan jika kapasitas baterai telah penuh.

Namun proses charging terlebih lama semisal 3 hari penuh atau bahkan seminggu akan secara langsung berdampak dikarenakan baterai akan terus beroperasi tanpa henti dan selalu terlewati arus daya. Oleh karena itu disarankan untuk melakukan proses charge dengan durasi sewajarnya dan tidak memakan waktu hingga berhari-hari.

Gunakan Charger Berkualitas

Tips mencegah baterai kembung selanjutnya adalah dengan menggunakan charger yang berkualitas tinggi. Baterai smartphone tidak hanya dipengaruhi penggunaan smartphone, melainkan juga media penyalur daya itu sendiri yaitu charger. Umumya charger dari produsen smartphone telah didesain sedemikian rupa agar menjaga tingkat kewajaran sesuai spesifikasi baterai dan perangkat smartphone itu sendiri.

Beda cerita dengan charger kualitas rendah atau palsu, produsen palsu akan menggunakan komponen yang kurang baik atau bahkan buruk untuk menghemat biaya. Komponen minim kualitas ini tidak memiliki standar yang baik sesuai dengan perangkat yang diisi dayanya. Oleh karena itu sangat disarankan untuk selalu menggunakan charger bawaan produsen smartphone atau membeli dari merk ternama yang baik atau bahkan premium.

Perhatikan Kondisi Fisik Baterai

Baterai terdiri dari lapisan konduktor dan solusi kimia yang menjadi media perpindahan arus positif dan negatif. Komponen inilah yang membuat baterai dapat menyalurkan daya ke perangkat smartphone. Kondisi fisik baterai yang kurang baik atau rusak dapat menyebabkan reaksi kimia yang tidak seharusnya dikarenakan kontaminasi baik lingkungan sekitar atau solusi kimia.

Beberapa penyebab umum kondisi fisik baterai adalah smartphone yang terjatuh, baterai yang tertusuk, atau cacat produksi dari perusahaan smartphone itu sendiri. Oleh karena itu diharapkan kalian selalu menjaga kondisi smartphone kalian dan jangan sampai sering terjatuh.

BACA JUGA
Cara Cek Kuota Internet Telkomsel, Biar Gak Kemakan Pulsa

Itu tadi beberapa situasi dan penyebab baterai kembung dalam smartphone. Tidak hanya smartphone, hampir seluruh perangkat teknologi yang menggunakan baterai akan memiliki konsep dasar yang sama. Semoga dengan pembahasan artikel ini dapat membantu kalian lebih mengerti untuk menjaga kondisi dan menggunakan perangkat smartphone lebih bijak serta sewajarnya.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi