Monday, June 17, 2024
BerandaTipsTips Meningkatkan Penjualan Online di Tokopedia

Tips Meningkatkan Penjualan Online di Tokopedia

Tokopedia dijadikan alat untuk mempromosikan penjualan UMKM. Cek tips meningkatkan penjualan online di Tokopedia agar jualannya terus meningkatn.

TechDaily.id- Tokopedia dijadikan alat untuk mempromosikan penjualan UMKM. Cek tips meningkatkan penjualan online di Tokopedia agar jualannya terus meningkatn.

Di 2023, sudah ada lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia. Angka ini meningkat sekitar 2 kali lipat dibanding 2019 atau sebelum pandemi yakni 7 juta penjual. Hampir 100 persen dari belasan juta penjual merupakan pelaku UMKM.

Melalui Tokopedia, mereka memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk ke masyarakat di 99 persen kecamatan di Indonesia. Untuk membantu penjual mengembangkan usaha di tengah kondisi pasar yang terus berubah, Tokopedia melakukan berbagai upaya.

Misalnya, dengan membuat sederet inovasi digital, atau melakukan edukasi berkala kepada penjual dari berbagai skala untuk meningkatkan penjualan.

Tokopedia memanfaatkan artificial intelligence (AI) termasuk machine learning untuk menyediakan self-service experience bagi penjual agar bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam memajukan usaha. Penjual bisa mendapatkan self-service experience ini melalui Seller Dashboard Tokopedia,” kata Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Antonia Adega.

Tips Meningkatkan Penjualan Online di Tokopedia

  1. Evaluasi apakah produk yang dijual masih sesuai kebutuhan lewat fitur ‘Wawasan’
BACA JUGA
Tokopedia Buka Official Store, Garansi Barang Ori!

Untuk menjaga keberlangsungan bisnis bahkan meningkatkan penjualan, pelaku usaha perlu melakukan evaluasi berkala terhadap berbagai hal. Misalnya, produk yang dijual (apakah masih sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini), harga produk (apakah masih sesuai dengan pasaran), dan penamaan produk (apakah sudah sesuai dengan keyword yang sedang populer).

“Penjual bisa menggunakan fitur ‘Wawasan Pasar’ untuk mengetahui produk terpopuler yang sedang banyak dicari pembeli berdasarkan wilayah dan kategori produk. Dengan mengetahui hal tersebut, penjual bisa menjual produk yang sedang banyak dicari pembeli atau melakukan inovasi produk agar lebih relevan dengan kebutuhan pasar dalam suatu periode tertentu. Evaluasi bisnis melalui fitur ‘Wawasan Pasar’ sangat disarankan untuk dilakukan, salah satunya saat menjelang hari besar karena biasanya ada pergeseran kebutuhan masyarakat,” jelas Antonia.

  1. Manfaatkan fitur ‘Penamaan Produk dan Kategori’ agar produk lebih mudah dicari

Didukung machine learning, fitur ‘Penamaan Produk dan Kategori’ dari Tokopedia dapat memberikan smart recommendation bagi penjual dalam hal penamaan dan kategorisasi produk yang paling relevan. Fitur ini akan membantu meningkatkan visibilitas produk dari penjual sehingga lebih mudah ditemukan oleh lebih banyak calon pembeli.

  1. Manfaatkan momentum supaya makin untung
BACA JUGA
Tokopedia Luncurkan Tokopedia Belajar, Apa Gunanya?

Layanan Tokopedia saat ini sudah bisa menjangkau masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia. “Ini merupakan potensi yang sangat besar untuk para pelaku usaha di Indonesia. Strategi promosi dan penjualan yang tepat, diiringi dengan momentum yang pas, dapat membantu penjual untuk meningkatkan penjualan dan posisi di pasar,” tutur Antonia.

Penjual di Tokopedia bisa memanfaatkan berbagai fitur di Tokopedia, misalnya ‘Flash Sale Toko’, ‘Diskon Toko’ dan ‘Kupon Toko’, untuk menarik lebih banyak pembeli di momentum belanja masyarakat, seperti saat hari raya, akhir maupun awal tahun, atau bahkan setiap gajian.

  1. Pakai fitur ‘Bundling’ agar makin laris manis

enjual dapat melakukan bundling dengan mengelompokkan produk utama atau yang paling laris dengan produk pelengkap menjadi satu, dan menetapkan harga yang lebih kompetitif. “Dengan menggunakan fitur ‘Bundling’ di Tokopedia, penjual dapat mempercepat arus stok produk karena produk bisa terjual lebih cepat. Penjual juga bisa memanfaatkan fitur ‘Rekomendasi Bundling’ untuk mendapatkan rekomendasi pengelompokan yang lebih potensial,” jelas Antonia.

BACA JUGA
Diskon Tokopedia di Program WIB Pertama GoTo, Banyak Promo Menarik!

Untuk memperoleh keuntungan yang lebih maksimal, penjual bisa mempromosikan paket bundling lewat fitur ‘Broadcast Chat’. Promosi pun akan lebih efektif karena langsung dikirim secara tepat sasaran ke inbox pembeli.

  1. Strategi affiliate marketing rahasia penjualan melejit

Penjual bisa bekerja sama dengan Affiliate di Tokopedia karena Affiliate bisa mempromosikan produk atau toko penjual secara lebih kreatif, melalui tutorial atau ulasan berbentuk foto atau video, kepada kerabat, rekan atau kreator konten lainnya. “Strategi ini bisa membantu penjual memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan,” jelas Antonia.

“Agar Affiliate tertarik untuk mempromosikan, penjual perlu membuat produknya menonjol. Caranya, pastikan judul dan foto produk menarik serta sesuai. Penjual juga sebaiknya menulis deskripsi produk secara lengkap, mulai dari cara pemakaian hingga komposisi. Sertakan juga promo yang menarik, seperti diskon atau cashback,” kata Antonia.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi