Tuesday, July 23, 2024
BerandaEnterpriseRakernas APJII 2023 Resmi Digelar

Rakernas APJII 2023 Resmi Digelar

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII menggelar Rapat Kerja Nasional APJII (Rakernas APJII) Tahun 2023.

TechDaily.id – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII menggelar Rapat Kerja Nasional APJII atau Rakernas APJII 2023. Rangkaian kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 25 – 26 September 2023, bertempat di Hotel Alila Solo, Surakarta.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan APJII, dimana tahun ini terdapat berbagai agenda yang menjadi pokok pembahasan. Selain agenda utama yaitu pelaksanaan Sidang Paripurna Munaslub terkait Perubahan dan Pengesahan AD/ART 2023, kegiatan ini juga mencakup pembahasan mengenai rencana penyelenggaraan dan implementasi Pelindungan Infrastruktur Informasi Vital (Pelindungan IIV) yang diselenggarakan oleh APJII dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Rapat Kerja Nasional APJII

Seperti yang dijelaskan di awal, Rakernas APJII 2023 membahas tentang perlindungan IIV. Pelindungan IIV merupakan salah satu program pemerintah untuk melindungi kepentingan umum dari segala jenis gangguan akibat dari penyalahgunaan informasi elektronik dan transaksi elektronik, yang berpotensi mengganggu ketertiban umum. Dalam kegiatan ini, APJII dan BSSN secara khusus menggelar diskusi panel terkait Pelindungan IIV serta peran industri telekomunikasi dalam mendukung Transformasi Digital dalam perspektif Pelindungan IIV.

BACA JUGA
Rakernas APJATEL 2023 Diharapkan Jadi Wadah Forum Diskusi Mewujudkan Transformasi Digital

“Rakernas dan Munaslub APJII tahun menjadi momen penting bagi kami karena selain menjadi agenda tahunan yang membahas AD/ART APJII 2023, kami juga bekerja sama dengan BSSN dalam membahas rencana implementasi Pelindungan IIV, yang merupakan bagian dari program transformasi digital pemerintah,” ujar Muhammad Arif, Ketua Umum APJII.

BSSN sebagai koordinator Pelindungan IIV mendorong percepatan program ini, dimana BSSN saat ini telah mengesahkan Strategi Keamanan Siber Nasional (SKSN), yang disusun sebagai acuan bersama seluruh pemangku kepentingan keamanan siber nasional, termasuk APJII, dalam Menyusun dan mengembangkan kebijakan keamanan siber di instansi masing-masing pemangkukepentingan tersebut.

Selain itu, APJII sebagai organisasi yang mewadahi aspirasi ISP, menggabungkan dan membangun sinergitas seluruh penyelenggara jasa Internet di Indonesia, senantiasa berkomitmen untuk mendukung percepatan penyelenggaraan Pelindungan IIV. “Di era digital seperti saat ini, perlindungan terhadap serangan siber menjadi kunci utama dalam memastikan infrastruktur informasi vital, dimana saat ini Internet menjadi elemen penting dalam penyebaran informasi dan proses transaksi elektronik di Indonesia,” ujar Arif.

BACA JUGA
APJII Teken Kesepakatan MOU dengan Starlink, Bantu Tingkatkan Akses Internet

Peserta Rakernas APJII

Acara yang merupakan agenda tahunan APJII ini selain dihadiri oleh Ketua Umum APJII, Bapak Muhammad Arief, juga dihadiri oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Bapak Letjen. TNI (Purn) Hinsa Siburian, Walikota Surakarta, Bapak Gibran Rakabuming Raka, serta Dirjen APTIKA, Bapak Samuel A. Pengrapan.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, APJII juga melakukan penandatanganan MoU dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Terkait “Kolaborasi dalam Penetrasi Internet untuk Mewujudkan Terciptanya Kemajuan Ekonomi Indonesia.” Kerjasama ini diharapkan dapat mendukung pemanfaatan infrastruktur dan jaringan Internet di Indonesia untuk senantiasa mendukung kemajuan di bidang ekonomi di Indonesia.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi