Friday, April 26, 2024
BerandaFeatureAnalisis2018, Jumlah Serangan Siber ke Sektor Korporat Meningkatkan

2018, Jumlah Serangan Siber ke Sektor Korporat Meningkatkan

TechDaily.id – Laporan terbaru dari State of Malware dari Malwarebytes menganalisis ancaman malware teratas mulai dari bulan Januari hingga November 2018 dan membandingkannya dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa di Asia Pasifik, laporan mengidentifikasi peningkatan tajam dalam deteksi malware berbasis bisnis, termasuk peningkatan besar-besaran di backdoordengan presentasi 5137%, penambang cryptocurrency sebesar 1184%, dan penggunaan eksploitasi terhadap endpoint mereka sebesar 3690%.
Dilansir dari Enterprise Innovation,  laporan tersebut memuat sejumlah temuan kunci untuk Asia Pasifik seperti :
Jumlah malware yang terdeteksi meningkat lebih dari 270% 
Pergerakan pembuat malware pada semester kedua di 2018 lebih menargetkan perusahaan ketimbang end user karena pelaku bisnis memberikan imbalan yang lebih besar.
Deteksi malware bisnis secara keseluruhan meningkat secara signifikan selama setahun terakhir yakni 270% yang disebabkan oleh peningkatan backdoors (5137%), penambang cryptocurrency (1184%), dan eksploitasi terhadap endpoint mereka (3690%), menunjukkan bahwa perusahaan lebih  perlu menambal dan mengamankan titik akhir.
Indonesia, Malaysia, Thailand, Australia, dan Filipina termasuk 10 negara teratas dengan deteksi ancaman malware bisnis terbesar secara global.
Lima negara di APAC masuk 10 besar untuk deteksi ancaman bisnis terbanyak pada 2018 berdasarkan volume. Lima negara tersebut termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, Australia, dan Filipina, yang masing-masing menempati peringkat 2, 5, 6, 7, dan 10 pada peringkat global.
Indonesia, Malaysia dan Thailand telah menangkis masuknya malware backdoor di jaringan bisnis mereka. Sementara di Australia, ancaman utama negeri kangguru tersebut adalah adware dan cryptomining, yang parahnya adalah banyak penambang dan keluarga adware yang memberikan malware tambahan, memodifikasi pengaturan sistem, memperlambat atau menggunakan daya komputasi hingga mengganggu operasi.
Cryptominers Merajai Serangan Bisnis di 2018
Di APAC, laporan tersebut melihat gelombang besar cryptominers jahat yang memaksa masuk ke jaringan perusahaan. Sementara deteksi cryptomining hanya meningkat 7% secara global, sementara di Asia Pasifik mereka melihat peningkatan sebesar 1184% dari tahun ke tahun.
Para pelaku ancaman tampaknya meninggalkan semua bentuk serangan lain untuk bereksperimen dengan teknik baru ini, mulai dari desktop ke ponsel; Sistem operasi Mac, Windows, dan Android; dan serangan berbasis perangkat lunak dan peramban.
Infeksi WannaCry masih menyebar di Asia Pasifik
Di Asia Pasifik, ancaman ransomware terbesar adalah infeksi WannaCry yang masih menyebar ke endpoint yang belum ditambal dan secara nyata bergerak melintasi jaringan. Payload harus dimusnahkan, dalam arti bahwa malware dapat menginstal tetapi tidak akan mengenkripsi apa pun.
Secara keseluruhan, sementara ransomware bukan ancaman luas pada 2017, Malwarebytes melihat serangan yang lebih canggih justru ditujukan pada bisnis, khususnya lintas pendidikan, manufaktur, dan vertikal.
Sektor pendidikan, pemerintahan, manufaktur, dan kesehatan adalah industri teratas yang terkena dampak Trojan.
Sektor pendidikan, manufaktur, dan industri kesehatan menempati urutan teratas untuk infeksi Trojan secara global.
Tren saat ini dengan Trojan kemungkinan akan berlanjut, sementara ada peluang bagi penjahat untuk mengeksploitasi konfigurasi yang lemah dan aset usang. Namun, kekhawatiran yang lebih besar adalah para peniru dan generasi baru yang kemungkinan akan mendominasi ancaman diseluruh dunia  pada 2019.
“Kami mengalami tahun yang sangat aktif untuk malware yang tidak menunjukkan tanda-tanda berhenti,” kata Jeff Hurmuses, Wakil Presiden Area dan Direktur Pelaksana Malwarebytes di Asia Pasifik.
“Penyerang terus menggeser metodologi mereka untuk mengikuti payload. Kami melihat bukti tentang hal ini dengan fokus yang kuat untuk menyerang sektor bisnis dengan jaringan yang tidak aman dan belum ditambal. Dari pelanggaran data besar-besaran hingga serangan ransomware, bisnis mengalami apa yang telah dihadapi konsumen, tetapi dalam skala yang lebih besar.
Di tahun mendatang, Malwarebytes mendedikasikan laporan untuk menyediakan alat perlindungan dan remediasi mutakhir yang diperlukan untuk melindungi dunia dari malware paling berbahaya.
BACA JUGA
Awas! Ada Malware Menyamar Sebagai Film Pemenang Oscar
Arie
Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi