Thursday, May 30, 2024
BerandaTipsCara Bersihkan Port Charger  Ponsel dengan Aman

Cara Bersihkan Port Charger  Ponsel dengan Aman

TechDaily.id – Apakah ponsel kamu tidak mengisi daya dengan benar, bisa jadi karena port charger yang kotor jadi penyebabnya. Begini cara bersihkan port charger ponsel dengan aman dan cepat.

Saat ponsel kamu tidak bisa mengisi daya, hal pertama yang perlu kamu periksa adalah kondisi port-nya kotor atau tidak. Mungkin tidak semua orang menyadari bagaimana membersihkannya.

Memang membersihkan port ini tidak boleh sembarangan demi menjaga smartphone tidak rusak. Dan, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara untuk membersihkannya dengan aman, sebagaimana dikutip dari Tech Radar.

Cara Bersihkan Port Charger Ponsel dengan Aman

1. Matikan Ponsel

Hal pertama yang pertama yakni matikan telepon Anda. Ini mungkin tampak jelas, tapi Anda tidak ingin mendorong instrumen runcing apa pun ke dalam sesuatu yang tidak jauh dari stopkontak – terutama jika instrumen itu basah dengan cairan pembersih.

BACA JUGA
Cara Unblock Nomor Ponsel di Android dan iPhone

2. Bungkus Sepotong Kapas di Sekitar Tusuk Gigi

Setelah ponsel Anda mati, robek sepotong kecil kapas dari kapas dan membungkusnya di sekitar ujung tusuk gigi. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggulung kedua elemen di antara jari-jari Anda, sehingga kapas menempel di ujung tusuk gigi.

Pada tahap ini, penting untuk mengingat ukuran port pengisian daya ponsel Anda. Port USB-C dan Lightning, misalnya, berukuran sebesar sebutir beras, jadi Anda hanya perlu membungkus kapas secukupnya di sekitar tusuk gigi untuk mengisi lubang tersebut.

3. Tiupkan Udara Terkompresi ke port

Jika Anda memiliki tabung udara terkompresi atau peniup udara silikon yang dapat Anda gunakan, gunakan alat ini untuk meniupkan udara terkompresi ke dalam port pengisian daya dari sudut kiri atau kanan. Ini akan membersihkan debu yang lepas.

Jika menggunakan tabung udara terkompresi, berhati-hatilah untuk tidak menekan terlalu banyak ke port pengisian daya, karena ini dapat merusak bagian dalam ponsel Anda yang berharga.

4. Basahi kapas dengan alkohol pembersih

Langkah ini opsional, tapi  jika memiliki alkohol pembersih yang ramah teknologi – alkohol isopropil adalah pilihan yang baik – basahi sedikit kapas Anda dengannya. Ini akan membantu melonggarkan puing-puing yang membandel, setelah Anda mulai mengobrak-abrik port pengisian daya ponsel Anda.

BACA JUGA
Cara Gunakan HP Rusak dari PC

5. Seret kapas dari kiri ke kanan, di dalam port pengisian daya

Masukkan ujung penyeka kapas darurat Anda (lembab atau kering) ke port pengisian daya ponsel Anda, dan goyangkan dari kiri ke kanan. Berapa kali Anda perlu melakukan ini akan bergantung pada jumlah kotoran di dalam port khusus Anda, jadi sebaiknya gunakan senter untuk memastikan Anda telah menangkap semuanya sebelum membatalkannya sehari.

Tama
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi