Sunday, August 14, 2022
BerandaGadgetTipsCara Melacak Nomor HP Penipu, Jangan Sampai Kena Tipu!

Cara Melacak Nomor HP Penipu, Jangan Sampai Kena Tipu!

TechDaily.id – Penelepon spam terkadang menggunakan banyak nomor dan ini sangat mengganggu. Berkat kecanggihan teknologi, sekarang cara melacak nomor HP penipu menjadi lebih mudah lho.

BACA JUGA
Cara Blokir Nomor Asing di iOS, Praktikkan di iPhone

Di zaman serba digital seperti sekarang banyak yang menawarkan pencarian nomor telepon scammer menggunakan mesin pencari. Menggunakan layanan semacam ini tidak diperlukan keterampilan khusus.

Kamu bisa menggunakan layanann pencarian nomor setiap kali mendapatkan informasi mengenai nomor yang tidak dikenal atau spam. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah tertipu penelepon tak dikenal.

BACA JUGA
Manfaat Baterai Besar di realme C30

Selain layanan pencari, sebenarnya ada beberapa cara lagi yang bisa kamu gunakan untuk melacak nomor HP penipu lho. Jika kamu tertarik untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut:

Cara Melacak Nomor HP Penipu

1. Menggunakan Google
Kamu bisa mulai mencari nomor HP penipu lewat Google. Mengingat, Google adalah tujuan utama semua orang bertanya. Opsi ini benar-benar gratis. Nah bagaimana cara memulai pencarian scammer ini?

Beruntung caranya cukup sederhana. Pertama, buka bagian panggilan terakhir di ponsel. Dari sana, kamu akan cari nomor yang ingin dimasukkan ke Google. Jika hasil pencarian flat, coba beri tanda kutip di sekitar nomor untuk memastikan pencarian hanya mengungkapkan nomor tersebut.

2. Menggunakan Media Sosial
Kamu tentu sudah tahu kekuatan media sosial. Beberapa waktu lalu, Twitter berhasil mempertemukan adik-kakak yang terpisah 5 tahun. Menarik bukan? Kamu juga bisa mencoba menemukan nomor penipu di sini.

Platform media sosial tertentu berpotensi memberikan detail nomor telepon yang tidak dikenal. Platform terbaik untuk tujuan ini adalah Facebook atau LinkedIn. Layaknya Google, platform ini gratis untuk digunakan.

Sekarang, metode pencarian ini mungkin tidak akan memberikan kamu detail tentang penipuan, tapi jika kamu mendapatkan panggilan misterius cara ini bisa membantu. Dengan kata lain, mencari nomor telepon di situs media sosial akan membantu kamu mengetahui apakan itu milik orang yang sebenarnya atau bot.

3. Menggunakan Aplikasi
Jika pencarian di Google atau Facebook tidak berhasil, ini saatnya mencoba cara lain. Ada beberapa aplikasi di luar sana yang dapat membantu misi kamu menemukan nomor penipu. Salah satunya, Get Contact.

Sebelum menggunakan aplikasi Get Contact, aplikasi akan meminta izin pengguna untuk menyetujui berbagi database kontak. Jadi, kamu bisa mencari nomor HP misterius langsung menggunakan GetContact, jika ada pengguna GetContact lain yang menyimpan nomor misterius itu.

Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi