Tuesday, November 29, 2022
BerandaGadgetCara Menginstal File Apk di HP Android

Cara Menginstal File Apk di HP Android

TechDaily.id – File apk sudah tidak asing bagi sejumlah pengguna Android. Begini cara menginstal file apk di HP Android jika kamu tidak mengetahuinya.

Banyak pengguna yang mungkin bertanya-tanya soal file apk. Memahami hal ini penting jika ingin mulai mengunduh aplikasi pre-realese atau menyesuaikan pengalaman Android lebih jauh dibanding yang mungkin dilakukan hanya menggunakan Play Store.

Apa Itu File Apk

Android Package Kit (disingkat APK) adalah format file paket yang digunakan oleh sistem operasi Android untuk distribusi dan pemasangan aplikasi seluler. Sama seperti sistem Windows (PC) yang menggunakan file .exe untuk menginstal perangkat lunak, APK melakukan hal yang sama untuk Android.

Saat mengunduh APK online, pada dasarnya Anda mendapatkan aplikasi. Sebagian besar pengguna mendapatkan aplikasi dari Google Play Store, tanpa pernah melihat kata APK. Tetapi ada saat-saat ketika kamu ingin melakukan sebaliknya.

Cara Menginstal File Apk di HP Android

File APK dari build Android baru sering bocor sebelumnya, memberi Anda akses awal ke semua fitur baru yang menarik yang jika tidak, tidak akan tersedia untuk Anda. Selain itu, beberapa aplikasi dibatasi untuk wilayah di luar wilayah kamu sendiri.

BACA JUGA
Tips Produktif Menggunakan S Pen di Galaxy Tab S8+

Pembaruan aplikasi dapat memakan waktu lama untuk tiba secara otomatis melalui free to air. Mendapatkan APK terbaru untuk aplikasi favorit akan membuat kamu melompat antrean. Atau Anda bahkan mungkin tidak menyukai aplikasi tertentu setelah pembaruan, dan ingin menginstal versi yang lebih lama.

Jika perangkat Android kamu tidak memiliki akses ke Google Play Store, file APK mungkin satu-satunya pilihan untuk menginstal aplikasi di perangkat, sebagaimana dikutip dari Next Pit.

Namun berhati-hatilah. Beberapa layanan APK memungkinkan kamu mengunduh aplikasi bajakan. Ini ilegal dan harus dihindari. Lebih buruk lagi, file APK mungkin berisi malware karena banyak yang mengira mereka mendapatkan versi awal Fortnite untuk Android ditemukan dengan cemas.

Lakukan riset sebelum Anda mengunduh sehingga kamu tidak melakukan apa pun yang melanggar hukum atau mencemari perangkat. Jika sudah begini caranya:

Kamu dapat menginstal file APK di smartphone atau tablet Android langsung dari browser kamu.

  1. Cukup buka browser, temukan file APK yang ingin Anda unduh, dan ketuk – kamu akan dapat melihatnya mengunduh di bilah atas perangkat
  2. Setelah diunduh, buka folder Unduhan, ketuk file APK, dan ketuk Ya saat diminta.
  3. Aplikasi akan mulai dipasang di perangkat kamu.
BACA JUGA
Harga Samsung A31 Terbaru, Masih Layak Beli?
Tama
Gadgetfreak, FOMO
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi