Wednesday, December 1, 2021
BerandaGadgetHead2headDuel Smartphone Baru realme X vs Vivo S1, Mana yang Lebih Memikat?

Duel Smartphone Baru realme X vs Vivo S1, Mana yang Lebih Memikat?

TechDaily.id – Pergerakkan smartphone di bulan Juli begitu agresif. Pasalnya, lebih dari lima smartphone anyar melantai di Indonesia, termasuk realme X dan Vivo S1.

Menyandang predikat sebagai pendatang baru di pasar smartphone Indonesia, baik realme X maupun Vivo S1 sama-sama menyasar kalangan muda. Namun dengan segudang fitur yang diusung kedua smartphone ini, manakah yang lebih memikat? 

Untuk mengetahui jawabannya, simak dulu komparasi realme X vs Vivo S1 berikut ini.

Desain dan Layar

Komparasi realme X vs Vivo S1 dimulai dari segi desain. Melangkah lebih jauh dari para pendahulunya, realme X membawa desain yang lebih menarik dengan kesan premium. 

Smartphone terbaru ini memiliki dimensi 161.3 x 76.1 mm dengan ketebalan 8.6mm dan bobot ringan, yaitu 191 gram saja. Realme X mengusung layar 6,53 inci dengan bezel yang sangat tipis dan juga tanpa notch. Rasio layar yaitu 19,5: 9 sedangkan rasio screen-to-body-nya yaitu 91,2%. 

Di bagian depan perangkat  terbentang layar yang penuh mengisi bodi smartphone. Pasalnya, smartphone  yang satu ini sudah mengusung desain pop-up untuk kamera selfienya. Di samping itu, sensor-sensor seperti ambience light juga tersembunyi di dalam layar.

Sementara di kubu lawan, Vivo S1 juga mengusung layar Super AMOLED dan punya pemindai sidik jari di bawah layar. Namun, smartphone ini agak ketinggalan zaman karena layarnya yang masih memiliki notch alias poni.

Selain itu, perlu dicatat juga bahwa layar realme X sudah mendapatkan perlindungan dari Corning Gorilla Glass 5, satu fitur proteksi yang tidak dimiliki Vivo S1.

Ringkasnya, realme X unggul mutlak dalam urusan desain dan layar.

Performa

BACA JUGA
Main Game Fantasy Town Bisa Dapat HP OPPO Gratis!

Masuk ke menu performa, komparasi realme X vs Vivo S1 berlangsung seru. Vivo S1 muncul sebagai perangkat pertama di Indonesia yang menggunakan chip MediaTek Helio P65. Sementara realme X turun dengan prosesor medioker buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 710 AIE.

Secara teknis, kedua chipset tersebut menawarkan performa yang ciamik untuk smartphone kelas menengah. Namun, skor benchmark AnTuTu menyimpulkan bahwa realme X lebih unggul atas lawannya.

Realme X mendapatkan skor lebih dari 156 ribu, sementara Vivo S1 mentok di kisaran 145 ribu. Selisih 11 ribu dalam sebuah uji benchmark rasanya sudah bisa menentukan smartphone mana memiliki performa lebih baik.

Kamera

Di sektor fotografi, perseteruan antara realme X vs Vivo S1 berlangsung sengit. Vivo S1 memiliki kelebihan jumlah lensa yang terpasang pada kamera belakang, yaitu tiga buah lensa dengan konfigurasi kamera utama 16 MP bersensor Sony IMX499, 8 MP untuk wide angle, dan 2 MP untuk efek bokeh.

Meski jumlah kamera belakang Vivo S1 lebih banyak, namun hal tersebut tidak serta merta menjatuhkan realme X. Padahal realme X hanya bermodalkan dua kamera belakang, tapi masih unggul dengan beberapa alasan.

Pertama, kekuatan kamera utama realme X menyentuh 48 MP dengan bukaan lensa f/1.7 dan kamera sekunder 5 MP untuk efek bokeh. Kedua, sensor kamera yang digunakan merupakan Sony IMX586. Dilihat dari besarnya resolusi dan sensor yang menempel pada realme X, smartphone ini lebih unggul dari Vivo S1.

Selain itu, keunggulan kamera realme X juga terlihat dari keragaman fitur yang mendukung aktivitas pemotretan, seperti Nightscape yang membuat hasil foto di kondisi minim cahaya menjadi lebih ciamik, dan Chroma Boost yang membuat komposisi warna pada obyek foto menjadi lebih hidup.

Sedangkan untuk kamera depan, Vivo S1 memang memiliki resolusi yang lebih besar yaitu 32 MP. Meski begitu, realme X yang mengandalkan kamera selfie pop-up 16 MP bisa menangkap obyek dengan lebih luas.

Baterai dan Konektivitas

BACA JUGA
Membandingkan realme 3 dan Samsung Galaxy A20, Siapa Lebih Pantas Dianugerahi Mahkota?

Vivo S1 dan realme X sama-sama ditunjang dengan kemampuan pengisian daya cepat yakni Dual-Engine Fast Charging pada Vivo S1 dan VOOC 3.0 Flash Charge pada realme X. Namun, kedua smartphone ini memiliki kapasitas baterai yang berbeda.

Vivo S1 ditenagai baterai 4.500 mAh, sementara realme X hanya 3.765 mAh. Untuk urusan kapasitas Vivo S1 lebih unggul ketimbang rivalnya.

Meski begitu, realme X membalas kekalahan di sektor baterai dengan memamerkan kekayaan konektivitasnya lewat Gyroscope dan USB Type-C, dua fitur yang tidak dimiliki Vivo S1.

Harga

Soal harga, realme X lebih ramah isi dompet. Pasalnya, harga realme X RAM 4 GB/ROM 128 dibanderol Rp 3.499.000. Sedangkan Vivo S1 RAM 4 GB/ROM 128 GB melantai dengan harga Rp 3.599.000. 

Kesimpulan

Dari kacamata milenial, realme X menawarkan fitur dan performa yang lebih baik ketimbang Vivo S1. Paduan desain, performa, dan kemampuan fotografi pada smartphone ini bisa menempatkan realme X sebagai ponsel kelas menengah yang memiliki fitur premium.

Satu kelebihan lainnya, harga realme X lebih bersahabat daripada Vivo S1. Meski hanya terpaut Rp 100 ribu, namun nilai tersebut bisa dianggap penting bagi kalangan muda yang tengah meniti karir. 

komparasi realme X vs Vivo S1

Terlebih lagi, realme X juga tersedia dalam varian RAM 8GB dan penyimpanan internal sebesar 128GB dengan harga Rp. 3.999.000,- sedangkan untuk kamu yang menginginkan varian RAM 4GB dan penyimpanan internal 128GB, kamu bisa mendapatkannya seharga Rp. 3.499.000 di program realme Super Brand Day di situs e-commerce Shopee pada tanggal 3-5 Agustus 2019.

Arie
Humoris, Humanis dan Fantastis
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaru

Rekomendasi